Bantuan
Free Tele x

Ada Banyak! Berikut Ini Manfaat Brokoli yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Ada Banyak! Berikut Ini Manfaat Brokoli yang Perlu Anda Ketahui

Sudahkah Anda mengetahui apa manfaat brokoli bagi kesehatan? Sayuran hijau yang satu ini, sudah dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat dan termasuk salah satu superfood.

Brokoli merupakan salah satu sumber protein dan serat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, brokoli juga memiliki kandungan kalium, kalsium, selenium, zat besi, magnesium dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E serta, vitamin K. Lantas apa saja manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui? Temukan jawabannya di bawah ini. 

Manfaat Brokoli

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat brokoli yang perlu Anda ketahui pertama yaitu dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, brokoli merupakan sumber serat yang baik, kandungan serat ini dapat melancarkan pencernaan dan juga menjaga usus tetap sehat. Tidak hanya itu, kandungan vitamin dan magnesium dalam brokoli juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah terjadinya inflamasi di saluran pencernaan. 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Selain menjaga kesehatan sistem pencernaan, sayuran hijau yang satu ini juga dapat menjaga kesehatan kulit. Manfaat brokoli ini disebabkan  kandungan yang dimiliki brokoli berupa vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dapat mengganti jaringan kulit rusak. Tidak  hanya  itu, kandungan fitonutrien di dalam brokoli juga berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. 

  1. Melawan kanker

Brokoli juga bermanfaat untuk melawan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dapat terjadi karena brokoli memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, fitronutrien dan berbagai mineral seperti selenium dan kalium. Berbagai kandungan ini memiliki peran sebagai antioksidan yang akan mencegah inflamasi pada sel yang merupakan fase awal dalam perkembangan kanker. 

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat brokoli yang selanjutnya yaitu dapat menjaga daya tahan tubuh. Manfaat ini datang dari kandungan mineral, fitonutrien dan vitamin C dalam brokoli yang  berguna untuk membangun imunitas tubuh dan juga mencegah terjadinya berbagai infeksi. Sistem imun merupakan senyawa yang penting untuk dapat melindungi tubuh dari mikroorganisme yang menyebabkan berbagai penyakit.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Brokoli juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tulang serta gigi yang berasal dari kandungan vitamin K, vitamin A, fosfor dan kalsium. Kandungan ini akan menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, brokoli juga dapat menjaga kesehatan gigi dan menurunkan risiko penyakit mulut serta gigi. 

  1. Menjaga kesehatan pembuluh darah.

Manfaat brokoli yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu menjaga kesehatan pembuluh darah. Hal ini karena kandungan mineral dalam brokoli dapat melancarkan alirah darah sehingga mencegah terjadinya hipertensi. Tidak hanya itu, berbagai nutrisi yang dimiliki brokoli juga berperan dalam membantu kerja insulin agar dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah. Kandungan vitamin B dalam brokoli juga berfungsi dalam menurunkan risiko aterosklerosis. 

  1.  Mencegah anemia

Manfaat  brokoli yang terakhir yaitu mencegah terjadinya anemia. Hal ini karena brokoli memiliki banyak kandungan mineral. Apabila tubuh mengalami kekurangan asupan mineral, maka akan terjadi anemia. Beberapa kandungan mineral yang dimiliki brokoli yaitu zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium yang akan memproduksi hemoglobin dalam tubuh. 

Tips dalam memilih dan menyajikan brokoli

Mengetahui berbagai manfaat brokoli, tentu akan sangat disayangkan apabila manfaat dari brokoli hilang. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan cara memilih dan menyajikan brokoli yang benar. 

Pada saat Anda membeli brokoli, pastikan pilih brokoli yang memiliki kuntum yang keras dan rapat. Selain itu, pastikan juga kuntum memiliki warna hijau ke abu-abuan atau hijau gelap. Hindari kuntum yang berwarna hijau kekuningan dan layu. 

Sedangkan pada saat menyajikan brokoli, pastikan bersihkan dahulu brokoli dengan air garam agar terhindar dari pestisida. Cara terbaik untuk mengonsumsinya yaitu dalam keadaan mentah. Akan tetapi, apabila Anda ingin memasaknya, janganlah memasak terlalu lama. Apabila Anda merebusnya, gunakan api kecil dan maksimal 20 menit agar tidak merusak kandungan gizinya.

Demikianlah informasi mengenai manfaat brokoli yang perlu Anda ketahui. Melihat manfaatnya yang begitu banyak, sudah saatnya Anda memasukkan brokoli dalam salah satu menu makan Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengandung Antioksidan, Apa Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh?

 

Sumber:

Shubrook, Nicola. The health benefits of broccoli. 

 

Hill, Ansley. 2018. Top 14 Health Benefits of Broccoli.

Bagikan artikel ini