Mengenal Berbagai Sumber Vitamin E yang Penting Bagi Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Jan 2022

Bagikan

Mengenal Berbagai Sumber Vitamin E yang Penting Bagi Tubuh

Mengetahui sumber vitamin E merupakan hal penting untuk Anda lakukan. Pasalnya, vitamin E ini memiliki peranan penting dalam tubuh. Bahkan, jika seseorang mengalami kekurangan vitamin E, maka beberapa fungsi tubuh tidak dapat berjalan dengan baik. Lalu apa saja, sumber vitamin E yang penting bagi tubuh tersebut? Mari temukan jawabannya melalui penjelasan dalam artikel ini.

Pentingnya Vitamin E

Sebelum Anda mengetahui sumber vitamin E, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengapa vitamin E penting bagi tubuh. Berikut ini ada beberapa alasan yang membuat vitamin E penting bagi tubuh manusia. 

Baca Juga: Mengenal Manfaat Suntik Vitamin C dan Dampak Buruknya

  1. Menyehatkan paru-paru

Pentingnya  vitamin E bagi tubuh yang pertama yaitu dapat menjaga kesehatan paru-paru. Pasalnya, vitamin E ini memiliki sifat antiradang yang dapat meredakan peradangan yang terjadi. Berkat sifat antiradang ini, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa vitamin E mampu mencegah peradangan pada penderita penyakit paru obstruktif kronis. 

Baca Juga: Mari Mengenal Lebih Jauh Fungsi dari Struktur Paru-Paru

  1. Menjaga keseimbangan hormon

Vitamin E juga berperan penting dalam menjaga hormon tetap seimbang. Keseimbangan hormon ini merupakan hal penting dalam tubuh. Apabila tubuh mengalami tidak keseimbangan hormon, maka akan terjadi kenaikan berat badan, infeksi saluran kemih, hingga kecemasan berlebihan. 

  1. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Peran penting vitamin E bagi tubuh yang selanjutnya yaitu menyehatkan rambut dan kulit kepala. Pasalnya, vitamin E ini akan memperkuat lapisan lemak yang ada di kulit kepala. Dengan begitu, terciptalah tempat yang kokoh untuk rambut tumbuh. Pada akhirnya, rambut menjadi kuat dan terhindar dari rontok. 

Baca Juga: Berbagai Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Tidak Anda Sadari

  1. Menunjang kehamilan dan perkembangan janin

Bagi ibu hamil, vitamin E sangatlah penting, karena dapat menunjang kehamilan dan perkembangan janin. Pasalnya, vitamin E berperan dalam melindungi asam lemak kritis pada janin. Selain itu, vitamin E juga membentuk tahap awal perkembangan saraf dan otak janin. 

  1. Menghambat penuaan

Pada dasarnya, setiap manusia pastinya akan menua. Pada beberapa orang proses ini bisa saja terjadi lebih cepat, pertama ada orang-orang yang sering terpapar radikal bebas. Namun, vitamin E ini mampu menangkal berbagai dampak buruk yang disebabkan oleh radikal bebas ini.

Sumber Vitamin E

Melihat betapa pentingnya vitamin  E ini bagi tubuh, maka Anda perlu menjaga asupannya tetap terpenuhi. Namun, di manakah bisa mendapatkan asupan vitamin E ini? Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencukupi asupan vitamin E. 

  1. Alpukat

Sumber vitamin E yang pertama yaitu buah alpukat. Bahkah, dengan mengonsumsi setengah potong buah alpukat saja, Anda sudah mencukupi 14% kebutuhan vitamin E harian. Tidak hanya vitamin E, buah alpukat juga memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. 

Baca Juga: Alpukat: Si Hijau yang Menyehatkan

  1. Brokoli

Sayuran  hijau yang satu ini juga menjadi salah satu sumber vitamin E. Pasalnya dengan mengonsumsi brokoli sebanyak setengah gelas, maka Anda telah mencukupi 4% kebutuhan vitamin E harian. 

Baca Juga: Ada Banyak! Berikut Ini Manfaat Brokoli yang Perlu Anda Ketahui

  1. Almond

Sumber vitamin E yang selanjutnya yaitu kacang almond. Dalam kacang almond terdapat kandungan  vitamin  E yang cukup tinggi. Setidaknya, terdapat 25,63 mg kandungan vitamin E dalam 100 gram kacang almond. Selain mengonsumsi kacangnya secara langsung, Anda juga bisa mendapatkan vitamin E ini dengan mengonsumsi susu kacang almond. 

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin E harian. Tidak jauh berbeda dengan buah alpukat, bayam juga mampu mencukupi 14% kebutuhan vitamin E harian dengan mengonsumsi 100 gram bayam. 

Baca Juga: Mengenal Manfaat Sayur Bayam Yang Dapat Mencegah Kanker

  1. Makanan laut

Tidak hanya sayur, buah dan kacang, Anda juga bisa mendapatkan sumber vitamin E dari makanan laut. Beberapa makanan laut yang memiliki kandungan vitamin E yaitu ikan salmon, ikan kod, kerang, dan juga udang. 

  1. Suplemen vitamin E

Tidak hanya bisa mendapatkan sumber vitamin E dari berbagai makanan alami, Anda juga bisa memenuhi vitamin E dengan mengonsumsi suplemen vitamin E. Saat ini Anda bisa mudah menemukannya  di apotek terdekat. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai pentingnya vitamin E dan sumber vitamin E yang bisa kamu dapatkan. Anda cukup  menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang, maka asupan vitamin E secara alami akan tercukupi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Nutrisi & Gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Arnarson, Atli. 2017. 20 Foods That Are High in Vitamin E. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-e#TOC_TITLE_HDR_1
  2. Villines, Zawn. 2020. Ten benefits of vitamin E oil. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318168
  3. Medline Plus. 2021. Vitamin E. https://medlineplus.gov/ency/article/002406.htm
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Nutrisi & Gizi sekarang!

Pesan Konsultasi