Bantuan
Free Tele x

Manfaat ASI untuk Bayi Baru Lahir hingga Usia 6 Bulan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jun 2022

Bagikan

Manfaat ASI untuk Bayi Baru Lahir hingga Usia 6 Bulan

ASI Eksklusif diberikan pada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, yang artinya bayi hanya minum ASI saja selama 6 bulan tanpa diberikan makanan lainnya. Informasi tentang manfaat ASI untuk bayi masih kurang diketahui banyak orang, terutama ibu-ibu muda yang baru saja melahirkan. Minimnya informasi semacam ini tentu akan merugikan ibu sekaligus sang buah hati. 

Di dalam ASI terkandung banyak nutrisi yang sangat berguna bagi tumbuh kembang bayi. Bahkan bukan hanya untuk bayi, manfaat pemberian ASI tersebut juga bisa dirasakan oleh para ibu menyusui. 

Baca juga: 3 Waktu Kapan ASI Keluar Pertama Kali

 

Macam-macam Manfaat ASI untuk Bayi Usia 0 - 6 Bulan

ASI adalah pilihan yang tepat untuk memberi asupan gizi bagi sang buah hati. Bila dibandingkan dengan susu formula, manfaat serta nutrisi jelas jauh lebih banyak. Cairan ASI (Air Susu Ibu) mengandung banyak nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, apalagi bila anak Anda berusia 0 - 6 bulan. 

Di usia-usia tersebut, anak membutuhkan banyak zat gizi yang bisa didapatkan dari ASI. Itu sebabnya, pemberian ASI sangat disarankan bagi bayi yang baru lahir sampai berusia 6 bulan. Lantas, apa sajakah manfaat ASI yang harus Anda ketahui? Berikut ini adalah macam-macam manfaat ASI bagi bayi berusia 0 - 6 bulan pertama: 

1. Kaya dengan Antibodi

Ternyata dalam cairan ASI yang dihasilkan oleh ibu menyusui terdapat kandungan zat antibodi yang banyak. Antibodi ini berfungsi untuk melawan virus dan bakteri dalam tubuh buah hati Anda. 

Salah satu jenis antibodi yang banyak terdapat di dalam ASI adalah zat kolostrum. Zat ini menyediakan imunoglobulin A (IgA) yang melimpah. Jika sewaktu-waktu virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh bayi, maka tubuh memiliki antibodi untuk menyerang virus tersebut. Dengan begitu, bayi tidak akan mudah terserang penyakit.

Baca juga: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

2. Mengurangi Risiko Penyakit Tertentu

Tanpa Anda sadari, ASI memiliki manfaat yang luar biasa buat bayi Anda. Seperti yang Anda tahu, ASI mengandung banyak antibodi yang bisa melindungi bayi dari serangan penyakit. Namun, perlindungan antibodi yang dihasilkan ASI tidak main-main. Beberapa risiko penyakit bahkan bisa berkurang karena zat yang terkandung dalam ASI. Apa sajakah risiko penyakit yang dimaksud?

Manfaat ASI untuk bayi bisa dilihat dari berkurangnya risiko bayi terkena penyakit tenggorokan, sinus, atau infeksi telinga. Bukan cuma itu, risiko bayi untuk mengalami gangguan pencernaan juga bisa diminimalisir dengan adanya nutrisi dari ASI. Bukan hal yang mustahil bila bayi Anda tumbuh sehat dan kuat karena rutin minum ASI. 

3. Membuat Anak Cerdas

Orang tua manapun pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mencerdaskan otak anak adalah dengan memberikan ASI sejak usia bayi. Manfaat ini bukan sekedar mitos belaka. Sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa ASI bisa merangsang pertumbuhan sel-sel dalam otak bayi. 

Itu sebabnya, memberikan asupan ASI sejak usia dini akan memberikan manfaat bagi kecerdasan anak. Faktor zat gizi serta nutrisi yang ada di dalam ASI ternyata mempengaruhi perkembangan sel otak. Nutrisi yang ada di ASI sulit ditemukan di kandungan susu formula apapun. Makanya, tak heran kalau manfaatnya sangat bagus bagi kecerdasan anak. 

4. Mencukupi Kebutuhan Gizi

Tak ada yang lebih baik daripada asupan gizi yang terkandung dalam cairan ASI. Di dalam ASI, terdapat berbagai macam zat gizi yang baik untuk perkembangan si kecil. Mulai dari vitamin, mineral, kalsium, hingga zat pembentuk antibodi ada di dalam ASI. Supaya kandungan gizi dalam ASI tetap terjaga kualitasnya, Anda harus mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi pula. Dengan menjaga pola makan yang sehat, maka nutrisi yang ada pada ASI akan berkualitas.  

Informasi seputar manfaat ASI untuk bayi di atas semoga bisa menambah wawasan Anda dan para ibu-ibu lainnya. Dengan adanya ulasan ini, diharapkan tidak akan ada lagi orang yang menyepelekan manfaat dari memberi ASI untuk bayi. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Vitamin untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Gemuk dan Sehat

Tag :
Referensi

Bjarnadottir, Adda. 2020. 11 Benefits of Breastfeeding for Both Mom and Baby. https://www.healthline.com/health/breastfeeding/11-benefits-of-breastfeeding#benefits-for-you 

Taylor, Rebecca Buffum. 2020. Breastfeeding. https://www.webmd.com/parenting/baby/nursing-basics 

Bagikan artikel ini