Bantuan
Free Tele x

Mari Mengenal Lebih Jauh Fungsi dari Struktur Paru-Paru

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Ketahui 5 Fungsi Paru-Paru dan Struktur Paru-Paru

Struktur paru-paru tentu memiliki fungsi untuk tubuh manusia, apa sajakah itu? Bernapas menjadi sangat penting untuk manusia sehingga organ paru-paru memiliki fungsi yang besar. Paru-paru, yakni salah satu organ pernapasan manusia, di mana sistem pernapasan itu sendiri mencakup seluruh struktur yang berperan dalam menghubungkan udara ke dan juga dari paru-paru sehingga dapat disebutkan bahwa paru-paru adalah organ pernapasan paling utama pada tubuh manusia, tetapi Anda perlu tahu bahwa paru-paru bukan hanya berfungsi untuk bernapas saja. Paru-paru juga memiliki peran penting untuk menjaga atau melindungi jantung, sampai guna mencegah infeksi. Ukuran paru-paru sebelah kanan dan kiri tidaklah sama, yang mana sebelah kiri lebih kecil. Hal ini karena adanya jantung pada bagian sebelah kiri tersebut. Paru-paru merupakan organ vital lunak sehingga dilindungi dengan tulang rangka. 

Baca Juga: Kenali Seluk Beluk Penyakit Edema Paru, Mulai dari Penyebab hingga Gejalanya

Fungsi struktur atau bagian paru-paru

Struktur paru-paru tentu memiliki fungsinya masing-masing atau peran yang spesifik. Ini berguna untuk mendukung fungsi paru-paru utama itu sendiri, yakni guna sistem pernapasan. Apabila diurutkan dari paling atas maka trakea adalah bagian pertama yang mana adalah saluran udara utama. Trakea dapat juga disebut tiang pondasi dari paru-paru manusia. Bagian trakea ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf Y yang terbalik, yang mana berada dalam garis lurus. Kemudian, bercabang menjadi 2, yakni ke kanan dan ke kiri, lalu masuk ke bagian paru-paru kiri dan kanan. Di bawah ini dapat Anda ketahui fungsi dari struktur paru-paru:

  1. Bronkus

Bronkus ialah bagian dari struktur paru-paru yang terhubung dengan paru-paru sebelah kanan dan kiri. Bronkus memiliki fungsi guna jalur udara dari mulut dan trakea sehingga udara yang masuk serta keluar akan melewati bagian bronkus tersebut. Mengeluarkan dahak atau lendir juga menjadi fungsi bronkus, ini memiliki peran penting, yakni sebagai sistem pertahanan tubuh. 

  1. Bronkioulus

Selanjutnya adalah bronkiulus, yang mana adalah cabang dari bagian sebelumnya, yakni bronkus. Bronkiolus memiliki cirinya sendiri, yaitu ukuran yang sangat kecil layaknya rambut serta berjumlah banyak. Pada paru-paru kanan ataupun kiri, ada kurang lebih 30.000 bronkiolus. 

  1. Alveoli juga alveolus

Pada bagian ujung bronkiolus, ada alveoli yang mana adalah kumpulan dari kantung udara. Masing-masing dari kantong udara struktur paru-paru ini disebut sebagai alveolus. Alveolus memiliki ukuran yang sangat kecil, tetapi memiliki jumlah yang sangat banyak, yakni sekitar enam ratu juta buah. 

  1. Pleura

Pleura menghadap paru-paru, yang mana adalah membran tipis sebagai pelindung paru-paru serta tulang rangka di bagian dalam. Pleura ini mempunyai 2 lapisan sehingga ketika paru-paru menyentuk bagian dalam tulang rangka maka tidak terjadi gesekan. 

  1. Diafragma

Sebenarnya struktur paru-paru satu ini tidak menempel pada pada organ tersebut, tetapi peran dari diafragma tidak bisa dipisahkan dengan paru-paru, yang mana saat manusia bernapas maka diafragma berkontraksi. Setelah itu, akan menarik paru-paru ke arah bawah dan melebarkannya. Hal ini untuk udara bisa masuk dengan sempurna. Kemudian, ketika seseorang menghembuskan napas maka diafragma akan kembali rileks dan menjadi ke bentuk seperti semula. 

Fungsi utama paru-paru

Paru-paru memiliki fungsi guna mengolah udara yang diperoleh, dari lingkungan atau atmosfer agar dapat dengan cukup baik masuk ke dalam aliran darah manusia. Setelah itu, oksigen masuk ke dalam aliran darah kemudian disebarkan ke seluruh jaringan tubuh manusia. Fungsi lainnya dari paru-paru adalah seperti untuk melindungi jantung, penyaring, menyeimbangkan pH, penampung darah, dan lainnya. Ketika bernapas maka udara akan masuk melalui mulut atau hidung. Dengan jalur seperti ini:

  1. Dari mulut atau hidung maka udara akan turun ke arah tenggorokan dan menuju trakea. 

  2. Setelah itu, udara menuju ke bagian bronkus kiri serta bronkus kanan. 

  3. Kemudian, udara akan masuk ke jalur lebih rendah yakni bronkioulus.

  4. Lalu, udara masuk ke dalam alveoli.

Melihat penjelasan di atas maka anda sudah paham bagaimana paru-paru bukan hanya tentang pernapasan saja. Organ paru-paru juga memiliki fungsi yang besar dalam peredaran darah dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, sudah sebaiknya kita menjaga kesehatan paru-paru. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Dia Gejala Paru-paru Basah yang Perlu Diketahui

 

Referensi:

Kids Health

Healthline

British Lung Foundation

Very Well Health

 

Medical News Today 

Bagikan artikel ini