Bantuan

Sering Dijadikan Sebagai Pengharum Makanan, Ini Berbagai Manfaat Daun Pandan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 19 Jan 2022

Bagikan

Sering Dijadikan Sebagai Pengharum Makanan, Ini Berbagai Manfaat Daun Pandan

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat daun pandan? Daun pandan sangat populer dalam dunia kuliner karena memiliki aroma dan rasa yang khas. Namun ternyata, daun yang memiliki aroma khas ini menyimpan begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berbagai manfaat daun pandan ini sudah tidak mengherankan lagi, karena daun pandan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam daun pandan yaitu protein, karbohidrat, serat vitamin A, vitamin C, kalium, Zat besi dan fosfor. 

Manfaat Daun Pandan

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Pandanus odoratissimus ini dipercaya mampu mencegah darah tinggi. Namun, manfaat yang bisa didapatkan dari daun pandan ini tidak berhenti di situ saja. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat daun pandan yang perlu Anda ketahui. 

  1. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat daun pandan yang perlu Anda ketahui pertama yaitu mampu meningkatkan  nafsu makan. Manfaat yang satu ini berasal dari aroma yang sangat khas, sehingga mampu mengembalikan nafsu makan yang hilang. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mencobanya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki campuran daun pandan. 

Baca Juga: Benarkah Deksametason dapat Digunakan untuk Menambah Nafsu Makan Anak?

  1. Mengatasi rematik

Tidak hanya meningkatkan nafsu makan, daun pandan juga percaya mampu mengatasi rematik. Penderita rematik akan merasakan nyeri pada bagian sendi-sendinya. Nah, dengan menggunakan daun pandan Anda bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi tersebut. Caranya yaitu dengan memasukkan daun pandan ke dalam rebusan minyak kelapa. Setelah itu, gunakan rebusan minyak kelapa dan daun pandan itu untuk mengoles sendi yang terasa nyeri. 

  1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat daun yang pandan yang luar biasa selanjutnya yaitu mampu mencegah penyakit jantung. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan karotenoid dalam daun pandan. Bahkan, daun pandan dianggap sebagai sumber karotenoid yang sangat baik. Karotenoid itu sendiri merupakan antioksidan yang berperan dalam mengurangi risiko penyempitan arteri jantung

Baca Juga: Wajib Anda Ketahui, Ini Pantangan Makanan Penyakit Jantung

  1. Menurunkan gula darah

Manfaat daun pandan selanjutnya berasal dari sifat antihiperglikemik yang terdapat dalam kandungan daun pandan. Sifat antihiperglikemik itu sendiri merupakan sifat yang berperan dalam penurunan gula darah. Disebutkan bahwa, ekstrak daun pandan bekerja dengan cara merangsang produksi insulin dari pankreas. Insulin itu sendiri merupakan hormon yang berperan dalam mengubah kelebihan gula menjadi energi cadangan dalam tubuh. 

Baca Juga: Disebut dapat Menurunkan Gula Darah, Apa Itu Daun Insulin?

  1. Menjaga kesehatan mulut

Dengan aroma yang khas, membuat daun pandan sering dijadikan sebagai pembersih mulut pada jaman dahulu dengan cara mengunyahnya. Bahkan, daun pandan sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi gusi berdarah. Walaupun begitu, manfaat daun pandan yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Pasalnya hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan manfaat ini. 

  1. Mengobati kulit

Ternyata, daun pandan juga bermanfaat dalam mengobati kulit. Bagi sebagian masyarakat Asia Tenggara, seringkali menggunakan daun pandan sebagai pengobatan untuk kulit. Daun pandan ini akan dikeringkan lalu dihancurkan hingga menjadi ekstrak.  Kemudian, ekstrak tersebut akan digunakan untuk mengobati kulit seperti terbakar dan luka. 

Baca Juga: Tidak Kalah Penting, Ini Fungsi Kulit Bagi Tubuh Manusia

  1. Mengobati kanker

Manfaat daun pandan yang terakhir sekaligus paling luar biasa yaitu dapat membantu pengobatan kanker. Hal ini karena, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa daun pandan memiliki efek racun bagi sel kanker serta mencegah terjadinya pembelahan sel abnormal. Sekali lagi, manfaat yang luar biasa ini juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi. 

Itulah dia beberapa manfaat daun pandan yang perlu Anda ketahui. Walaupun disebutkan daun pandan memiliki banyak manfaat, namun bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya sebanyak-banyaknya. Pasalnya, sesuatu yang berlebihan sudah tentu tidak baik bagi tubuh. Ditambah lagi hingga saat ini belum dapat dipastikan apa efek samping yang bisa ditimbulkan dari daun pandan. Namun, dipercaya daun pandan memiliki sifat pencahar yang dapat menyebabkan diare. 

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat daun pandan ini, maka konsumsilah dengan batas wajar. Selain itu, untuk mendapatkan kesehatan Anda tidak bisa hanya bergantung pada daun pandan. Anda harus menerapkan pola makan sehat dan juga rajin beraktivitas fisik.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. WebMd. Health Benefits of Pandan. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-pandan#1
  2. Wartenberg, Lisa 2020. What Is Pandan? Benefits, Uses, Taste, and Substitutes. https://www.healthline.com/nutrition/pandan#:~:text=Furthermore%2C%20pandan%20leaf%20powder%20is,symptoms%20(1%2C%202%20)
Bagikan artikel ini