Bantuan

Si Kuning yang Menyegarkan, Ketahui Manfaat Nanas Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 26 Jan 2022

Bagikan

Si Kuning yang Menyegarkan, Ketahui Manfaat Nanas Berikut Ini

Lezat dan banyak disukai, tetapi tahukah Anda apa manfaat nanas? Nanas merupakan salah satu buah yang banyak diolah menjadi berbagai bentuk olahan, buah dari selai hingga jus karena rasanya yang lezat dan segar. Akan tetapi, di balik rasanya yang segar dan lezat tersebut, ada banyak manfaat nanas yang bisa Anda dapatkan dan baik untuk kesehatan. 

Kandungan nanas

Buah nanas merupakan makanan yang memiliiki kandungan kalori yang rendah. Akan tetapi, terdapat berbagai nutrisi yang bisa memberikan Anda berbagai manfaat. Setiap 165 gram nanas, terdapat komposisi kandungan seperti di bawah ini. 

  • Lemak: 1,7 gram

  • Protein: 1 gram

  • Karbohidrat: 21,6 gram

  • Serat: 2,3 gram

  • Vitamin C

  • Vitamin B6

  • Magnesium

  • Zat besi

  • Tembaga 

  • Folat

  • Asam pantotenat

Manfaat nanas bagi Tubuh

Melihat berbagai kandungan nanas tersebut, tentu manfaat yang bisa didapatkan juga akan banyak. Lalu apa saja manfaat tersebut? Berikut ini manfaat nanas bagi kesehatan tubuh: 

  1. Menjaga Kesehatan tulang

Manfaat nanas bagi kesehatan yang pertama, yaitu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena nanas memiliki kandungan zat besi dan kalium. Tidak hanya itu, kandungan tembaga dalam nanas juga mampu memberikan efek yang sama untuk kesehatan tulang. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa tembaga merupakan mineral yang penting dalam kesehatan tulang. Orang yang mengalami kekurangan asupan tembaga akan memiliki risiko mengalami gangguan kesehatan tulang. 

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Cara Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini!

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah nanas bagi kesehatan yang selanjutnya, yaitu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa meningkatkan asupan vitamin C dan beta karoten dapat mengurangi risiko penyakit mata. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah nanas juga mampu mencegah terbentuknya katarak pada mata. 

Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Kacamata Anti Radiasi Untuk Anda Yang Sering Menatap Layar Gadget

  1. Menjaga kesehatan jantung

Ternyata nanas juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini karena nanas memiliki kandungan antioksidan, serat, dan kalium. Berbagai kandungan ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol tekanan darah tetap stabil. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah nanas juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. 

Baca Juga: Ketahui Fungsi Otot Jantung dan Cara Menjaga Kesehatannya

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C di dalam buah nanas bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan lainnya. Pada dasarnya, kulit memiliki kandungan vitamin C, tetapi paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat mengurangi kandungan tersebut. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan kulit perlu asupan vitamin C. 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ternyata kandungan vitamin C dalam buah nanas tidak hanya mampu melindungi kulit dari kerusakan, tetapi juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa vitamin C merupakan vitamin yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Kandungan enzim bromelain yang dimiliki buah nanas berguna dalam menjaga tubuh dari serangan berbagai mikoorganisme. 

  1. Menurunkan berat badan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa nanas memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga baik untuk diet. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki nanas juga mampu membuat Anda kenyang lebih lama sehingga dapat menahan nafsu makan Anda. Tidak hanya itu, serat juga akan  membuat metabolisme meningkat sehingga berat badan akan terkontrol. Hal inilah yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat nanas bagi kesehatan yang terakhir, yaitu dapat mengatasi masalah pencernaan. Hal ini karena nanas memiliki enzim bromelain yang dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan mual. Selain itu, kandungan serat dalam nanas juga akan membantu melancarakan sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit. 

Nah, itulah beberapa manfaat nanas bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan. Namun bagi Anda yang memiliki alergi lateks sebaiknya menghindari mengonsumsi nanas. Pasalnya nanas dapat memicu alergi berupa gatal-gatal hingga diare. Apabila Anda mengalami reaksi alergi, segeralah berkonsultasi dengan dokter. 

Selain itu, hindari mengonsumsi nanas terlalu banyak. Walaupun menyehatkan, mengonsumsi nanas terlalu banyak justru dapat menimbulkan berbagai masalah. Beberapa masalah apabila Anda mengonsumsi nanas dalam jumlah yang banyak yaitu alergi, masalah pada asam lambung, hingga naiknya gula darah. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Raman, Ryan. 2018. 8 Impressive Health Benefits of Pineapple. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-pineapple#TOC_TITLE_HDR_3
  2. Ware, Megan. 2018. Everything you need to know about pineapple. https://www.medicalnewstoday.com/articles/276903#benefits
  3. Lawler, Moira. 2019. 8 Scientific Health Benefits of Pineapple. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/8-reasons-eat-pineapple/
Bagikan artikel ini