Bantuan
Free Tele x

Apa Saja Kandungan Kulit Pisang? Apakah Bisa Dikonsumsi?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Apa Saja Kandungan Kulit Pisang? Apakah Bisa Dikonsumsi?

Banyak orang tidak mengetahui kandungan kulit pisang, sehingga kulit pisang kerap dibuang cuma-cuma. Namun, tahukah Anda kandungan yang terdapat di dalam kulit pisang? Kulit pisang banyak mengandung vitamin B6, B12, serta kalium dan magnesium. Selain itu, kulit pisang juga mengandung beberapa serat dan protein, sehingga bisa untuk Anda konsumsi. 


Manfaat kulit pisang

Lantas apa saja kandungan kulit pisang dan manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang perlu Anda ketahui.

  1. Meredakan Depresi

Kulit pisang mengandung triptofan dan vitamin B6 yang dapat membantu meredakan beberapa gejala depresi dan memperbaiki suasana hati. Kandungan triptofan yang tinggi bisa berubah menjadi serotonin, sehingga mampu meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik. Sedangkan, kandungan vitamin B6 dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang berdampak positif pada suasana hati dari waktu ke waktu.

  1. Menjaga Penglihatan

Kandungan kulit pisang yang kaya dengan vitamin A dapat membantu menjaga kekuatan dan kesehatan mata Anda. Kandungan vitamin A ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang memiliki gangguan penglihatan. Dengan mengkonsumsi kulit pisang secara rutin dapat membantu meningkatkan penglihatan menjadi lebih baik.

  1. Kesehatan Pencernaan

Kandungan kulit pisang yang tinggi akan serat juga dapat membantu mengatur sistem pencernaan, meredakan sembelit dan diare. Bagi Anda penderita penyakit Crohn atau sindrom iritasi usus besar, kulit pisang akan sangat bermanfaat untuk Anda konsumsi. Selain itu, kulit pisang juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat dari kandungan kulit pisang lainnya yaitu membuat rambut lebih sehat. Kulit pisang mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas untuk menjaga rambut tetap kuat dan sehat. Anda dapat menggunakan kulit pisang sebagai masker rambut untuk membuat rambut lebih lembut dan berkilau. 

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Adapun kandungan kulit pisang lainnya, seperti karotenoid, polifenol, dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker di tubuh Anda. Dengan mengkonsumsi lebih banyak kulit pisang, terutama yang masih mentah, dapat meningkatkan kadar antioksidan dan membantu mengurangi risiko kanker.

  1. Mengobati Luka

Kulit pisang juga dapat Anda jadikan untuk mengobati luka karena mengandung antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi yang dapat mengobati luka dan mencegah terjadinya infeksi. Pada saat luka, dapat Anda coba dengan menggosokkan kulit pisang pada bagian yang luka secara perlahan selama beberapa menit. Tetapi jika Anda memiliki luka luas dan dalam, sebaiknya segera diobati dengan bantuan tenaga kesehatan.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Bagi Anda yang sering mengalami sakit kepala, Anda dapat menggunakan kulit pisang sebagai alternatif mengatasi sakit kepala. Caranya, dengan memasukkan kulit pisang ke dalam kulkas hingga dingin, lalu tempelkan pada bagian dahi dan bagian belakang leher selama 15 menit.


Apakah kulit pisang dapat dikonsumsi?

Itulah beberapa kandungan kulit pisang dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui. Tingginya kandungan vitamin, serat dan protein di dalam kulit pisang membuat masyarakat di beberapa negara lainnya, memanfaatkan kulit pisang untuk dikonsumsi. Kulit pisang dapat Anda olah menjadi berbagai makanan atau minuman, berikut beberapa olahan kulit pisang yang perlu Anda ketahui:

  1. Jus

Kulit pisang mengandung asam amino yang dapat memicu hormon peningkat mood, yang dikenal sebagai serotonin.  Sehingga pada saat suasana hati Anda kurang baik, Anda bisa membuat jus dari kulit pisang yang dicampur dengan buah atau sayuran lainnya menjadi smoothies. Anda dapat memilih kulit pisang yang sudah matang, agar rasanya lebih manis.

  1. Dimasak

Kulit pisang juga dapat dimasak dengan cara direbus, dipanggang atau digoreng, sehingga teksturnya menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikonsumsi. Bagi Anda penyuka vegetarian, kulit pisang dapat Anda olah menjadi pengganti bacon atau daging asap di menu seperti sandwich.

  1. Dijadikan teh

Selain itu, kulit pisang juga dapat Anda olah menjadi bahan teh. Anda dapat merebusnya di air mendidih dan langsung meminumnya setelah dingin. Teh kulit pisang ini mengandung nutrisi karena kaya akan mineral seperti magnesium, potasium dan vitamin B6.

Itulah beberapa kandungan kulit pisang dan manfaatnya, berikut dengan cara pengolahannya yang perlu Anda ketahui. Banyaknya manfaat dan kandungan didalam kulit pisang yang baik untuk tubuh, membuat kulit pisang banyak dikonsumsi di beberapa negara, sehingga bagi Anda yang ingin mengkonsumsi kulit pisang pun tidak perlu ragu lagi.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

WebMd: Health Benefits of Banana Peel (no date).

I Value Food: 10 Things To Do With Banana Peels (no date).

Bagikan artikel ini