Bantuan
Free Tele x

Mata Bengkak Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Jan 2022

Bagikan

Mata Bengkak Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mengalami mata bengkak saat bangun tidur? Kondisi ini tentunya membuat Anda kesal. Pasalnya, mata bengkak ini biasanya akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman seperti ada yang mengganjal. Tidak hanya itu, mata bengkak ini juga dapat mengganggu penampilan dan membuat Anda malu untuk beraktivitas. 

Baca Juga: Inilah Cara Mengobati Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Penyebab Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

Mata bengkak merupakan kondisi yang dapat dialami oleh siapapun. Kondisi ini dapat terjadi karena kulit mengalami penuaan. Ditambah lagi, kulit bagian bawah mata sangatlah tipis. Sehingga, ketika terjadi penambahan usia, maka lemak yang ada di kelopak mata akan turun dan mengendap pada bagian bawah kelopak mata. 

Namun, untuk mata bengkak yang terjadi saat bangun tidur biasanya disebabkan oleh pembengkakan jaringan. Pembengkakan jaringan ini disebabkan bertambahnya jumlah cairan yang ada pada bagian mata yang bengkak. Selain itu, kondisi ini juga biasanya dialami oleh wanita yang sedang memasuki masa menstruasi. 

Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan munculnya mata bengkak saat bangun tidur. Berikut ini beberapa penyebab mata bengkak bisa muncul.

  • Menangis terlalu lama

  • Terlalu sering menerima paparan sinar matahari

  • Waktu tidur tidak mencukupi

  • Alergi

  • Kondisi kesehatan tertentu

  • Faktor genetik

Mengatasi Mata Bengkak Saat Bangun Tidur

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan mata bengkak saat bangun tidur tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan mengenai cara mengatasi mata bengkak di bawah ini. 

Baca Juga: Wajib 6-7 Jam Sehari, Ini Manfaat Tidur bagi Kesehatan

  1. Tempelkan kompres hangat

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata bengkak yang pertama yaitu dengan menempelkan kompres hangat. Kompres hangat ini bermanfaat dalam meredakan berbagai macam pembengkakan. Pasalnya, suhu hangat ini akan melancarkan aliran darah dan menghilangkan berbagai penyumbatan yang terjadi. Cara menggunakannya  yaitu, cukup rendam kain di dalam air hangat lalu tempelkan pada mata yang bengkak beberapa menit. 

  1. Tempelkan kompres dingin

Tidak hanya kompres hangat, Anda juga bisa menggunakan kompres dingin untuk mengatasi mata bengkak saat bangun tidur ini. Kompres dingin ini efektif mengatasi mata bengkak yang disebabkan karena terlalu banyak menangis ataupun kurang tidur. Tidak hanya, kompres dingin ini juga efektif mengatasi bengkak karena alergi karena dapat meredakan rasa gatal. Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu dengan merendam kain di dalam air dingin. Setelah itu, tempelkan pada mata yang bengkak beberapa menit. 

  1. Perbaiki waktu tidur

Sudah sempat disebutkan  sebelumnya, salah satu penyebab mata bengkak yaitu karena waktu tidur yang tidak cukup. Jadi, cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk mengatasi mata bengkak yaitu memperbaiki waktu tidur. Setidaknya, orang dewasa membutuhkan tidur selama 6-7 jam dalam sehari. Jika, Anda sulit untuk tidur dimalam hari, cobalah untuk membuat tempat tidur senyaman mungkin. Selain itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein dan penggunaan alat elektronik sebelum tidur. 

  1. Gunakan krim wajah

Anda juga bisa menggunakan krim wajah untuk mengatasi mata bengkak saat bangun tidur. Krim wajah ini membantu meredakan pembengkakan yang terjadi. Namun perlu diperhatikan, pilihlah produk krim wajah yang telah bersertifikat BPOM agar keamanannya terjamin. Tidak hanya itu, pastikan juga Anda memiliki produk krim wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah untuk meminimalkan risiko munculnya alergi. 

  1. Hindari pemicu alergi

Cara yang bisa Anda lakukan terakhir untuk mengatasi mata bengkak saat bangun tidur yaitu menghindari pemicu alergi. Beberapa pemicu alergi yang umum terjadi yaitu debu, kotoran, kosmetik, dan produk perawatan wajah yang tidak cocok. Apabila Anda mengalami alergi, cobalah mengonsumsi obat alergi berupa antihistamin. Namun, jika obat ini tidak mampu meredakan alergi, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Demikian beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mata bengkak saat bangun tidur yang bisa Anda lakukan. Umumnya, mata bengkak ini tidak berbahaya dan dapat hilang dalam beberapa saat.  Akan tetapi, jika bengkak ini terjadi berulang kali ataupun pembengkakan tidak kunjung berkurang, bisa saja menandakan masalah kesehatan lain. Jadi, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Johnson, Jon. 2020. What causes a puffy face in the morning?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/puffy-face-in-the-morning
  2. Bedinghaus, Troy. 2021. Common Causes of Eyelid Swelling. https://www.verywellhealth.com/top-causes-of-eyelid-swelling-3422114
Bagikan artikel ini