Apa Saja Mineral dan Vitamin Untuk Tulang Dan Otot Agar Tetap Sehat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Aug 2021

Bagikan

Apa Saja Mineral dan Vitamin Untuk Tulang Dan Otot Agar Tetap Sehat

Mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh sangatlah penting, terutama berkaitan dengan mineral dan vitamin untuk tulang dan otot. Dalam hal ini, ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang perlu Anda penuhi agar tulang dan otot dapat menjadi lebih sehat dan pada akhirnya dapat berfungsi dengan baik. 

Mineral dan vitamin untuk tulang dan otot ini bisa Anda dapatkan melalui makanan utuh (whole food). Meskipun pada dasarnya vitamin untuk tulang dan otot ini bisa didapatkan dari berbagai jenis suplemen, namun penting untuk diingat bahwa makanan utuh dalam hal ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap, dan tentunya baik bagi tubuh. Lantas apa saja mineral dan vitamin untuk tulang dan otot tersebut? 

  1. Vitamin D

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang sangat penting dan dibutuhkan agar tulang menjadi lebih kuat. Sebaliknya, tubuh yang kekurangan vitamin D akan berisiko mengalami perkembangan tulang yang buruk, bahkan mengalami berbagai penyakit dan kelainan pada tulang. Untuk itu, memastikan kebutuhan vitamin D dalam tubuh sangatlah penting. Lalu dari mana kita mendapatkan sumber vitamin D untuk tulang ini? Makanan yang mengandung vitamin D sangatlah mudah ditemui. Adapun beberapa di antaranya yang dapat Anda coba adalah susu dan produk susu, telur dan ikan salmon, ikan kod, serta ikan mackerel.

  1. Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin berikutnya yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia setiap harinya. Dalam hal ini, vitamin C memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, bahkan pembuluh darah sekalipun. Ketika Anda merasa nyeri otot, ataupun terjatuh dan mengalami luka, vitamin C dalam hal ini akan mempercepat proses penyembuhan, dan menghilangkan rasa sakit dengan lebih cepat. Selain itu, vitamin C juga sangat penting dalam menjaga tubuh tetap kebal dari berbagai macam penyakit dan infeksi. Dengan begini, risiko Anda terkena penyakit-penyakit menular seperti flu yang dapat membahayakan tubuh, akan semakin rendah. Vitamin C ini bisa Anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan sitrus, buah stroberi, tomat, brokoli, kiwi, dan lainnya. 

  1. Semua Jenis Vitamin B

Tidak seperti vitamin D, A dan C yang dijelaskan sebelum, ternyata vitamin B terdiri dari lebih satu vitamin. Setidaknya ada 4 vitamin yang masuk dalam daftar vitamin B yang meliputi vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, Vitamin B6 dan Vitamin B12. Semua Vitamin ini akan bekerja sama dalam membantu menjalankan fungsi metabolisme tubuh atau proses pengolahan makanan untuk menghasilkan energi yang siap dipakai oleh tubuh selama proses latihan otot. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B yang juga dari biji-bijian, makanan laut, telur, susu, sayuran berdaun hijau yogurt, steak, dan kacang-kacangan. 

  1. Kalsium

Kita tentu sudah sering mendengar bagaimana peran kalsium dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Kalsium dalam hal ini merupakan mineral utama pembentuk tulang. Dengan begitu, kurangnya konsumsi kalsium nantinya akan membuat tulang melepas kalsium, yang pada akhirnya akan menyebabkan massa tulang menurun. Selain bermanfaat untuk tulang, kalsium ternyata juga mampu membuat otot dan saraf tubuh berfungsi dengan baik. Untuk mendapatkan manfaat dari kalsium ini, Anda dapat mengkonsumsi kacang almond, brokoli, ikan sarden, serta susu dan produk susu.

  1. Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu mineral yang diperlukan tubuh untuk tumbuh kuat. Pada saat zat besi diambil oleh tubuh, maka akan digunakan untuk membuat hemoglobin atau protein yang diperlukan sel darah merah. Sel darah merah akan  bertanggung jawab dalam membawa oksigen yang Anda hirup ke seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, zat besi membantu otot Anda menerima oksigen yang diperlukan untuk bekerja. 

Itulah beberapa mineral dan vitamin untuk tulang dan juga otot yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Selain mendapatkan vitamin-vitamin tersebut dari makanan, Anda juga bisa mendapatkannya dari berbagai suplemen yang saat ini sudah banyak tersedia. Akan tetapi, alangkah lebih baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan dosis dan juga jenis suplemen yang tepat untuk Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Baca Juga: Vitamin C Untuk Hilangkan Bekas Jerawat

 

Sumber:

Gentle Dental. Strong Bones, Teeth, and Muscles: A Guide To Vitamins. 

 

Cleveland Clinic. 2019. Want Strong Bones and Joints? Get Your Nutrients From Food, Not Supplements.

 
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi