Bantuan
Free Tele x

Waktu Terbaik Untuk Berolahraga

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 15 Dec 2020

Bagikan

Kapan Waktu Terbaik Untuk Berolahraga?

Kita perlu mengetahui waktu terbaik untuk berolahraga, agar hasil yang kita dapatkan bisa maksimal. Salah satu tantangan dalam memulai gaya hidup sehat adalah meluangkan waktu untuk berolahraga. Hal yang terpenting adalah untuk melakukan olahraga kapan pun jadwal Anda memungkinkannya.

Pagi Hari

Namun, bagi orang-orang yang ingin memperoleh manfaat semaksimal mungkin dari olahraga yang dilakukannya, berolahraga di pagi hari dapat menjadi solusi. Salah satu cara terbaik untuk membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh dan menurunkan berat badan adalah berolahraga di pagi hari, terutama dalam keadaan perut kosong.

Pada orang dewasa yang sehat, terjadi peningkatan kadar hormon kortisol dan hormon pertumbuhan di pagi hari. Kedua hormon tersebut berperan dalam metabolisme. Kadar yang tinggi dari dua hormon tersebut membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk membakar lemak.

Selain itu, orang yang berolahraga di pagi hari juga biasanya memiliki nafsu makan yang lebih sedikit sepanjang hari, sehingga membantu menurunkan asupan kalori dan menurunkan berat badan.

Berolahraga di pagi hari juga dapat memperbaiki irama sirkadian. Tubuh akan merasa siap untuk beraktivitas lebih cepat setelah berolahraga di pagi hari dan selanjutnya akan merasa lelah lebih cepat di malam hari.

Mekanisme tersebut memungkinkan tubuh untuk tidur lebih awal dan bangun lebih awal keesokan harinya, mengulangi siklus yang sama dengan hari sebelumnya. Studi juga menunjukkan bahwa kebiasaan sehat yang dilakukan di pagi hari cenderung lebih mudah untuk dipertahankan.

Berbeda dengan olahraga di pagi hari yang membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan, olahraga di siang hari memungkinkan seseorang untuk berolahraga dalam intensitas yang lebih tinggi.

Baca Juga: Memilih Makanan yang Tepat Setelah Olahraga

Siang Hari

Pada siang hari, biasanya seseorang sudah mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan glukosa darah dan memberi energi tambahan untuk melakukan olahraga intensitas tinggi.

Selain itu, berolahraga di siang hari atau sekitar jam satu siang sampai jam empat sore juga dapat memberikan efek yang sama dengan olahraga pagi terhadap irama sirkadian. Melakukan olahraga ringan seperti berjalan cepat di siang hari juga dapat mengembalikan fokus seseorang.

Malam Hari

Berolahraga di malam hari, setelah bekerja seharian menjadi pilihan banyak orang. Beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga di malam hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, olahraga di malam hari juga terbukti tidak mengganggu waktu tidur, selama terdapat jeda antara waktu olahraga dan waktu tidur.

Manfaat jangka panjang dari olahraga malam adalah penurunan hormon ghrelin yang berfungsi menstimulasi nafsu makan. Penurunan hormon tersebut dapat membantu untuk menjaga berat badan.

Jadi, Kapan Waktu Terbaik Untuk Berolahraga?

Banyak studi yang telah dilakukan untuk mengetahui waktu terbaik untuk berolahraga. Olahraga di pagi hari terbukti menunjukkan manfaat yang paling baik karena lebih efektif membakar kalori.

Walaupun begitu, tidak ada waktu yang buruk untuk melakukan olahraga. Tidak masalah kapan saja waktu yang Anda pilih untuk berolahraga, selama Anda nyaman melakukannya dan waktu olahraga tidak mengganggu jadwal kegiatan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pentingnya Waktu Pemulihan Dalam Jadwal Olahraga Rutin

 

Referensi:

1. Youngstedt SD, Elliott JA, Kripke DF. Human circadian phase–response curves for exercise. J Physiol [Internet]. 2019 [cited 2020 Jul 28];597: 2253-68.

2. Larsen, P, Marino, F, Melehan, K, Guelfi, KJ, Duffield, R, Skein, M. Evening high‐intensity interval exercise does not disrupt sleep or alter energy intake despite changes in acylated ghrelin in middle‐aged men. Experimental Physiology [Internet]. 2019 [cited 2020 Jul 28];104:826–36.

3. Parr EB, Heilbronn LK, Hawley JA. A time to eat and a time to exercise. Exerc Sport Sci Rev [Internet]. 2020 [cited 2020 Jul 28];48(1):4-10.

4. Heden TD, Kanaley JA. Syncing Exercise with meals and circadian clocks. Exerc Sport Sci Rev [Internet]. 2019 [cited 2020 Jul 28];47(1):22-8.

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami