Bantuan

Tidak Hanya Kurma, Ini Dia Berbagai Buah yang Bagus untuk Buka Puasa

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Apr 2022

Bagikan

menu sehat

Kurma merupakan buah yang bagus untuk buka puasa maupun sahur. Namun tahukah Anda, ternyata masih ada banyak buah yang bagus untuk buka puasa. Apakah Anda tahu apa saja buah yang bagus untuk buka puasa tersebut? Mari cari tahu berbagai buah yang bagus di bawah ini.

Buah yang Bagus untuk Buka Puasa

Setelah berpuasa seharian penuh, mengonsumsi makanan dan minuman segar merupakan hal yang menyenangkan. Untuk membuat buka puasa Anda semakin sehat, sebaiknya konsumsi beberapa buah-buahan yang bagus untuk buka puasa berikut ini.  

  1. Kurma

Kurma merupakan buah yang sangat identik dengan bulan Ramadan. Saat mendekati bulan Ramadan, Anda bisa menemukan buah yang satu ini dengan begitu mudah. Wajar saja, hal ini karena buah kurma memiliki kalori yang cukup padat sehingga bisa membuat tubuh kembali berenergi setelah berpuasa seharian. Tidak hanya itu, buah kurma juga memiliki kandungan protein, serat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 

  1. Semangka

Buah dengan kandungan air yang melimpah ini, sangat segar dijadikan hidangan berbuka puasa. Berkat kandungan air yang melimpah ini, buah semangka bisa kembali menghidrasi tubuh setelah berpuasa seharian. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu, di dalam semangka terdapat likopen yang mencegah penyakit jantung.  

  1. Melon

Selain semangka, buah yang mengandung banyak air lainnya yaitu melon. Buah yang satu ini, kerap kali diolah menjadi isian dalam es buah yang segar saat berbuka. Selain menyegarkan, melon ini juga mampu menghidrasi kembali tubuh setelah berpuasa seharian penuh. Tidak hanya itu, melon juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti vitamin A dan vitamin C. 

  1. Apel

Buah yang bagus untuk berbuka puasa selanjutnya yaitu apel. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah apel, salah satunya yaitu menjaga kesehatan sistem pencernaan karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh dari radikal bebas. 

  1. Mangga

Mangga merupakan buah yang bagus dikonsumsi saat berbuka puasa selanjutnya. Dengan mengonsumsi buah mangga, maka akan mengembalikan cadangan mineral dan vitamin dalam tubuh. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah mangga saat berbuka puasa juga membantu mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa seharian penuh. 

  1. Pisang

Buah yang sangat mudah didapatkan dan murah meriah ini, ternyata menjadi salah satu buah yang bagus untuk berbuka puasa. Dengan mengonsumsi buah pisang, maka energi yang hilang selama  berpuasa akan kembali pulih. Tidak hanya itu, pisang juga mampu mengembalikan keseimbangan elektrolit yang berubah selama berpuasa. Berbagai manfaat ini berkat kandungan mineral dan kalium yang ada di dalam pisang. 

  1. Pepaya

Buah yang bagus untuk buka puasa yang terakhir yaitu pepaya. Hal ini karena, pepaya memiliki kandungan beta-cryptoxanthin, betakaroten, lutein dan vitamin C. Berkat berbagai kandungan ini, pepaya mampu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Tidak hanya itu, pepaya juga bermanfaat mengatasi masalah buang air besar yang kerap terjadi selama berpuasa.

Tips Berbuka Puasa

Berpuasa dari pagi hari hingga petang, membuat rasa lapar dan haus yang tidak tertahankan. Namun tahukah Anda, melampiaskan rasa lapar dan haus ini dengan mengonsumsi makanan yang banyak saat berbuka adalah hal yang tidak benar. Jika Anda melakukan hal ini, maka akan terjadi gangguan pencernaan bahkan memicu terjadinya lonjakan gula darah. 

Cara yang tepat untuk berbuka puasa yaitu dengan membagi waktu makan menjadi dua sesi. Saat waktunya berbuka, cukup konsumsi segelas air dan beberapa potong buah. Kemudian tunaikan kewajiban sholat Magrib, lalu tunggu beberapa menit. Setelah itu, Anda sudah bisa mengonsumsi makanan utama, namun dengan porsi secukupnya saja. 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai buah yang bagus untuk buka puasa. Perlu diingat, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa, diantaranya yaitu makanan yang digoreng dan makanan yang tinggi lemak.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga:  Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Ramadhan dengan Menu Buka Puasa Sehat Ini!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Bochi, Rahaf Al. 2018. The Many Health Benefits of Dates. https://foodandnutrition.org/blogs/stone-soup/many-health-benefits-dates/

Health Change. ​​Ramadan Fasting: What to Eat During Iftar. https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/ramadan-fasting-eat-iftar 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang