Cegah Obesitas Anak dengan Diet Seimbang

10 Jul 2020 • Tips Kesehatan

Kenali pola makan tepat untuk mencegahi dan menangani obesitas pada anak. Kasus obesitas pada anak yang semakin meningkat perlu menjadi perhatian.

Sulitnya mendeteksi obesitas pada anak karena pertumbuhan yang cepat dan bervariasi pada setiap anak serta stigma masyarakat bahwa anak gemuk identik dengan sehat mungkin menjadi salah satu penyebab meningkatnya kasus obesitas pada anak.

Obesitas pada anak dapat menyebabkan beberapa masalah mulai dari rendahnya kepercayaan diri, risiko lebih tinggi untuk mengalami obesitas ketika dewasa, hingga timbulnya penyakit-penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung di kemudian hari.

Mencegah obesitas tentunya lebih baik daripada menangani anak dengan obesitas. Salah satu cara mencegah obesitas adalah dengan menerapkan kebiasaan makan yang tepat.

Memperkenalkan kebiasaan makan yang tepat dapat dimulai sejak bayi, yaitu dengan memberikan ASI eksklusif. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pemberian ASI eksklusif terbukti menurunkan risiko obesitas. ASI eksklusif diduga memperkenalkan kepada bayi sensasi kenyang sehingga tidak makan secara berlebihan.

Penyebab utama dari obesitas adalah energi yang masuk lebih besar daripada energi yang digunakan sehingga penting untuk mencegah obesitas dengan makan dengan porsi yang sesuai.

Anak perlu diperkenalkan perbedaan antara rasa lapar yang berasal dari perut dan rasa ingin makan yang berasal dari mulut. Selain itu, anak sebaiknya menggunakan piring sesuai ukuran anak sehingga porsi makan tidak berlebihan.

Ajari anak untuk mengambil makanan sedikit demi sedikit dan makan secara perlahan. Hindari makan sambal menonton TV atau menggunakan perangkat elektronik lainnya.

Di samping kebiasaan makan yang baik, nutrisi yang terdapat dalam makanan juga tak kalah penting. Pertama, anak perlu dibiasakan untuk makan sayur dan buah sebanyak 5 porsi atau lebih dalam sehari serta mengonsumi produk gandum utuh.

Selanjutnya adalah memilih produk olahan susu yang rendah lemak dibandingkan dengan susu full cream. Untuk sumber protein, pilihlah daging-dagingan tanpa lemak, makanan laut, atau telur dibandingkan dengan daging yang kaya akan lemak.

Anak juga perlu diajarkan untuk minum air mineral ketika haus dibandingkan dengan minuman-minuman bersoda atau berkadar gula tinggi. Konsumsi makanan, terutama makanan ringan, yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam perlu dibatasi. Tawarkan alternatif makanan ringan yang lebih sehat seperti yoghurt atau potongan buah-buahan.

Selain memerhatikan porsi dan kandungan makanan, beberapa kebiasaan lain juga dapat mencegah obesitas pada anak. Pastikan anak beraktivitas fisik cukup, yaitu sebanyak 60 menit per hari.

Hal ini dapat mengeluarkan energi yang didapat dari makanan. Penggunaan alat elektronik perlu dibatasi karena dapat mengurangi aktivitas fisik. Terakhir, pastikan anak tidur cukup karena kekurangan tidur dapat meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Apabila anak mengalami obesitas, mengurangi porsi makan secara ekstrem pada anak tidak dianjurkan. Orang tua sebaiknya berkonsultasi pada dokter ataupun ahli gizi. Umumnya, dokter atau ahli gizi akan menyarankan perubahan pada pola hidup dan pola makan keluarga mengingat lingkungan berperan dalam terjadinya obesitas pada anak.

Referensi:

  1. Julia M. Obesitas pada anak [internet]. Place unknown: IDAI; 2014 Jun 12 [cited 2020 May 22]. Available from: http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/obesitas-pada-anak
  2. Writer unknown. What can I do if my child is overweight? [internet]. United Kingdom: NHS; date unknown [updates 2018 Aug 10, cited 2020 May 22]. Available from: https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/overweight-children-advice-for-parents/
  3. Writer unknown. Helping your child who is overweight [internet]. Place unknown: NIH; date unknown [cited 2020 May 22]. Available from: https://www.niddk.nih.gov/health-information/weight-management/helping-your-child-who-is-overweight
  4. Writer unknown. Healthy weight: tips for parents [internet]. Place unknown: CDC; date unknown [updated 2020 Feb 4; cited 2020 May 22]. Available from: https://www.cdc.gov/healthyweight/children/index.html
  5. Writer unknown. Overweight children-healthy lifestyle tips [internet]. Place unknown: Better Health Channel; date unknown [cited 2020 May 22]. Available from: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/overweight-children-healthy-lifestyle-tips
  6. Kim J, L Hyunjung. Nutritional management in childhood obesity. J Obes Metab Syndr. 2019 Dec; 28(4): 225–235. doi: 10.7570/jomes.2019.28.4.225
  7. Pandita A, Sharma D, Pandita D, Pawar S, Tariq M, Kaui A. Childhood obesity: prevention is better than cure. Diabetes Metab Syndr Obes. 2016; 9: 83–89. doi: 10.2147/DMSO.S90783