Bantuan
Free Tele x

Mari Berkenalan dengan Generasi Baby Boomer dan Ciri-cirinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Jun 2022

Bagikan

Mari Berkenalan dengan Generasi Baby Boomer dan Ciri-cirinya

Seperti apa sebenarnya generasi baby boomer dan ciri-cirinya? Istilah baby boomer mungkin sudah sangat tidak asing bagi sebagian orang, termasuk Anda. Generasi baby boomer atau milenial adalah pengelompokan seseorang berdasarkan tahun lahir, jadi mereka mempunyai sifat yang khas.

Generasi baby boomer ini merupakan mereka yang lahir antara tahun 1946 sampai 1964. Atau berusia 58 sampai 76 tahun pada tahun 2022. Generasi ini kerap kali disebut sebagai generasi yang memiliki pengaruh sebab terlibat dalam Woodstock, perang vietnam, dan gerakan hak asasi manusia. Sedangkan, orang tua dari generasi baby boomer disebut sebagai greatest generation dan silent generation

Terjadinya ledakan kelahiran disebut juga karena pulangnya tentara yang sebelumnya bertugas di perang dunia kedua, lalu kembali ke keluarga. Terlebih lagi, pemerintah memberi bantuan ekonomi dan juga pendidikan untuk keluarga veteran.

Sehingga, keluarga para veteran tersebut mendapatkan rasa nyaman dan aman untuk memiliki anak. Sekitar tiga sampai empat juta bayi per tahun lahir, sampai tahun 1964. Tahun 1946 sampai 1964 merupakan kelahiran terbesar sepanjang sejarah negara.

Baca juga: Begini Cara Mendidik Generasi Alpha di Tengah Kemajuan Teknologi



Generasi Baby Boomer dan Ciri-cirinya

Istilah ini muncul sesudah fenomena baby boom atau ledakan kelahiran bayi setelah perang dunia kedua. Dimana saat itu tak kurang dari 3.4 juta bayi lahir di Amerika Serikat pada tahun 1946. Oleh karenanya, angka tersebut menjadi sebuah rekor kelahiran di Negeri dengan julukan Paman Sam tersebut.

Terjadinya ledakan kelahiran tersebut dipercaya karena kondisi ekonomi Amerika Serikat yang membaik, sesudah masa great depression. Oleh karenanya, banyak keluarga yang sebelumnya menunda mempunyai anak, kemudian melepas batasan pada akhirnya. 

Di bawah ini adalah beberapa generasi baby boomer dan ciri-cirinya yang perlu Anda ketahui:

1. Menghargai hubungan

Generasi baby boomer dan ciri-cirinya yang pertama yakni mereka meyakini bahwa waktu yang dihabiskan bersama dengan keluarga dan orang terdekat, haruslah memiliki kualitas yang baik. Keyakinan tersebut juga didukung dengan kondisi mereka ketika mudah yaitu saat pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat meningkat sesudah terjadinya perang dunia kedua. 

2. Kepercayaan diri tinggi

Generasi baby boomer sangat percaya akan kemampuan diri sendiri, bahkan generasi ini dapat memengaruhi orang lain agar bekerja keras seperti apa yang mereka lakukan. 

3. Bisa melakukan segalanya

Anda tidak perlu heran bila melihat generasi baby boomers dapat membetulkan peralatan atau mengerjakan segala hal sendirian. Hal ini tidak lain karena generasi ini senang belajar banyak hal dengan otodidak. Bisa melakukan segala hal menjadi ciri khas dari generasi baby boomer. Generasi ini lahir di era televisi hitam putih, namun tetap bisa beradaptasi dengan baik di era sekarang yang modern. 

4. Fokus pada hasil

Kebanyakan generasi baby boomer harus bekerja keras dalam mencapai impian mereka saat ini atau bagaimana mereka dapat mencapai posisi mereka.

Baca juga: Cari Tahu Apa Itu Generasi Y dan Ciri-Cirinya

 

Jumlah Baby Boomer Saat Ini

Ledakan jumlah kelahiran pada generasi baby boomer tidak diimbangi dengan perbaikan kualitas kesehatan. Jumlah baby boomer saat ini sudah berada jauh di bawah generasi milenial. Bahkan, diprediksi akan disalip oleh generasi X yang lahir tahun 1965 sampai 1980 nantinya, tepatnya pada tahun 2028.

Salah satu studi menunjukkan bahwa generasi baby boomer mempunyai masalah pada fungsi otak, yang mana terlihat pada usia sekitar 52 tahun. Terjadinya penurunan fungsi otak nantinya akan menyebabkan demensia. Perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua baby boomer mengalami hal tersebut. Melainkan, hanya mereka yang mempunyai faktor risiko seperti di bawah ini:

Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan generasi baby boomer ini, bila Anda atau orang terdekat masuk ke dalam generasi ini. Maka, mulailah menjalani pola hidup sehat yakni dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Bukan hanya itu, generasi baby boomer juga dapat melakukan medical check up rutin dan bergerak aktif guna mendeteksi ancaman penyakit kronis dalam tubuh.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Dibesarkan di Lingkungan Serba Digital, Mari Kenalan Dengan Generasi Z dan Ciri-cirinya

Referensi

https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-truisms-wellness/201602/baby-boomers-generation-z

https://www.familysearch.org/blog/en/baby-boomer-generation-characteristics/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/baby-boomers-face-greater-cognitive-decline-than-previous-generations

https://www.pewresearch.org/fact-tank/2020/04/28/millennials-overtake-baby-boomers-as-americas-largest-generation/

Bagikan artikel ini