Bantuan
Free Tele x

Tidak Ingin Merasa Pegal Dan Nyeri? Ini Cara Menjaga Kesehatan Otot

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Tidak Ingin Pegal & Nyeri? Ini Cara Menjaga Kesehatan Otot

Anda sering merasa pegal dan nyeri, terutama setelah beraktivitas fisik yang cukup berat? Jika iya, maka menjaga kesehatan otot merupakan salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan. Dengan otot yang terjaga, Anda akan lebih kuat dan bebas dalam beraktivitas kedepannya, tanpa perlu khawatir menghadapi berbagai macam kendala dan hambatan akibat nyeri otot.

Cara Menjaga Kesehatan Otot Dengan Mudah

Kata siapa menjaga kesehatan otot itu sulit dan merepotkan? Faktanya menjaga kesehatan otot sangatlah mudah dan bisa Anda lakukan secara mandiri tanpa perlu mengeluarkan biaya, waktu, dan tenaga yang begitu banyak.

Cara-cara menjaga kesehatan otot yang akan dijelaskan di bawah ini dapat Anda integrasikan ke dalam aktivitas Anda sehari-hari, agar tidak memberatkan. Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan otot tersebut?

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Tahukah Anda bahwa otot akan bekerja dengan lebih keras seiring dengan tingginya angka berat badan seseorang? Ketika berat badan berada di atas angka normal, otot harus bekerja ekstra yang pada akhirnya akan menyebabkan kelelahan dan ketegangan otot. Hal ini kemudian akan menimbulkan rasa nyeri dan pegal yang tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. 

Perlu diketahui bahwa untuk menurunkan berat badan, Anda tidak harus selalu memaksakan diri untuk ke gym. Mulai program diet menurunkan berat badan Anda dengan mengatur pola makan, dan rutin melakukan aktivitas fisik. Dengan rutin menjalankan kedua kunci tersebut, lemak dalam tubuh tidak akan menimbun. 

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan Per Hari

Masih banyak dari kita yang mengabaikan konsumsi minimal 8 gelas air dalam sehari. Padahal, anjuran yang sering digemakan oleh Kementerian Kesehatan RI ini sangatlah penting dan dapat sangat bermanfaat bagi tubuh, termasuk dalam menjaga kesehatan otot. 

Tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi yang pada akhirnya akan menyebabkan penyebaran asam amino di seluruh otot. Hal ini jika dibiarkan dalam waktu yang lama, akan menyebabkan massa otot semakin berkurang, sehingga akan membuat Anda lebih mudah merasa lelah.

Tidak hanya itu saja, tubuh yang dehidrasi juga akan mengganggu proses penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otot.

Baca Juga: Seringkali Diabaikan, Berikut Ini Banyak Kebutuhan Air Per Hari Seseorang

  1. Melatih Otot

Salah satu hal yang menyebabkan kesehatan otot terganggu adalah karena otot tidak pernah dilatih, dan sering dianggurkan. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan otot, maka otot tubuh Anda perlu dilatih.

Dengan otot yang terlatih, ketahanan dan kekuatan fisik Anda akan semakin meningkat. Selain itu, jantung pun akan semakin kuat, dan tubuh secara keseluruhan pun akan semakin sehat dan bugar.

Melatih otot ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari latihan mengangkat beban, rutin melakukan jogging, bermain badminton, berenang, dan jenis-jenis olahraga lainnya yang menjadi preferensi Anda.

  1. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh ternyata juga memiliki dampak tertentu pada kesehatan otot Anda. Postur tubuh yang salah dapat menyebabkan tulang dan otot kelebihan beban, sehingga akan membuat keduanya bekerja dengan lebih keras. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, hal ini akan menyebabkan kesehatan otot menurun.

Untuk itu, biasakanlah duduk dengan tegak dengan cara merilekskan bagian pundak. Selain itu, biasakan pula posisi berdiri yang lurus dan tidak bertumpu pada lutut. Hindari postur tubuh yang membungkuk, dan sebaliknya tegakkan badan dan merilekskan pundak Anda.

  1. Konsumsi Makanan yang Dapat Menyehatkan Otot

Agar kesehatan otot terjaga, ada beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Makanan-makanan ini merupakan jenis makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh otot, yakni kaya akan protein, lemak baik, hingga karbohidrat. 

Adapun jenis-jenis dari makanan yang dapat menjadi pilihan untuk konsumsi Anda adalah ikan salmon dan ikan tuna, telur, dada ayam, kacang, dan masih banyak lagi. Jika perlu, Anda bisa menambahkan konsumsi minuman protein untuk menambah asupan protein harian.

Itulah dia beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan otot. Pada dasarnya, untuk mendapatkan otot yang sehat, Anda perlu membiasakan pola hidup yang sehat pula.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ternyata Faktor-Faktor Ini Yang Menjadi Penyebab Punggung Terasa Nyeri!

 

Sumber:

1. Michigan Medicine University of Michigan. Healthy Muscle.

2. NIH. Healthy Muscles Matter.

Tag :
Bagikan artikel ini