Bantuan
Bantuan

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Kram Otot

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Kram Otot

Sudahkah Anda mengetahui cara mengatasi kram otot? Jika masih belum mengetahuinya, maka laman ini adalah sumber yang tepat bagi Anda. Melalui ulasan singkat berikut ini, Anda akan mengetahui berbagai cara untuk mengatasi kram pada otot yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Coba bayangkan, bagaimana rasanya ketika tengah beraktivitas lalu tiba-tiba mengalami kram otot? Tentu rasanya tidak mengenakkan bukan? Oleh karena itu, simaklah ulasan singkat berikut ini hingga tuntas agar Anda dapat memberikan pertolongan pertama saat mengalami kram otot.

Baca juga: Tidak Ingin Merasa Pegal Dan Nyeri? Ini Cara Menjaga Kesehatan Otot

 

Pengertian Kram Otot

Sebelum mengetahui cara mengatasi kram otot, alangkah baiknya jika Anda memahami pengertian dasarnya terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan kram otot? Apa saja penyebab dan gejalanya? Anda tidak perlu penasaran dengan jawabannya karena kedua hal tersebut akan diulas secara singkat dalam tulisan ini.

Kram otot adalah kontraksi tiba-tiba dan tidak disengaja yang terjadi pada otot dalam tubuh. Adapun kontraksi ini tidak hanya terjadi pada satu otot saja, tetapi bisa lebih. Meskipun umumnya tidak berbahaya, jenis kram yang satu ini dapat membuat otot yang terdampak menjadi tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.

Adapun kram otot dapat disebabkan oleh berbagai contoh. Biasanya, jika ada penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah pada kaki, maka akan menimbulkan kram otot. Kompresi saraf di tulang belakang (stenosis lumbal) juga dapat menjadi penyebabnya. Bahkan kekurangan mineral (kalsium, potasium, magnesium) juga dapat berujung pada kram otot.

Selain berbagai penyebab di atas, terdapat pula faktor-faktor risikonya. Yakni terdiri dari usia, dehidrasi, kehamilan, dan kondisi medis tertentu. Adapun gejalanya sangat mudah dikenali, yakni rasa sakit yang menusuk dan datang secara tiba-tiba pada otot (biasanya betis). Di samping itu, Anda juga dapat memperhatikan adanya gumpalan otot yang mengeras di bawah kulit.

 

Cara Mengatasi Kram Otot

Setelah mengetahui pengertian dasarnya, mari kini beranjak untuk menyelami berbagai cara mengatasi kram otot. Sesungguhnya, Anda tidak perlu pusing tujuh keliling untuk mengatasi kram yang tiba-tiba muncul pada otot. Ada beberapa cara mudah dan ringkas yang dapat Anda lakukan secara mandiri dan bisa juga dibantu oleh orang lain di sekitar Anda.

Baca juga: Bagaimana Mekanisme Kerja Otot Tubuh? Ketahui Jawabannya di Sini

1. Peregangan

Hal pertama dan utama yang perlu Anda lakukan ketika mengalami kram otot adalah melakukan peregangan. Pastikan bahwa area yang mengalami kram tidak dalam kondisi tertekuk (lurus). Hal ini penting untuk dilakukan agar otot yang kram dapat kembali rileks.

2. Pijat

Setelah diregangkan, maka langkah selanjutnya adalah memijat area yang kram secara perlahan. Selain menenangkan otot, pemijatan juga mengurangi rasa sakit atau nyeri yang melanda. Agar lekas pulih, Anda dapat menggunakan cairan pendamping untuk pijat (balsem, salep, atau minyak). Jika Anda ragu untuk melakukannya sendiri, mintalah pertolongan pada orang lain atau panggillah tukang pijat terdekat.

3. Pemanasan atau Pendinginan

Pemanasan atau pendinginan dalam tulisan ini berbeda halnya dengan apa yang biasa Anda lakukan pada saat berolahraga. Adapun maksud sesungguhnya yakni memberi tekanan panas atau dingin pada otot yang kram. Anda dapat menggunakan kompres yang sudah direndam pada air panas atau dingin. Bisa juga menggunakan balok es atau botol air yang sudah dipanaskan. Cukup tempelkan saja pada area yang kram hingga rasa sakit atau nyeri berkurang sedikit demi sedikit.

4. Suplemen

Selain melakukan kontak langsung pada area yang terkena kram, masih ada alternatif lain yang dapat Anda pertimbangkan. Adapun alternatif tersebut adalah mengonsumsi vitamin B kompleks agar kram lekas reda. Anda pun tidak perlu kebingungan untuk mencarinya, cukup sambangi saja apotek yang terdekat. Harganya pun juga terjangkau.

Kini Anda telah mengetahui langkah-langkah yang termasuk dalam cara mengatasi kram otot. Anda dapat melakukannya secara mandiri. Bisa juga dengan meminta pertolongan pada keluarga atau orang terdekat yang ada di sekitar Anda. Jika pun setelah diberi pertolongan pertama kondisi kram tak kunjung reda, maka bergegaslah pergi ke dokter untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Apa Saja Mineral dan Vitamin Untuk Tulang Dan Otot Agar Tetap Sehat

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

Cleveland Clinic. 2021. Muscle Spasms (Muscle Cramps): Causes, Pain Relief & Treatment. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15466-muscle-spasms 

Mayo Clinic. 2021. Muscle Cramp - Diagnosis and Treatment. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/muscle-cramp/diagnosis-treatment/drc-20350825

Bagikan artikel ini