Mengenal Manfaat Suntik Vitamin C dan Dampak Buruknya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Mengenal Manfaat & Dampak Buruk Suntik Vitamin C

Tahukah Anda manfaat suntik vitamin C untuk tubuh? Manfaat suntik vitamin C untuk tubuh dipercaya bisa menghilangkan keriput dan memutihkan kulit, namun dalam penggunaannya Anda harus berhati-hati, karena bisa menimbulkan efek samping apabila digunakan dengan dosis berlebihan. Sebelum Anda mengetahui manfaat suntik vitamin C untuk tubuh, berikut beberapa dampak buruk suntik vitamin C yang perlu Anda ketahui.

Dampak Buruk Suntik Vitamin C

  1. Penyakit Ginjal

Suntik vitamin C secara berlebihan akan membuat ginjal tidak bekerja secara optimal. Sehingga bagi seseorang yang melakukan suntik vitamin C terlalu sering bisa membuat fungsi ginjal menurun dan menyebabkan penyakit ginjal.

  1. Menopause Dini

Suntik vitamin C juga bisa menyebabkan menopause dini yang diakibatkan oleh cairan yang disuntikkan. Zat cairan ini bisa membuat proses menopause menjadi lebih cepat. Kemungkinan menopause akan terjadi pada usia 40 tahun, 10 tahun lebih cepat dari biasanya. 

  1. Diabetes

Manfaat Suntik Vitamin C kurang bisa dirasakan bagi Anda penderita diabetes, karena menyuntikkan vitamin C ke dalam tubuh, bisa membuat tekanan gula darah naik, sehingga menyebabkan diabetes. Suntik vitamin C sangat tidak disarankan untuk wanita yang memiliki penyakit diabetes, dan sebaiknya menjauhi perawatan kecantikan dengan suntik vitamin C, karena bisa mengakibatkan gula darah tidak terkontrol.

  1. Rambut Rontok

Suntik vitamin C dengan dosis yang berlebihan bisa menyebabkan rambut rontok. Rambut rontok bisa terjadi akibat tubuh Anda melakukan penolakan terhadap vitamin C tambahan yang disuntikkan dalam dosis tinggi. 

Baca Juga: Cara Alami Atasi Rambut Rontok

  1. Mengurangi Produksi Hemoglobin

Bagi Anda yang kekurangan hemoglobin, sebaiknya pikirkan kembali terkait manfaat suntik vitamin C yang akan Anda rasakan. Suntik vitamin C bisa membawa dampak buruk yang disebabkan oleh penggunaan suntik vitamin C yang terlalu tinggi. Suntik vitamin C berisiko menurunkan produksi hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin merupakan salah satu protein yang mengandung zat besi dan tentunya memberi warna merah pada darah tubuh. 

  1. Gatal dan Iritasi

Suntik vitamin C dalam jumlah berlebih akan menimbulkan gatal dan iritasi yang dirasakan karena efek dari alergi atau efek langsung dari kadar tinggi vitamin C yang masuk ke dalam tubuh. Iritasi ini biasa terjadi pada titik bekas suntikan. Dalam kondisi ini, Anda perlu berhati-hati, karena gatal dan iritasi yang Anda alami bisa menjadi gejala awal dari penyakit kulit.

Manfaat Suntik Vitamin C

Setelah Anda mengetahui beberapa dampak buruk suntik vitamin C di atas. Adapun manfaat suntik vitamin C yang bisa Anda rasakan seperti memutihkan kulit, mengurangi keriput, sebagai antioksidan, melindungi kulit dari radikal bebas dan beberapa manfaat lain suntik vitamin C, diantaranya:

  1. Perawatan Kulit

Suntik vitamin C banyak digunakan untuk perawatan kulit keriput atau merah, namun dalam penggunaannya harus melewati pemeriksaan dokter terlebih dahulu agar tidak menimbulkan efek samping  pada tubuh. Maka dari itu suntik vitamin C harus dilakukan di klinik atau rumah sakit. 

  1. Membantu Pembentukan Kolagen

Manfaat suntik vitamin C salah satunya yaitu untuk membantu pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein yang ada pada tubuh dan bisa menguatkan struktur pada tubuh. Kolagen terdapat pada otot, kulit, tendon, dan tulang. Kekurangan vitamin C juga bisa berisiko pada struktur kolagen, sehingga bisa menyebabkan kelainan pada tulang dan juga pembuluh darah.

  1. Menghambat Sel Kanker

Dalam beberapa riset dikatakan, suntik vitamin C dengan dosis tinggi bisa menghalangi perkembangan sel kanker. Suntik vitamin C juga bisa mengurangi perkembangan tumor otak, tumor pada indung telur atau ovarium, dan tumor pankreas. Meskipun sampai saat ini belum teruji secara klinis, tetapi cukup efektif pada manusia.     

  1. Defisiensi Vitamin C

Suntik vitamin C diperlukan oleh seseorang yang kekurangan atau defisiensi vitamin C akut. Kondisi ini dilakukan karena tubuhnya tidak bisa menyerap vitamin C melalui konsumsi makanan yang mengandungnya. Jika Anda kekurangan vitamin C, Anda akan mengalami gejala-gejala seperti gusi berdarah, radang gusi, atau kecacatan pada perkembangan tulang dan gigi juga bisa terjadi.

Itulah beberapa manfaat suntik vitamin C dan dampak buruknya yang perlu Anda ketahui. Suntik vitamin C, sebaiknya dilakukan bagi Anda yang kekurangan vitamin C dan benar-benar membutuhkan tindakan ini. Sebelum melakukan suntik vitamin C, jangan lupa untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, untuk menghindari beberapa risiko serius yang ditimbulkan. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C Bagi Imunitas Tubuh

 

Sumber: 

1. Healthline Medical Network.Vitamin C Injection: Benefits and Risks. (2018).

2. Emedicine Health: High-Dose Vitamin C Benefits and Side Effects. (2019).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi