Bantuan

Hati-hati Macet Saat Arus Balik Lebaran, Ini Tips Mencegah Dehidrasi Saat Mudik!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Apr 2022

Bagikan

tips mencegah dehidrasi saat mudik

Sudahkah Anda mengetahui apa saja tips mencegah dehidrasi saat mudik? Bagi umat Muslim rasanya tidak akan lengkap suasana lebaran jika tidak bersama keluarga dan sanak saudara. Itulah mengapa mudik menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu sebelum Lebaran.

Di Indonesia sendiri, mudik sudah seperti menjadi kebiasaan yang selalu terulang setiap tahunnya. Banyaknya masyarakat yang ingin melakukan mudik meningkatkan arus mudik itu sendiri, sehingga tak jarang kita sering menjumpai situasi macet di tengah perjalanan mudik.

Tips Mencegah Dehidrasi Saat Mudik

Kondisi mudik yang dilakukan di tengah teriknya matahari di siang hari, belum lagi jika macet melanda, memang berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, salah satunya yaitu dehidrasi. Tentu kita ingin menghindari terjadinya dehidrasi karena akan sangat mengganggu perjalanan mudik, bukan?

Agar perjalanan mudik berlangsung dengan aman dan nyaman, kita perlu menjaga kondisi fisik agar tetap prima. Mencegah dehidrasi adalah salah satu upaya penting yang tidak boleh diabaikan ketika sedang mudik. Adapun tips mencegah dehidrasi saat mudik di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Dehidrasi pada dasarnya terjadi ketika jumlah asupan cairan tubuh lebih sedikit dibandingkan jumlah yang dikeluarkan oleh tubuh. Agar hal ini tidak terjadi, cobalah untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama mudik dengan mengonsumsi paling tidak 7-8 gelas sepanjang hari.

Ketika sedang berada di perjalanan, jangan lupa untuk menyediakan air minum yang memadai di kendaraan yang Anda gunakan. Air minum ini harus dikonsumsi ketika rasa haus melanda, karena itu adalah tanda tubuh mulai mengalami dehidrasi.

  1. Menghindari minuman dengan kafein

Membawa minuman di perjalanan mudik memang merupakan salah satu tips yang esensial. Meskipun begitu, di sini Anda perlu menyadari bahwa minuman yang dimaksud bukanlah minuman yang memiliki kandungan kafein seperti teh atau kopi. 

Minuman dengan kafein hanya akan menyerap cairan tubuh karena sifatnya yang diuretik. Oleh karena itulah, tentu tidak mengherankan jika mengonsumsi terlalu banyak kopi atau teh, maka selama perjalanan mudik Anda kemungkinan besar akan lebih sering buang air kecil. Apabila dibiarkan, maka dehidrasi akan menjadi suatu hal yang tidak dapat terhindarkan lagi.

  1. Menghindari minuman dengan gula tinggi

Banyak dari kita memilih minuman manis dengan kandungan gula yang tinggi sebagai peneman mudik. Memang, minuman jenis ini sangatlah menyegarkan, namun dibalik itu minuman dengan kandungan gula tinggi hanya akan membuat Anda semakin haus.

Untuk itu, penting bagi kita untuk menghindari minuman manis dengan kandungan gula yang tinggi selama di perjalanan. Tips mencegah dehidrasi saat mudik ini tidak begitu banyak diketahui, namun memegang peranan yang cukup besar dalam menjamin perjalanan mudik yang aman dan nyaman.

  1. Mengonsumsi air kelapa muda

Jika pada pembahasan sebelumnya kita membahas tentang apa saja yang perlu dihindari, maka tips mencegah dehidrasi saat mudik berikutnya ini akan membahas tentang rekomendasi minuman yang perlu dikonsumsi, yakni air kelapa muda. Air kelapa muda memiliki kandungan elektrolit yang dibutuhkan agar keseimbangan cairan di dalam tubuh tetap terjaga.

Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan potasium yang dapat menjaga tubuh tetap bertenaga selama perjalanan mudik. Kandungan potasium ini juga diperlukan untuk mencegah tubuh mengalami  dehidrasi.

  1. Mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi

Asupan cairan tubuh tidak hanya dapat dipenuhi dengan mengonsumsi air putih atau air kelapa muda saja, melainkan juga bisa didapatkan dari buah-buahan tertentu yang memiliki kandungan air tinggi. Buah-buahan tersebut di antaranya adalah semangka, pir, apel, jeruk, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi buah-buahan untuk mencegah dehidrasi di atas juga bersifat mudah dan praktis dibawa dan dikonsumsi selama perjalanan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot dan bisa berduduk dengan santai menikmati perjalanan mudik.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai tips mencegah dehidrasi saat mudik yang perlu Anda ketahui. Sebelum melakukan perjalanan mudik, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dengan beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman dengan kandungan alkohol.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ini Beragam Obat yang Perlu Dibawa Saat Mudik agar Perjalanan Anda Menjadi Lebih Nyaman

Tag :
Referensi

Polson, Emily. 2019. How To Stay Hydrated While Traveling. https://www.platejoy.com/blog/how-to-stay-hydrated-traveling 

WebMD. 2021. How Can I Prevent Dehydration?. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/prevent-dehydration 

Mayo Clinic. Dehydration. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dehydration/symptoms-causes/syc-20354086#:~:text=To%20prevent%20dehydration%2C%20drink%20plenty,Vomiting%20or%20diarrhea 

Bagikan artikel ini