Bantuan

Kenal Lebih Jauh Seluk Beluk Mengenai Rangka Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Dec 2021

Bagikan

Seluk Beluk Rangka Manusia dan Fungsinya

Rangka manusia merupakan kesatuan struktur tubuh yang berfungsi sebagai penopang tubuh dan alat gerak aktif. Tidak hanya itu, rangka manusia memiliki beberapa fungsi lain yang perlu Anda ketahui. Tahukah Anda apa saja fungsi rangka manusia dan cara merawatnya? Mari kenali lebih jauh seputar fungsi rangka manusia dan cara merawatnya melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Rangka?

Rangka manusia merupakan kesatuan sistem di dalam tubuh manusia, sehingga manusia bisa bergerak dengan bebas. Istilah rangka manusia ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda karena struktur rangka manusia sering ditemui dalam dunia medis. Rangka manusia atau susunan tulang memiliki beberapa fungsi yang saling berkaitan dengan beberapa rangka lainnya. Artinya jika salah satu fungsi rangka manusia terganggu maka bisa mempengaruhi fungsi rangka manusia lainnya.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik seputar Rangka Manusia

Fungsi Rangka Manusia 

Secara umum rangka manusia dewasa terdiri dari 206 tulang, rangka terbanyak yang dimiliki oleh manusia ialah anak-anak tulang. Setiap rangka yang dimiliki oleh manusia memiliki fungsi yang berbeda. Berikut beberapa fungsi rangka manusia yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Memberi Bentuk Tubuh

Memberi bentuk tubuh merupakan fungsi rangka manusia yang pertama, seperti bentuk tubuh saat berdiri tegak, membungkuk atau duduk. Beberapa susunan tulang yang memberi bentuk tubuh ini ialah tulang belakang dan tulang pada kaki. Beberapa rangka manusia lain yang memberi bentuk tubuh pada tinggi rendahnya postur tubuh manusia ialah tulang bagian depan dan susunan tulang tengkorak. Tulang tengkorak memiliki peran besar dalam membentuk struktur wajah, kepala dan melindungi otak manusia dari cedera.

  1. Membentuk Sum-sum Kuning

Fungsi rangka manusia selanjutnya ialah membentuk sum-sum kuning, sum-sum kuning merupakan jaringan yang berisi sel mensekim atau jaringan yang berfungsi dalam memproduksi jaringan ikat tubuh seperti tulang rawan, otot, sel tulang, dan lemak. Lemak dibutuhkan sebagai sumber energi cadangan yang terdapat di dalam rangka manusia dan dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kata lain fungsi rangka dalam membentuk sum-sum kuning turut berperan dalam fungsi rangka sebagai tempat penyimpanan energi.

  1. Melindungi Organ Tubuh

Rangka manusia merupakan susunan tulang yang terdapat pada tubuh dan memiliki struktur yang cukup keras. Dengan adanya susunan rangka manusia, organ-organ di dalam tubuh manusia yang lunak bisa terhindar dari segala bentuk benturan yang mampu merusak organ tubuh. Maka dari itu, rangka manusia bisa melindungi alat-alat tubuh manusia yang bersifat penting dan lunak. Seperti tulang rusuk untuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang punggung untuk melindungi tulang belakang dan tulang tengkorak untuk melindungi otak.

Cara Menjaga Kesehatan Rangka Manusia

Pentingnya fungsi rangka manusia bagi tubuh, maka penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan rangka. Jika kesehatan rangka terjaga, Anda bisa bergerak secara aktif saat menjalankan aktivitas sehari-hari dan organ lunak yang ada di dalam tubuh pun bisa tetap terjaga. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan rangka yang perlu Anda ketahui:

  • Mendapat Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu suplemen yang dibutuhkan oleh rangka manusia agar tetap kuat dan tidak mudah keropos. Vitamin D bisa Anda peroleh dari makanan seperti kuning telur, hati sapi atau keju. Sedangkan pembentukannya bisa dilakukan dengan cara berjemur di bawah matahari saat pagi hari.

  • Konsumsi Kalsium

Untuk menjaga kesehatan rangka manusia bisa juga Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau, brokoli tahu, dan salmon agar tulang rangka tetap kuat. Selain makanan, kalsium juga bisa Anda peroleh dari minuman seperti susu dan yogurt.

Baca Juga: Dibutuhkan Tubuh Setiap Harinya, Ini Macam-Macam Makanan yang Mengandung Kalsium

  • Menggunakan Pelindung Saat Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara yang turut mempengaruhi dalam menjaga kesehatan rangka manusia. Namun saat berolahraga yang memungkinkan adanya benturan seperti olahraga bela diri, sepak bola, ataupun olahraga berat lainnya sebaiknya Anda menggunakan pelindung, agar tulang rangka terhindar dari cedera serius.

Itulah beberapa fungsi rangka manusia yang perlu Anda ketahui. Dengan adanya rangka manusia Anda bisa berdiri tegak dengan sempurna dan bebas untuk bergerak. Namun jika salah satu rangka mengalami cedera, maka beberapa fungsi lain pun akan terganggu. Maka dari itu penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan rangka dengan baik.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber: 

Andrew, Warren. human skeleton (no date). 

Schulman, Seladi Jill. Skeletal System Overview. 2018.

 

Tag :
Bagikan artikel ini