Diabetes dan Berbagai Komplikasinya

01 Jul 2020 • Diabetes

Mengenal dan berhati-hati terhadap berbagai komplikasi diabetes

Penyakit diabetes nampaknya tak lagi asing bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, jumlahnya semakin hari kian meningkat. Dikutip dari World Health Organization, diperkirakan 422 juta orang di dunia memiliki diabetes.

Jumlah penderita diabetes tipe-2 meningkat secara drastis dalam tiga dekade terakhir. Diabetes juga bertanggung jawab atas kematian dari 1,6 juta orang per tahunnya. 

Hal yang paling berbahaya dari diabetes hingga dapat menyebabkan kematian adalah berbagai komplikasi yang ditimbulkan. Diabetes meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit mematikan.

Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Hal inilah yang menimbulkan berbagai komplikasi pada penderita diabetes.

Komplikasi pada penderita diabetes dapat berupa komplikasi kronik maupun akut. Komplikasi akut dari diabetes meliputi hipoglikemia atau kadar gula darah terlalu rendah, hiperglikemia atau kadar gula darah berlebih, hyperosmolar hyperglicemic state (HSS), dan diabetes ketoacidosis (DKA).

HSS dan DKA merupakan komplikasi akut yang dapat mengancam nyawa. HSS terjadi pada penderita diabetes tipe 2 akibat dehidrasi parah dan kadar gula darah yang terlampau tinggi.

DKA terjadi akibat insulin tidak dapat menyediakan energi yang cukup sehingga tubuh membakar lemak untuk memenuhi kebutuhan energi. Pembakaran lemak menghasilkan zat kimia bernama keton.

Keton yang terlalu banyak dapat menjadi racun bagi tubuh karena membuat darah menjadi lebih asam. Ketoasidosis dapat menyebabkan koma hingga kematian.

Komplikasi kronik juga menghantui penderita diabetes. Seperti yang telah dijelaskan, diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang memberikan nutrisi ke berbagai jaringan dan organ pada tubuh.

Kerusakan pada pembuluh darah menyebabkan beberapa komplikasi seperti penyakit mata atau retinopati diabetes, komplikasi pada kulit dan kaki, penyakit pada sistem persarafan akibat tidak mendapat nutrisi yang cukup atau neuropati diabetes, gangguan pendengaran, hingga penyakit kardiovaskular dan stroke.

Komplikasi lain yang timbul akibat diabetes antara lain penyakit pada ginjal atau nefropati diabetes, penyakit pada mulut seperti radang gusi dan karies, permasalahan seksual, dan kanker.

Timbulnya satu komplikasi meningkatkan risiko terjadinya komplikasi lainnya sehingga penderita diabetes perlu lebih berhati-hati apabila telah muncul komplikasi. Meskipun terdengar menyeramkan, penderita diabetes dapat mencegah terjadinya berbagai komplikasi tersebut.

Pencegahan komplikasi dilakukan dengan mengontrol diabetes dengan menjaga kadar gula darah, mengubah gaya hidup dengan diet sehat dan beraktivitas fisik, berhenti merokok, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setidaknya setahun sekali.

Referensi:

  1. Papatheodorou K, Banach M, Bekiari E, Rizzo M, Edmonds M. Complications of diabetes 2017. J Diabetes Res. 2018; 2018: 3086167. doi: 10.1155/2018/3086167
  2. Mancia G, Matrougui K, Odorico JS, Zhang SX, Siraj ES. Diabetic complication [internet]. Place unknown; Journal of Diabetes Research and Clinical Metabolism; date unknown [cited 2020 Apr 4]. Available from: http://www.hoajonline.com/jdrcm/section/Diabetic_Complications
  3. Writer unknown. Complications [internet]. Place unknown: American Diabetes Association; date unknown [cited 2020 Apr 10]. Available from: https://www.diabetes.org/diabetes/complications
  4. Writer unknown. Complications of diabetes [internet]. Place unknown: Diabetes UK: date unknown [cited 2020 Apr 10]. Available from: https://www.diabetes.org.uk/guide-to-diabetes/complications
  5. Writer unknown. Complications of diabetes [internet]. Place unknown: Diabetes NSW & ACT; date unknown [cited 2020 Apr 10]. Available from: https://diabetesnsw.com.au/about-diabetes/type-2-diabetes/about-type-2/complications/
  6. Writer unknown. Diabetes [internet]. Place unknown: World Health Organization; date unknown [cited 2020 Apr 10]. Available from: https://www.who.int/health-topics/diabetes#tab=tab_1