Bantuan

Jangan Anggap Remeh, Berikut Ini Peran Ayah untuk Anak agar Memiliki Karakter Baik

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Jun 2022

Bagikan

Berikut Ini Peran Ayah Untuk Anak Agar Memiliki Karakter Baik

Sudahkah Anda tahu bahwa peran ayah untuk anak memiliki karakter baik, menjadi sangat penting? Selain ibu, ayah memiliki peran dalam perkembangan karakter sang anak. Bahkan, peran ayah dibutuhkan sejak anak masih dalam kandungan ibu. Ayah berperan dalam menentukan seperti apa pembentukan karakter anak, dari masih anak-anak sampai nanti dewasa. Bukan hanya itu, dukungan ayah dibutuhkan guna perkembangan emosional, sosial, dan juga kognitif buah hati. Anak yang memperoleh pengasuhan dari ayah dalam kesehariannya, cenderung mempunyai rata-rata nilai IQ yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena stimulasi interaksi ayah, yang mana menekankan eksplorasi kritis dan analitis. Oleh karenanya, perkembangan otak anak pun menjadi lebih berkembang. 

 

Peran Ayah dalam Pembentukan Karakter Anak

Ketika mempunyai anak, maka itulah saatnya ayah melakukan peran ayah untuk anak dengan segala kemampuan. Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan guna membantu peran ayah untuk anak.

 

  1. Buat anak percaya diri

Saat ayah menunjukkan rasa kasih sayang pada anaknya, maka secara tidak sadar anak akan menanamkan perasaan bahwa ayah adalah seorang yang berharga. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak, sehingga anak juga bisa menghargai serta mencintai dirinya sendiri. Membuat anak menjadi percaya diri menjadi salah satu cara agar anak mempunyai karakter baik. Dimana karakter positif ini juga dapat membuat anak bisa bersosialisasi dengan lebih baik. Bukan hanya itu saja, dengan rasa percaya diri, maka anak menjadi lebih yakin serta sigap ketika menyelesaikan tugas. 

  1. Melatih emosi anak

Bila emosi anak sering meledak, mungkin saja hal tersebut terjadi karena anak yang kurang memperoleh perhatian dari sang ayah. Diketahui bahwa anak yang memperoleh cukup perhatian dari ayah, cenderung mempunyai kondisi emosional yang stabil, berani mengeksplorasi lingkungan sekitar, dan juga merasa nyaman. 

Baca juga: Melatih Motorik Anak di Rumah

 

  1. Menjaga kesehatan mental sang anak

Salah satu hal yang dapat membantu peran ayah untuk anak agar memiliki karakter baik yakni dengan menjaga kesehatan mental buah hati. Campur tangan ayah dalam pertumbuhan anak dapat membuat anak terhindar dari gangguan mental di hari kedepannya. Anak dengan ikatan kuat dengan ayah, akan lebih cerdas dalam mengendalikan stres saat mulai beranjak dewasa. Hal ini jika dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki hubungan baik dengan ayah. 

 

Peran Ayah untuk Anak

Terbukti jika anak yang diasuh oleh ayah dalam masa tumbuh kembangnya, mempunyai sedikit masalah perilaku. Hal tersebut telah terbukti secara ilmiah, juga anak menjadi seorang yang lebih baik dalam sosial maupun akademis. Perlu Anda perhatikan bahwa peran dan juga kehadiran ayah dalam keluarga, akan sangat memengaruhi karakter anak. Sehingga, tidak dapat dipungkiri bahwa ayah memiliki peran dalam keluarga yang sangat penting, serta tidak akan tergantikan oleh siapa pun. Ketika anak baru lahir, kemudian ibu sedang menstabilkan kondisi dan juga menata diri setelah kelahiran, saat itulah sosok ayah akan sangat dibutuhkan. 

Dalam keluarga, salah satu peran ayah adalah momen dimana ayah memberikan rasa nyaman dan aman pada ibu dan bayi. Tindakan ayah ketika memeluk bayi, menatap bayi, menggendong bayi, serta menatap bayi sebagai sumber kebahagiaan dan juga kenyamanan. Di saat seperti itulah, sosok ayah dibutuhkan guna memberikan stimulasi fisik yang lebih banyak daripada ibu. Tindakan ayah tersebut akan membantu mendorong perkembangan otak anak yang lebih sehat lagi. Bila anak memperoleh cukup kasih sayang dari ayah dan ibu, maka anak akan tumbuh menjadi individu yang sukses dan bahagia. 

Peran ayah terus berlanjut dari bayi tumbuh menjadi balita, yang mana anak akan menjadi lebih aktif juga mempunyai rasa ingin tahu tinggi. Anak mempunyai ketertarikan dalam mengeksplorasi hal baru yang ada di sekelilingnya. Pada fase tersebut, maka peran ayah untuk anak adalah sebagai seorang pemandu. Dimana pemandu akan membantu anak dalam menjelajahi rasa ingin tahu yang ia miliki. Namun, tidak lupa ayah juga memberikan batasan rasa ingin tahu sang buah hati. 

Peran ayah untuk anak tidak kalah penting dengan peran ibu, apalagi untuk membangun karakter anak yang baik. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

 

 

Baca juga: Mari Mengenal Lebih Jauh Ciri Strict Parents dan Dampaknya pada Anak

 

Referensi

Being The Parent. Diakses pada 2020. Father’s Role In Effective Parenting

Bagikan artikel ini