Mengenal Manfaat Sayur Bayam Yang Dapat Mencegah Kanker

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Mengenal Manfaat Sayur Bayam Yang Dapat Mencegah Kanker

Apakah Anda tahu apa saja manfaat sayur bayam? Bagi masyarakat Indonesia, olahan dari sayur bayam mungkin sudah di asing lagi. Namun ternyata, sayur bayam tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, sayur bayam juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Kandungan Bayam

Lalu apa saja manfaat sayur bayam bagi kesehatan  tubuh? Sebelum membahas manfaat yang dimiliki sayur bayam, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan gizi yang ada di dalam bayam. Setidaknya di dalam 100 gram bayam terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

  • Kalori 23

  • Karbohidrat 3,6 gram

  • Protein 2,9 gram

  • Vitamin A 9376 IU

  • Vitamin C 28,1 mg

  • Vitamin  K 483 mcg

  • Vitamin B6 0,2 mg

  • Thiamin 0.1 mg

  • Niacin 0,7 mg

  • Riboflavin 0,2 mg

  • Kalsium 99 mg

  • Zat besi 2,7 mg

  • Magnesium 78 mg

  • Magnesium 79

  • Potassium 558 mg

  • Fosfor 49 mg

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Masakan, Kenali Ragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Sayur Bayam

Melihat segudang gizi yang dimiliki bayam, bukan hal mustahil lagi bahwa sayur bayam memiliki banyak manfaat. Simak terus penjelasan di bawah ini untuk  mengetahui apa saja manfaat yang dimiliki sayur bayam.  

  1. Mencegah Diabetes

Manfaat sayur bayam bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat mencegah diabetes Pasalnya, kandungan antioksidan atau asam alfa lipoat yang dimiliki bayam mampu menurunkan gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin. Tidak hanya itu, sayur bayam juga dapat menurunkan risiko neuropati perifer pada penderita diabetes. Akan tetapi, sejauh ini manfaat yang didapatkan baru dari mengonsumsi pil atau tablet yang mengandung asam alfa lipoat. 

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Tidak hanya dapat mencegah diabetes, ternyata sayur bayam juga bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah. Hal ini berkat kandungan nitrat yang cukup tinggi dalam sayur bayam. Tidak hanya itu, kandungan kalium dan folat dalam sayur bayam juga dapat melemaskan pembuluh darah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 27 orang, menemukan bahwa sayur bayam efektif dalam menurunkan  tekanan darah. 

  1. Memperkuat Otot

Apakah Anda pernah menonton kartun “Popeye” yang tiba-tiba menjadi kuat setelah mengonsumsi bayam? Ternyata hal tersebut benar terjadi. Pasalnya, sayur bayam sangat berperan penting dalam mengencangkan otot terutama otot jantung. Hal ini berkat kandungan koenzim Q-10 yang berperan sebagai antioksidan serta membantu memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan koenzim ini juga bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit jantung. 

  1. Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi saat tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat ataupun saat sel darah merah tidak dapat berfungsi dengan baik. Salah satu penyebab terjadinya anemia yaitu karena kekurangan zat besi. Di lain sisi, sayur bayam merupakan salah satu sumber zat besi yang baik. Oleh karena itu, mengonsumsi bayam dapat mencegah terjadinya anemia. Akan tetapi sebaiknya dibarengi dengan konsumsi vitamin C agar penyerapan zat besi menjadi lebih maksimal. 

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat sayur bayam bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena sayur bayam memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein yang berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari yang dapat merusak mata. Tidak hanya itu, kedua kandungan tersebut juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya gangguan penglihatan seperti katarak. 

  1. Mencegah Kanker

Manfaat sayur bayam yang bisa Anda dapatkan terakhir yaitu mampu mencegah kanker. Pasalnya di dalam sayur bayam terdapat kandungan zat sulfoquinovosyl diacylglycerol dan monogalactosyl diacylglycerol. Kedua zat tersebut sangat berperan penting dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, dalam sejumlah penelitian juga telah dibuktikan bahwa mengonsumsi sayur bayam dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker prostat dan tumor serviks.  

Itulah dia beberapa manfaat sayur bayam bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Ketika  Anda ingin mengolah sayur bayam, sebaiknya pilih bayam yang masih terlihat segar. Setelah itu, cuci hingga bersih di air mengalir agar bakteri yang menempel bisa hilang. Perlu diingat juga, apabila olahan sayur bayam Anda tidak habis sebaiknya dibuang saja dan jangan dipanaskan kembali.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ragam Manfaat Anggur bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

 

Sumber:

1. Nutrition Data. Spinach, raw.

2. Gunnars, Kris. 2019. Spinach 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

3. Ware, Megan. 2018. Health benefits and nutritional value of spinach.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi