Bantuan

Jenis-Jenis Susu dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Mar 2022

Bagikan

jenis susu

Sudahkah Anda mengenal berbagai jenis susu dan juga manfaatnya bagi kesehatan? Mungkin banyak dari Anda yang sering mengonsumsi susu namun tidak tahu, ternyata susu memiliki jenis yang berbeda-beda. Berbagai jenis susu ini umumnya dibedakan dari cara pengolahannya. Lalu apa saja berbagai jenis susu tersebut?

Jenis-jenis susu

Mungkin banyak dari Anda sering mendengar kata susu UHT ataupun susu murni. Ternyata kata tersebut merujuk pada jenis susu yang dibedakan dari cara pengolahannya. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis susu yang dibedakan berdasarkan pengolahannya. 

  1. Susu murni

Jenis susu yang pertama yaitu susu murni dari perahan sapi yang tidak ditambahkan  bahan apapun atau dikurangi. Seperti namanya, susu murni tidak melewati proses apapun. Satu-satu proses yang dilewati yaitu penyaringan manual untuk menghilangkan kotorannya. Oleh karena itu, susu murni memiliki kandungan asam amino mineral dan juga vitamin yang jauh lebih tinggi. Akan tetapi, susu murni tidak dapat bertahan lama. 

  1. Susu UHT

Susu UHT atau ultra high temperature merupakan jenis susu yang mungkin paling sering dan paling mudah untuk Anda temui. Sesuai dengan namanya, jenis susu ini diproses dengan dipanaskan pada suhu yang tinggi yaitu 135 derajat celcius selama 2 hingga 5 detik. Tujuan dari pemanasan ini yaitu untuk membunuh mikroorganisme yang berbahaya dalam susu. Oleh karena itu, susu UHT memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan susu murni. 

  1. Susu Evaporasi

Jenis susu yang terakhir yaitu susu evaporasi. Susu ini juga diproses dengan cara dipanaskan hingga sebagian besar kadar airnya menghilang. Nantinya, hasil dari pemanasan tersebut akan membuat susu mengental layaknya kental manis. Namun susu evaporasi bukanlah kental manis, yang membedakannya dengan kental manis yaitu tidak terdapat kandungan gula pada susu evaporasi. Cara mengonsumsinya yaitu mengencerkan susu evaporasi dengan air hangat. 

Manfaat susu bagi kesehatan

Lalu apa manfaat dari mengonsumsi susu? Susu memiliki berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, tidak heran jika susu bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi susu. 

  1. Menjaga kesehatan tulang

Salah satu manfaat susu yang paling terkenal yaitu menjaga kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan kalsium yang ada di dalam susu. Kalsium itu sendiri merupakan mineral utama yang terkandung di dalam tulang. Kalsium memiliki peranan penting diantaranya yaitu menjaga dan meningkatkan kekuatan tulang.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat mengonsumsi susu yang selanjutnya yaitu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena di dalam susu terdapat kandungan protein yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, terdapat juga kandungan vitamin A, serta berbagai jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari infeksi yang menyerang. 

  1. Meningkatkan massa otot

Susu memiliki kandungan protein yang dapat meningkatkan massa otot. Dalam sebuah studi yang meneliti efek susu kepada wanita yang rutin berolahraga, menunjukkan bahwa susu mampu meningkatkan massa otot tubuh. Bahkan beberapa diantaranya juga mengalami pengurangan lemak. 

  1. Meningkatkan energi

Selain memiliki kandungan protein, susu juga memiliki kandungan magnesium. Kandungan ini dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh dan menjaga fungsi saraf. Tidak hanya itu, susu juga memiliki kandungan asam amino yang bisa meningkatkan stamina tubuh baik setelah ataupun selama berolahraga. 

  1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat susu bagi kesehatan tubuh yang terakhir yaitu dapat meningkatkan fungsi otak. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan zat besi dalam yang ada di dalam susu. Zat besi dapat membentuk hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak. Apabila oksigen di otak tercukupi, maka fungsi otak dapat berjalan dengan baik. 

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai berbagai jenis susu dan juga manfaatnya bagi kesehatan. Walaupun susu memiliki banyak manfaat, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi susu secara berlebihan justru menimbulkan efek yang buruk. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengenal Manfaat Susu Evaporasi dan Kandungannya yang Tidak Bisa Dilewatkan

Referensi

Kubala, Jillian. 2018. 5 Ways That Drinking Milk Can Improve Your Health. https://www.healthline.com/nutrition/milk-benefits#TOC_TITLE_HDR_5

Ware, Megan. 2020. What to know about milk. https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451

Undeniably Dairy. What Is UHT, Or Ultra-Pasteurized, Milk?. https://www.usdairy.com/news-articles/uht-milk-what-is-ultra-high-temperature-milk 

Bagikan artikel ini