Bantuan

Cari Tahu Apa Itu Generasi Y dan Ciri-Cirinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Jun 2022

Bagikan

Cari Tahu Apa Itu Generasi Y dan Ciri-Cirinya

Mari mengenal lebih jauh apa itu generasi Y dan ciri-cirinya. Generasi Y adalah generasi paling milenial di antara generasi XYZ. Hal ini karena gelombang pertama generasi Y adalah orang dewasa ketika pergantian milenium 2000-an. Mereka yang lahir pada generasi ini (1977 sampai 1994) dikenal juga sebagai me generation.

Sebab generasi Y sangat berambisi dalam menguasai semua bidang yang ada. Jika dilihat dari sisi positif, maka ambisi tersebut melahirkan banyak inovasi baru seperti start up, teknologi termodern dan termutakhir, sampai jenis pekerjaan serta gaya hidup yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan. 

Generasi ini kerap kali dianggap sebagai generasi yang pemalas dan gemar menghamburkan uang. Dimana generasi ini dianggap lebih gemar memilih jajan es kopi di cafe daripada menabung untuk membeli rumah impian. Namun, generasi Y adalah generasi pertama yang bisa disebut sebagai digital native, hal ini diungkapkan oleh Abramsom.

Menurut Abramsom, hal tersebut membuat generasi ini menjadi sangat mandiri. Mereka tidak bergantung pada orang lain dalam memecahkan suatu masalah. Tidak perlu banyak mengajari generasi Y banyak hal sebab mereka memiliki internet untuk mencari tahu. 

Beberapa karakteristik yang dimiliki generasi Y adalah rasa ingin tahu, percaya diri, dan mempertanyakan otoritas. Generasi Y tidak takut mempertanyakan otoritas, yang mana hal tersebut sering kali dianggap buruk oleh generasi yang lebih tua.

Baca juga: Begini Cara Mendidik Generasi Alpha di Tengah Kemajuan Teknologi

 

Generasi Y dan Ciri-cirinya

Setiap generasi tentu memiliki ciri khas masing-masing, tidak terkecuali generasi Y. Tentu menjadi lebih baik jika Anda mengetahui apa saja ciri dari generasi Y. Di bawah ini adalah ciri khas dari generasi Y yang bisa Anda ketahui.

1. Ambisius

Mereka generasi milenial mempunyai rasa percaya diri yang sangat tinggi. Mereka juga memiliki ambisi yang sangat besar, maka dari itu tidak heran generasi Y banyak yang sudah sukses meski masih terbilang muda.

Baca juga: Merasa Tidak Percaya Diri? Berikut Ini Pengertian Insecure Beserta Gejala dan Cara Menanganinya

2. Rentan depresi dan stres

Generasi Y dan ciri-cirinya yang ambisius dan juga kemampuan interpersonal yang kurang. Merupakan kombinasi yang bisa menyebabkan mereka dari generasi Y menjadi rentan mengalami depresi dan stres. 

3. Memiliki kemampuan interpersonal terbatas

Generasi Y dan ciri-cirinya sangat bergantung pada teknologi, oleh karena itu tidak heran jika mereka mempunyai keterampilan interpersonal yang terbatas. Generasi Y mungkin saja terlihat ramah serta menyenangkan di akun media sosial, namun bukan tidak mungkin bahwa nyatanya mereka adalah tipe orang yang kesulitan dalam bergaul. 

4. Lebih terbuka perubahan

Salah satu generasi Y dan ciri-cirinya yakni terbuka pada adanya perubahan. Jika dibandingkan dengan generasi lainnya, generasi Y ini paling terbuka dalam pandangan ekonomi dan politik. Oleh karena itu, generasi Y terlihat lebih reaktif terhadap perubahan. 

5. Ketergantungan pada keberadaan teknologi

Generasi Y adalah generasi yang tidak dapat lepas dari gadget, sebab semua hal yang mereka lakukan kebanyakan berhubungan dengan internet. Mulai dari bekerja, bertukar pesan, sampai berkencan melalui aplikasi dating

Baca juga: Bahaya Gadget pada Kesehatan Mata

Generasi Y biasa dikenal sebagai generasi milenium atau milenial. Generasi ini lebih banyak menggunakan teknologi komunikasi instan atau serba cepat, seperti email, chat, dan lainnya. Ini dikarenakan generasi Y adalah generasi yang tumbuh di era internet mulai muncul atau booming. Bukan hanya itu, generasi Y juga sangat terbuka pada urusan ekonomi dan politik. Mereka juga reaktif akan adanya perubahan lingkungan yang ada di sekitarnya. 

Generasi Y memiliki komitmen terhadap perusahaan, menyukai peraturan yang tidak rumit, menjadikan pekerjaan sebagai sebuah prioritas, serta menyukai transparansi. Generasi Y dalam hal pekerjaan akan fokus pada tujuan bersama atau team orientation. Mereka menyukai timbal balik atau feedback dari orang lain serta gemar tantangan yang mengharuskan untuk ke luar dari zona nyaman.

Bukan hanya generasi Y, ada juga generasi sebelumnya yakni generasi baby boomer dan generasi X. Setelah generasi Y, ada generasi Z dan generasi alpha. Setiap generasi memiliki karakteristik atau ciri khas masing-masing. Baik dari sisi keterampilan, kemampuan bersosialisasi, cara belajar, dan banyak lainnya. Tiap karakteristik yang dimiliki setiap generasi, dipengaruhi oleh lingkungan atau era saat itu.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

https://fourhooks.com/marketing/the-generation-guide-millennials-gen-x-y-z-and-baby-boomers-art5910718593/

https://www.inc.com/peter-economy/9-powerful-tips-for-communicating-better-with-millennials.html

https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-truisms-wellness/201602/baby-boomers-generation-z

http://socialmarketing.org/archives/generations-xy-z-and-the-others/

https://parent.binus.ac.id/wp-content/uploads/2018/11/Generasi-X-Y-Z.pdf

https://www.familysearch.org/en/blog/baby-boomer-generation-characteristics

https://parenting.firstcry.com/articles/generation-alpha-characteristics-and-parenting-tips/

Bagikan artikel ini