Dibutuhkan Tubuh Setiap Harinya, Ini Macam-Macam Makanan yang Mengandung Kalsium

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Dibutuhkan Tubuh Setiap Harinya, Ini Macam-Macam Makanan yang Mengandung Kalsium

Mengapa Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium? Hal ini karena kalsium merupakan salah satu mineral yang memiliki fungsi penting di dalam tubuh. Beberapa fungsi kalsium, yaitu membantu pembentukan tulang, fungsi kerja sel, otot, dan juga saraf. Tidak hanya itu, kalsium juga berperan dalam pembentukan darah serta menjaga kesehatan jantung.

Melihat pentingnya fungsi kalsium dalam tubuh maka Anda harus menjaga asupannya setiap hari. Cara yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan kalsium, yaitu dengan suplemen kalsium dan beberapa makanan yang mengandung kalsium. Mungkin pertama kali yang Anda pikirkan mengenai makanan yang mengandung kalsium, yaitu susu. Namun sebenarnya, makanan yang mengandung kalsium tidak hanya susu saja, masih banyak lagi makanan yang lainnya. 

Makanan yang Mengandung Kalsium

Lalu apa saja makanan yang mengandung kalsium tersebut? Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan beberapa makanan yang mengandung kalsium untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda. 

  1. Brokoli

Makanan yang mengandung kalsium pertama, yaitu brokoli. Setidaknya di dalam 128 gram brokoli terdapat kandungan kalsium sebanyak 60 miligram. Tidak hanya kalsium, brokoli juga memiliki kandungan gizi lainya seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, dan juga serat, bahkan brokoli juga memiliki kandungan vitamin K yang dapat menjaga kesehatan tulang. 

Baca Juga: Ada Banyak! Berikut Ini Manfaat Brokoli yang Perlu Anda Ketahui

  1. Selada

Selain brokoli, selada juga merupakan salah satu makanan yang mengandung kalium. Setidaknya di dalam 50 gram selada terdapat kandungan kalsium sebanyak 19 miligram. Selain kalsium, selada juga memiliki beberapa kandungan gizi lainnya seperti kalium, protein, fosfor, dan juga serat. Tidak hanya kaya dengan gizi, selada juga memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga tidak akan membuat Anda menjadi gendut.

  1. Tahu

Salah satu makanan olahan kacang kedelai merupakan makanan yang mengandung kalsium selanjutnya, bahkan kandungan kalsium di dalam tahu sangatlah tinggi, dalam 120 gram tahu terdapat kandungan kalsium sebanyak 126 gram. Selain itu, tahu menjadi salah satu sumber protein yang sangat baik bagi para vegetarian. Di dalam tahu juga terdapat beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh berkat kandungan vitamin dan mineral. 

  1. Susu Kedelai

Selain susu sapi, susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium sehingga menjadi salah satu makanan yang masuk dalam kategori yang bisa Anda konsumsi. Setidaknya di dalam 200 ml susu kedelai terdapat kandungan kalsium sebanyak 240 miligram. Tidak hanya itu, susu kedelai juga rendah kalori sehingga tidak dapat membuat Anda bertambah berat badan. Susu kedelai ini sangatlah cocok bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Kacang Kedelai yang Perlu Anda Ketahui

  1. Keju

Produk hasil olahan susu ini merupakan makanan yang mengandung kalsium selanjutnya. Dari seluruh jenis keju mulai dari cheddar, hingga mozzarella maka keju parmesan merupakan keju  dengan kandungan kalsium terbanyak, bahkan di dalam 28 gram keju terdapat kandungan kalsium sebanyak 330 miligram. Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, keju parmesan juga dapat menjaga kesehatan pencernaan karena dapat meningkatkan bakteri sehat di dalam usus. 

  1. Ikan Sarden

Tahukah Anda, ternyata ikan sarden merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium yang cukup tinggi, bahkan dalam 100 gram ikan sarden sudah dapat memenuhi 35% kebutuhan kalsium harian Anda. Selain itu, bagian tubuh sarden yang paling banyak mengandung kalsium, yaitu tulang. Oleh karena itu, ketika mengonsumsi ikan sarden jangan menyingkirkan tulangnya. 

  1. Ikan Salmon

Makanan yang mengandung kalsium terakhir, yaitu ikan salmon. Mengonsumsi ikan salmon kalengan seberat 85 gram mampu mencukupi kebutuhan kalsium harian sebesar 21%. Selain itu, ikan salmon juga memiliki kandungan asam lemak omega-3  yang dapat menurunkan risiko kanker, mengendalikan tekanan darah hingga menjaga kesehatan otot. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai makanan yang mengandung kalsium. Perlu Anda ketahui, asupan kalsium untuk orang dewasa, yaitu 1000 miligram per harinya.  Untuk pria di atas 70 tahun dan wanita di atas 50 tahun sebanyak 1.200 miligram, sedangkan untuk anak-anak yang berusia 9-18 tahun membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1.300 miligram.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

WebMD. 2004. Top 10 Calcium-Rich Foods. 

Jennings, Kerri-Ann. 2018. Top 15 Calcium-Rich Foods (Many Are Non-Dairy).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi