Bantuan

Sembelit? Ini Cara agar BAB Lancar Saat Puasa yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Apr 2022

Bagikan

cara agar bab lancar

Apakah Anda sedang mencari cara agar BAB lancar saat puasa? Jika iya, berarti Anda telah berada di artikel yang tepat, pasalnya di bawah ini telah disediakan informasi mengenai cara agar BAB lancar dan penyebabnya. Jadi, simak terus penjelasan mengenai cara agar BAB lancar saat puasa di bawah ini. 

Sulit BAB merupakan salah satu gangguan yang kerap dialami selama puasa. Namun sebenarnya ini kondisi yang umum terjadi karena perubahan pola makan yang cenderung lebih sedikit. Akan tetapi, kondisi ini membuat rasa yang tidak nyaman karena harus mengejan lebih lama. Oleh karena itu, masalah ini perlu untuk diatasi. 

Penyebab Sulit BAB Saat Puasa

Sebelum Anda mengetahui apa saja cara agar BAB lancar saat puasa, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja penyebab BAB menjadi tidak lancar. Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan BAB menjadi tidak lancar. 

  • Kurangnya asupan serat

Penyebab BAB tidak lancar yang pertama yaitu kurangnya asupan serat. Padahal, serat merupakan asupan yang penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Pasalnya, serat ini akan membantu meningkatkan gerak peristaltik usus yang membuat makanan bisa tercerna dengan mudah.  

  • Kurangnya asupan cairan

Tidak makan dan minum saat berpuasa, mungkin penyebabnya beberapa dari Anda mengalami kekurangan cairan. Padahal, air memiliki peran untuk melarutkan zat-zat makan dan mengangkut sisa makan ke sistem pembuangan tubuh. Oleh karena itu, saat Anda kekurangan cairan maka sisa makan tidak dapat di bawah ke sistem pembuangan tubuh. 

  • Terlalu sering menahan BAB

Apakah Anda sering menunda-nunda BAB? Sebaiknya jangan lakukan lagi. Pasalnya, terlalu sering menunda atau menahan rasa BAB akan membuat feses yang ada di dalam usus menjadi kering dan keras. Pada akhirnya, feses ini akan sulit keluar dan Anda mengalami sembelit. 

Cara agar BAB Lancar Saat Puasa

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab BAB tidak lancar saat puasa, selanjutnya ketahui beberapa cara agar BAB lancar saat puasa. Di bawah ini ada beberapa cara mencegah BAB tidak lancar saat puasa yang bisa Anda lakukan. 

  1. Konsumsi makanan berserat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab BAB tidak lancar adalah kurangnya asupan serat. Oleh karena itu, untuk mencegah BAB tidak lancar yaitu dengan mengonsumsi makanan berserat. Beberapa makanan yang mengandung serat yaitu buah, gandum dan kacang. Sebaiknya kurangi makanan yang mengandung serat seperti makanan kalengan dan daging. 

  1. Cukupi asupan cairan

Walaupun selama berpuasa dilarang minum air dari pagi hingga petang, bukan berarti Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan cairan harian. Setidaknya Anda perlu minum sebanyak 6-8 gelas per harinya. Waktu yang bisa Anda gunakan untuk minum yaitu saat berbuka, sebelum sholat Tarawaih, setelah sholat Terawih, sebelum tidur, bangun tidur dan saat imsak. 

  1. Olahraga

Cara agar BAB lancar saat puasa yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga ringan. Dengan berolahraga akan membuat pergerakan usus menjadi lebih baik, sehingga feses lebih mudah keluar. Sebaiknya hindari melakukan olahraga berat selama bulan Ramadan, karena bisa menyebabkan Anda mengalami dehidrasi. 

  1. Kendalikan stres

Mengendalikan stres bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah BAB tidak lancar saat puasa. Pasalnya, jika Anda stres makan pergerakan usus menjadi lambat sehingga sistem pencernaan tidak lancar. Sebaiknya isi waktu luang Anda saat berpuasa dengan melakukan hal-hal positif seperti lebih mendekatkan diri ke pencipta. 

  1. Jangan menunda BAB

Cara agar BAB lancar saat puasa yang terakhir yaitu hindari menunda BAB. Jika Anda merasa dorongan ingin BAB, maka segeralah menuju kloset. Jangan sampai Anda terbiasa menunda-nunda BAB, karena bisa membuat feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Bahkan, jika bisa usahakan untuk rutin buang air besar setiap harinya, terutama setelah makan. 

Nah, itulah dia beberapa cara agar BAB lancar saat puasa yang bisa Anda lakukan. Pastikan terapkan beberapa cara di atas, agar Anda bisa menjalani ibadah di bulan Ramadan ini tanpa halangan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Sulit Buang Air Besar? Ini Penyebab Feses Keras dan Cara Menanganinya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

NHS. Constipation. https://www.nhs.uk/conditions/constipation/

Mayo Clinic. Constipation. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation/symptoms-causes/syc-20354253 

Osnato, Jaime. 2020. How Intermittent Fasting Can Change Your Bathroom Habits. https://www.livestrong.com/article/13729612-intermittent-fasting-effects-on-poop/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang