Bantuan
Free Tele x

Anak Sembelit? Berikut Cara Mengatasi Susah BAB pada Anak?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Anak Sembelit? Berikut Cara Mengatasi Susah BAB pada Anak?

Si kecil mengalami konstipasi atau susah BAB? Apa penyebab sembelit pada anak? Bagaimana cara mengatasi sembelit pada anak? 

 

Apa Itu Sembelit?

Sembelit adalah suatu kondisi di mana seseorang sulit buang air besar dalam waktu kurang lebih 3 minggu. Meski begitu, frekuensi buang air besar tidak bisa disamakan karena setiap orang memiliki kebiasaan berbeda. Ada yang setiap hari atau dua hari sekali. Sembelit memang termasuk penyakit umum dan mudah sembuh namun harus berhati-hati jika sembelit tidak sembuh dalam waktu 3 minggu berturut-turut.  

 

Penyebab Sembelit Pada Anak

Sebelum membahas seputar cara mengatasi susah BAB pada anak, ada beberapa penyebab sembelit yang perlu Anda ketahui agar dapat diatasi dengan tepat. Berikut penyebab sembelit pada anak, di antaranya: 

1. Makanan

Makanan merupakan salah satu penyebab sembelit yang umum terjadi pada anak hingga dewasa. Terlebih jika anak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan rendah serat. Misalnya makanan cepat saji, minuman ringan, dan makanan bernutrisi. Selain itu, perubahan pola makan seperti ASI ke susu formula atau makanan padat dapat menjadi pemicu sembelit pada anak.

2. Kurang Olahraga

Penyebab sembelit pada anak selanjutnya adalah kurang olahraga. Misalnya ketika anak banyak menonton TV dan bermain game. Padahal olahraga dapat membantu memindahkan makanan dicerna melalui usus sehingga risiko sembelit pada anak bisa dihindari. Cobalah sempatkan waktu untuk berolahraga bersama anak selama beberapa menit.

Baca juga: Waktu Terbaik Untuk Berolahraga

3. Kondisi Fisik

Kondisi fisik bisa jadi salah satu penyebab anak mengalami sembelit. Misalnya masalah fisik pada saluran usus, anus atau rektum. Selain itu, masalah pada sistem saraf (cerebral palsy) dan endokrin dapat menjadi pemicu anak mengalami sembelit. Bahkan pengaruh obat-obatan dan suplemen turut mempengaruhinya. 

 

Cara Mengatasi Susah BAB pada Anak

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, Anda bisa mencoba cara mengatasi susah BAB pada anak sebagai penanganan pertama setelah mengalami gejala sembelit. Berikut cara mengatasi susah BAB pada anak, di antaranya:

1. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan merupakan cara mengatasi sembelit pada anak agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain itu, cairan di dalam tubuh yang tercukupi dapat melembutkan feses yang keras. Jika si kecil tidak mau minum air mineral, coba buat infused water. Misalnya dengan memasukkan potongan buah seperti apel, stroberi, dan lemon ke dalam segelas air putih sehingga membuat si kecil lebih tertarik untuk minum.

2. Memberikan Jus Lemon

Selain kebutuhan cairan dari air mineral, Anda bisa memberikan jus lemon untuk memudahkan si kecil buang air besar. Ini karena lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu menarik air lebih banyak ke dalam usus. Ketika kandungan air meningkat di dalam usus maka perut si kecil akan terangsang untuk buang air besar. 

3. Memijat Perut

Cara mengatasi susah BAB pada anak selanjutnya ialah dengan memijat perut secara tepat. Anda bisa memijat halus perut si kecil searah jarum jam seperti halnya menguleni roti. Kemudian usap arah kedua panggul secara perlahan menuju selangkangan. Lakukanlah sambil berbicara dengan si kecil dan gunakan minyak telon agar anak semakin nyaman. 

4. Penuhi Kebutuhan Seratnya

Memenuhi kebutuhan serat memiliki peranan penting bagi pencernaan si kecil. Anda bisa memenuhi kebutuhan seratnya dengan memberikan sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Salah satu buah yang terbilang baik untuk mengatasi sembelit ialah kiwi. Sebab di dalam 100 gram kiwi mengandung 2-3 gram serat. Adapun anak dianjurkan untuk mengonsumsi serat 0,5 gram hingga 35 gram serat setiap harinya.

Melalui ulasan sebelumnya, Anda telah mengetahui beberapa cara mengatasi susah BAB pada anak yang mana bisa dicoba di rumah seperti mencukupi kebutuhan cairan, memberikan jus lemon, memijat perut dan memenuhi kebutuhan seratnya. Agar hasilnya lebih maksimal, coba pahami beberapa penyebab sembelit pada anak agar langkah pengobatannya tepat.

Baca juga: Sembelit? Ini Cara agar BAB Lancar Saat Puasa yang Bisa Anda Lakukan

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic: Constipation in children. 2021. Available at: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation-in-children/diagnosis-treatment/drc-20354248 (Accessed: 21 April 2022).

NIH: Symptoms & Causes of Constipation in Children. 2018. Available at: https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/constipation-children/symptoms-causes (Accessed: 21 April 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang