Bantuan
Free Tele x

Apa Sebenarnya Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Nov 2021

Bagikan

Apa Sebenarnya Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Tubuh?

Banyak disarankan untuk dilakukan, apa sebenarnya manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh? Beragam manfaat olahraga yang dapat Anda rasakan, mulai dari jangka pendek sampai jangka panjang. Disebutkan bahwa tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh atau fisik, namun olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang. Olahraga sendiri adalah gerakan tubuh yang dapat memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan, mulai dari olahraga ringan sampai olahraga intens. Berjalan, berenang, berlari, menari, yoga, bersepeda menjadi sedikit contoh dari banyaknya jenis olahraga yang biasa orang lakukan. 

Baca Juga: Fungsi Screening adalah Mencegah Cedera Olahraga, Berikut ini Jenis-jenisnya

Manfaat olahraga

Berikut beberapa manfaat olahraga yang dapat Anda dapatkan dengan rutin melakukannya :

  1. Mengendalikan diabetes, dimana dengan rutin berolahraga akan membantu mengurangi lemak tubuh. Sehingga, dapat mencegah juga mengendalikan diabetes tipe 2.

  2. Menurunkan hipertensi, dengan berkurangnya lemak tubuh karena rutin berolahraga, maka terjadi juga penurunan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.  

  3. Menangkal obesitas, jika Anda rutin melakukan aktivitas fisik maka akan mampu mengurangi lemak tubuh. Tak hanya itu, juga dapat membantu membangun massa otot serta meningkatkan metabolisme tubuh. Apalagi jika disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga juga bisa membantu menurunkan berat badan. Sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit. 

  4. Membantu cegah penyakit jantung, manfaat olahraga  ini dimana jika Anda berolahraga rutin setiap hari akan membantu mencegah penyakit jantung. Tak hanya jantung, namun juga dapat mencegah stroke. Hal ini karena olahraga dapat memperkuat otot jantung, meningkatkan tingkat kolesterol baik, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Juga olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung ketika mengalirkan darah. 

  5. Mencegah sakit punggung, dengan berolahraga tentu saja akan meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot dan fleksibilitas tubuh sehingga disebutkan bahwa manfaat olahraga lainnya adalah untuk mencegah sakit punggung. 

  6. Menurunkan berat badan, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa gaya hidup yang tidak aktif merupakan faktor utama bertambahnya berat badan dan obesitas. Hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi adalah dimana tubuh Anda menghabiskan energi dengan tiga cara, yaitu berolahraga, mencerna makanan, dan mempertahankan fungsi tubuh, misalnya detak jantung dan pernapasan. Ketika melakukan diet, asupan kalori Anda akan menurunkan tingkat metabolisme tubuh sehingga akan menunda penurunan berat badan. Berbeda dengan olahraga yang mana jika teratur dilakukan, terbukti meningkatkan laju metabolisme. Tentu saja ini akan membakar lebih banyak kalori dan bantu Anda menurunkan berat badan. 

  7. Jaga kesehatan dan memori otak, melakukan olahraga teratur dapat meningkatkan fungsi otak. Selain itu, juga akan melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir. Olahraga dapat meningkatkan denyut jantung, yang mana memicu aliran darah juga oksigen ke otak Anda. Hal ini menjadi manfaat olahraga yang mana merangsang produksi hormon dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak. Melakukan olahraga terlah terbukti dapat mengurangi perubahan pada otak, yang menyebabkan penyakit alzheimer dan skizofrenia. 

  8. Baik untuk tulang dan otot, olahraga berperan dalam membangun dan mempertahankan kekuatan tulang dan otot. Salah satu olahraga yang dapat merangsang pembentukan otot adalah angkat beban. Namun, juga diiringi dengan asupan protein yang memadai. Hal ini dikarenakan olahraga mampu bantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot, untuk menyerap asam amino. Dengan berjalannya waktu, manusia cenderung kehilangan massa dan fungsi otot, yang mana dapat menyebabkan cedera dan cacat. Rutin berolahraga sejak dini dapat membantu bangun kepadatan tulang saat masih muda. Juga bantu mencegah terkena osteoporosis di maka yang akan datang. 

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, dengan berolahraga juga memberikan manfaat dimana Anda akan merasa lebih bahagia. Dimana dengan berolahraga akan meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi, mengurangi kecemasan, dan mengurangi stres. Disebutkan bahwa olahraga dapat meningkatkan sensitivitas dan norepinefrin, yang mana akan menghilangkan perasaan depresi. Hormon endorfin juga ditingkatkan produksinya, hormon ini diketahui bantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri. Banyak manfaat dengan Anda berolahraga, maka dari itu yuk mulai olahraga!

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Penting Dilakukan Sebelum Olahraga, Ini Gerakan dan Manfaat Pemanasan Yang Perlu Anda Ketahui

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami