Bantuan

Lebih Produktif dengan Tips dan Cara Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Ini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Mar 2022

Bagikan

sarapan

Sudahkah Anda mengetahui tips dan cara mengatasi ngantuk di pagi hari? Ngantuk di pagi hari sering kali menyebabkan segala sesuatu menjadi tidak produktif. Oleh karena itu, mungkin banyak dari Anda yang berusaha menjadi cara mengatasi permasalah tersebut. Tidak perlu khawatir karena di dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengatasi ngantuk di pagi hari. 

Penyebab Kantuk Di Pagi Hari

Sebelum mengetahui cara mengatasi ngantuk di pagi hari, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui apa yang menyebabkan rasa kantuk di pagi hari ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab rasa kantuk di pagi hari. 

  1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Penyebab kantung di pagi hari yang pertama, yaitu karena gaya hidup yang tidak tidak sehat. Sebagai contoh, yaitu kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Padahal olahraga membantu tidur menjadi lebih nyenyak saat malam hari. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi kafein membuat Anda menjadi lebih sulit tidur saat malam hari. 

  1. Gangguan Psikologis

Beberapa gangguan psikologis mampu menyebabkan seseorang memiliki kualitas tidur yang rendah seperti kecemasan. Pasalnya, kecemasan membuat hasrat untuk tidur pada seseorang akan berkurang. Selain kecemasan, depresi juga dapat menjadi penyebab kantuk di pagi hari. Pasalnya orang yang depresi akan merasa tidak berenergi sehingga merasa ngantuk di pagi hari. 

  1. Gangguan Tidur

Penyebab mengantuk di pagi hari yang terakhir, yaitu karena gangguan tidur. Contohnya sleep apnea yang dapat adanya jeda napas secara berkala saat tidur. Gangguan tidur lainnya, yaitu insomnia yang membuat penderitanya akan mudah terbangun ataupun sulit untuk tidur. Tentu saja kondisi ini akan  membuat Anda merasa mengantuk di pagi hari. 

Cara Mengatasi Ngantuk Di Pagi Hari

Lalu bagaimanakah cara mengatasi ngantuk di pagi hari agar bisa lebih produktif? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ngantuk di pagi hari. 

  1. Sarapan

Cara mengatasi ngantuk di pagi hari yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu sarapan. Hal ini karena tubuh membutuhkan energi untuk beraktivitas maka dengan sarapan akan membantu memenuhi kebutuhan energi tersebut. Namun bagi Anda yang hendak berolahraga di pagi hari, maka lakukan sarapan setelah olahraga agar dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori yang lebih banyak. 

  1. Kurangi Kafein

Selain sarapan, Anda juga harus mengurangi konsumsi kafein untuk mengatasi ngantuk di pagi hari. Pada dasarnya, kafein dapat membuat tubuh lebih berenergi dan terjaga. Akan tetapi, kelebihan kafein justru membuat tubuh menjadi lebih cepat mengantuk dan lelah. 

  1. Merapikan Tempat Tidur

Ketika Anda telah bangun di pagi hari, maka segeralah untuk merapikan  tempat tidur. Hindari tempat tidur yang berantakan dan melakukan aktivitas seperti membaca buku, main game, dan lainnya di tempat tidur. Sebisa mungkin jadikan kamar hanya sebagai tempat untuk beristirahat. 

  1. Minum Air

Cara mengatasi ngantuk di pagi hari yang selanjutnya, yaitu minum air putih sebanyak 1 hingga 2 gelas ketika bangun. Hal ini bertujuan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama tidur. Dengan terpenuhinya kembali cairan tubuh maka tubuh akan terasa lebih segar. 

  1. Berjemur di Sinar Matahari Pagi

Sebaiknya Anda berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 5 hingga 10 menit setiap harinya. Pasalnya sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar serotonin yang mampu memperbaiki kualitas tidur. Apabila kualitas tidur membaik, maka ketika bangun tidur kan menjadi lebih segar. 

  1. Hindari Tidur Sore 

Hindari tidur sore atau tidur di atas jam 3 merupakan salah satu cara mengatasi ngantuk di pagi hari yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Hal ini karena dapat mengganggu ritme sirkadian. Jika ingin tidur, lakukanlah dari jam 1 siang hingga jam 3 sore. 

  1. Kurangi Stres

Cara mengatasi ngantuk di pagi hari yang bisa Anda lakukan terakhir, yaitu mengurangi stres. Pasalnya stres dapat menyebabkan tubuh menjadi kelelahan sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah tidur seperti insomnia.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi ngantuk di pagi hari agar lebih produktif. Apabila cara-cara di atas tidak dapat mengatasi permasalah Anda, maka bisa berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Memetik Manfaat Tidur dengan Cara Tidur yang Baik Menurut Kesehatan

Referensi

Longhurst, Adrienne Santos. 2019. Why Do I Keep Waking Up Tired? https://www.healthline.com/health/waking-up-tired-2

Garone, Sarah. 2020. 13 Fatigue-Fighting Hacks to Supercharge Your Mornings. https://www.healthline.com/health/morning-fatigue-remedies

First Post. 2020. 5 easy ways to beat early morning fatigue. https://www.firstpost.com/health/5-easy-ways-to-beat-early-morning-fatigue-8133661.html

Bagikan artikel ini