Bantuan

Sering Merasa Sakit Perut Sebelah Kiri? Ini Beberapa Hal yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Sering Merasa Sakit Perut Sebelah Kiri? Ini Beberapa Hal yang Mungkin

Keluhan rasa sakit perut sebelah kiri tampaknya menjadi salah satu hal yang banyak dipertanyakan penyebabnya. Sejatinya, kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari yang ringan seperti perut kembung, hingga yang cukup berat dan serius seperti kista ovarium.

Pada umumnya, keluhan sakit perut sebelah kiri akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 1 sampai 2 hari. Ini terjadi manakala kondisi yang menyebabkan timbulnya keluhan adalah suatu hal yang ringan. Akan tetapi, apabila rasa sakit perut sebelah kiri tak kunjung hilang dan justru semakin parah atau diikuti pula dengan beberapa gejala lainnya, segera periksakan diri Anda untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab. 

Baca Juga: Ketahui Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Ini

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Nah, dalam kaitannya dengan hal-hal yang menjadi penyebabnya, rasa sakit perut sebelah kiri yang Anda alami bisa timbul karena beberapa hal. Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya keluhan rasa sakit perut sebelah kiri adalah sebagai berikut.

  1. Penyakit Ginjal

Rasa sakit pada perut sebelah kiri mungkin saja terjadi karena disebabkan penyakit ginjal, seperti batu ginjal dan infeksi ginjal. Pada infeksi ginjal, biasanya akan menimbulkan gejala berupa, demam, mual, muntah, nyeri paha, dan sakit perut sebelah kiri bawah, sedangkan batu ginjal akan menimbulkan gejala berupa buang terus menerus, sensasi panas pada saat buang air kecil, dan sakit perut sebelah kiri bawah. 

  1. Gastritis

Gastritis terjadi karena iritasi pada lapisan lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori. Gastritis juga dapat terjadi karena mengonsumsi obat penghilang sakit perut yang tertentu dan konsumsi alkohol yang berlebih. Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit yang satu ini, yaitu sakit perut sebelah kiri atas yang terasa perih dan terbakar, serta perut terasa penuh setelah makan. 

  1. Terjadi Ovulasi

Tidak hanya penyakit berbahaya, timbulnya keluhan rasa sakit pada perut sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh proses alami yang kerap terjadi setiap bulannya pada wanita, yakni masa ovulasi. Pada saat terjadinya ovulasi atau yang dikenal pula dengan sebutan masa subur ini, wanita akan merasakan rasa sakit di bagian perut sebelah kiri. Selain itu, kondisi ini juga akan disertai dengan rasa mual serta timbulnya keputihan.

  1. Kista Ovarium

Penyebab rasa sakit perut sebelah kiri berikutnya ini juga terjadi pada kaum wanita dan diakibatkan oleh pertumbuhan tumor jinak yang tumbuh dalam ovarium. Meskipun tidak begitu berbahaya, tetapi kista ovarium ini dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kiri yang tiba-tiba dan terasa cukup parah. Tidak hanya itu saja, gejala lain yang mungkin menyertai kondisi ini adalah demam dan muntah, kulit terasa lembap, serta kepala berkunang-kunang. 

  1. Hernia 

Penyebab sakit perut sebelah kiri yang selanjutnya, yaitu hernia. Hernia itu sendiri merupakan suatu kondisi dimana jaringan lunak dapat mencuat dan menembus bagian yang lemah dibagian bawah dinding perut di lipatan paha atau menusuk diafragma. Tonjolan yang ditimbulkan dapat menyebabkan rasa sakit perut sebelah kiri pada saat Anda batuk ataupun  membungkuk. 

  1. Peradangan Pankreas

Mengingat pankreas terletak pada sisi kiri perut, maka timbulnya rasa sakit pada bagian tersebut juga dapat mengindikasikan adanya gangguan pada pankreas itu sendiri, seperti contoh yang disebabkan oleh peradangan pankreas. Dalam hal ini, Anda akan merasakan rasa sakit perut pada bagian kiri atas, yang menjalar hingga ke bagian punggung. Tidak hanya itu saja, rasa sakit pada kondisi ini juga akan timbul ketika Anda makan, minum, atau dalam kondisi berbaring. 

  1. Divertikulitis

Penyebab timbulnya keluhan berupa rasa sakit perut sebelah kiri adalah divertikulitis, yakni peradangan yang terjadi pada divertikula. Divertikula itu sendiri adalah sebuah kantung yang biasa ditemukan pada bagian bawah organ usus besar Anda. Biasanya, keluhan sakit perut sebelah kiri juga akan diiringi dengan gejala seperti demam, mual, hingga diare berdarah sporadik. 

Nah, itulah beberapa menyebabkan sakit perut sebelah kiri yang mungkin saja Anda alami. Apabila Anda merasakan sakit perut sebelah kiri yang tidak tertahankan, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih pasti dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Bahan Alami?

 

Sumber:

Bailey, Glenna. 2021. What’s Causing Pain in My Lower Left Abdomen?.  

Wells, Diana. 2020. What’s Causing Pain Under My Ribs in the Upper Left Abdomen?. 

 

Illiades, Chris. 2021. What Pain on Your Left Side Could Mean.

Tag :
Bagikan artikel ini