Bantuan
Free Tele x

Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Manfaat Bangun Pagi bagi Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat bangun pagi untuk kesehatan, salah satunya mengurangi stres. Selain itu, orang yang bangun lebih pagi dipercaya bisa lebih sukses daripada mereka yang bangun siang. Kira-kira apa saja manfaat bangun pagi untuk kesehatan? Mari cari tahu sejumlah manfaat bangun pagi bagi kesehatan melalui ulasan berikut ini. 

 

Mengapa Harus Bangun Pagi?

Banyak orang yang mungkin mempertanyakan mengapa kita harus bangun pagi? Salah satunya, bangun pagi dipercaya dapat mengawali hari dengan lebih tenang. Hal ini bisa Anda rasakan ketika membandingkan perasaan antara bangun kesiangan dengan bangun lebih pagi. Apalagi jika Anda memiliki aktivitas yang padat sehingga perlu bangun lebih awal agar sempat sarapan.

Baca juga: Lebih Produktif dengan Tips dan Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Ini!

 

Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan 

Bangun pagi dalam hal ini berarti bangun di antara pukul 04.30 hingga 06.00. Berikut manfaat bangun pagi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

1. Menjadi Lebih Bahagia

Menjadi lebih bahagia merupakan salah satu manfaat bangun pagi untuk kesehatan. Ini karena bangun pagi dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa manula cenderung lebih bahagia daripada anak-anak karena sering bangun pagi. Sementara anak-anak hingga dewasa yang memiliki kebiasaan bermain atau bekerja hingga larut malam cenderung memiliki suasana hati lebih buruk. 

2. Tubuh Jadi Lebih Sehat dan Bugar

Selain menjadi lebih bahagia, bangun pagi dipercaya dapat membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Sebab Anda bisa lebih bersemangat untuk melakukan olahraga dan menghirup udara segar terlebih dahulu. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh orang sukses agar tubuh jadi lebih sehat. Terlebih olahraga dan menghirup udara segar di pagi hari dapat memberikan energi untuk beraktivitas dan memperbaiki suasana hati. 

3. Lebih Tenang

Dalam sebuah survei menunjukkan bahwa mereka yang menyukai bangun pagi karena bisa membuat tubuh jadi lebih tenang. Mengingat belum banyak orang yang melakukan aktivitas di pagi hari. Selain itu, bangun lebih pagi membuat kita jadi lebih santai karena belum banyak pesan masuk dan email di pagi hari yang kerap menimbulkan distraksi. Selebihnya Anda bisa melakukan aktivitas lainnya dengan lebih tenang. 

4. Terhindar dari Depresi

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan yang tidak kalah penting ialah terhindar dari depresi yaitu suatu kondisi emosional yang perlu dihindari oleh setiap orang. Dalam sebuah studi Journal of Psychiatric Research dikatakan bahwa orang yang bangun pagi di pukul 06.000 memiliki 25% kemungkinan lebih kecil mengalami depresi

 

Tips Mengatasi Susah Bangun Pagi

Susah bangun pagi dapat berakibat pada menurunnya kualitas diri karena waktu yang terbuang jadi tidak produktif. Selain itu, orang yang susah bangun pagi akan merasakan tubuhnya lemas dan mata berat. Jika Anda mengalaminya, berikut tips mengatasi susah bangun pagi, di antaranya: 

1. Kenali Jam Tidur

Jadwal tidur yang tidak beraturan bisa jadi salah satu penyebab susah bangun pagi sehingga Anda perlu mengenal jam tidur setiap harinya. Seperti kapan harus tidur dan bangun di waktu yang sama. Tidak hanya itu, usahakan Anda memiliki tidur yang cukup yaitu sekitar 7 hingga 8 jam. 

2. Olahraga secara Rutin

Olahraga secara rutin diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga tidak akan susah untuk bangun pagi. Beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda coba seperti renang, joging dan jalan santai minimal 30 menit sehari atau 3-5 hari dalam seminggu. Tidak hanya pagi hari, Anda bisa melakukan olahraga di malam hari dengan jarak 2 jam sebelum tidur.

Baca juga: Apa Sebenarnya Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh?

3. Jangan Gunakan Gadget Menjelang Tidur

Tips mengatasi susah bangun pagi yang tidak kalah penting ialah jangan menggunakan gadget menjelang tidur. Ini karena cahaya dari gadget dapat membuat mata tetap terjaga sebagai akibat dari produksi hormon melatonin yang terhambat. Oleh karena itu batasi penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. 

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan di antaranya menjadi lebih bahagia, tubuh jadi lebih sehat, lebih tenang dan terhindar dari depresi. Kebiasaan bangun pagi bisa dimulai dengan waktu tidur yang konsisten dan cukup yaitu sekitar 7-8 jam.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Mata Bengkak Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Referensi

Santos-Longhurst, Adrienne. 10 Reasons to Get Up Early — Because Early Rising Isn't Just for Birds. 2021. Available at: https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/benefits-of-waking-up-early#benefits (Accessed: 22 April 2022).

Herzing University: 8 Genius Tips for Waking Up Early (no date). Available at: https://www.herzing.edu/blog/8-genius-tips-waking-early (Accessed: 22 April 2022).

Bagikan artikel ini