Bantuan

Bunda Wajib Tahu! Ini Penyebab Bayi Bosan Minum Susu Formula dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Jun 2022

Bagikan

Bunda Wajib Tahu! Ini Penyebab Bayi Bosan Minum Susu Formula dan Cara Mengatasinya

Penyebab bayi bosan minum susu formula dapat terjadi karena sejumlah kondisi, salah satunya rasa susu. Padahal bayi harus minum susu hingga umur 2 tahun untuk menunjang tumbuh kembangnya. Namun bagaimana jika bayi bosan minum susu saat usia 1 tahun dan kira-kira apa saja penyebabnya? Mari cari tahu sejumlah penyebab bayi bosan minum susu dan cara mengatasinya melalui ulasan berikut.

Baca juga: Bunda Sudah Tahu Belum? Ini Dia Cara Menidurkan Bayi yang Efektif

 

 

Kenapa Bayi Harus Minum Susu?

Susu mengandung banyak protein dan kalsium di dalamnya meski bayi usia 6 bulan sudah diberikan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Komponen penting yang terkandung di dalam susu berperan penting untuk kepadatan tulang, perkembangan otak dan sistem pertahanan tubuh si kecil. Selain itu, kebutuhan nutrisi diperlukan untuk menunjang aktivitas si kecil di dalam maupun luar rumah. 

 

Penyebab Bayi Bosan Minum Susu Formula

Bayi bosan minum susu formula sering terjadi karena beragam penyebab. Misalnya lebih senang merangkak, duduk dan menyentuh beragam barang yang dilihatnya. Jika dibiarkan, kondisi ini akan mengakibatkan kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi secara optimal. Berikut penyebab bayi bosan minum susu formula, di antaranya:

1. Tidak Tertarik Minum Susu

Salah satu pemicu si kecil tidak tertarik minum susu ialah karena sudah kenyang mengonsumsi makanan padat. Maka jika itu penyebabnya, berilah jeda waktu antara makan dan minum susu. Tidak tertarik minum susu bisa juga terjadi karena rasa susu, sudah tidak disukai oleh si kecil. 

2. Kondisi Susu

Kondisi susu merupakan salah satu penyebab bayi bosan minum susu formula misalnya karena suhu terlalu panas saat disajikan atau terlalu dingin. Ini karena sebagian bayi menyukai susu dengan suhu biasa dan ada juga yang menyukai susu dengan suhu hangat. Selain itu, kondisi susu yang kadaluwarsa dan tidak sedap akan membuat si kecil enggan minum susu. 

3. Media Pemberian Susu Tidak Cocok

Media pemberian susu yang tidak cocok turut mempengaruhi si kecil enggan minum susu. Sehingga Anda perlu menyesuaikan media pemberian susu yang disukai oleh si kecil misalnya dot atau sippy cup. Jika si kecil lebih sering menggunakan dot, perhatikan juga karet dot sebab jika lubangnya terlalu besar atau kecil bisa membuat bsi kecil enggan minum susu. 

4. Suasana Minum Susu

Suasana minum susu merupakan penyebab lain si kecil tidak mau minum susu. Misalnya sedang asyik main gadget atau menonton televisi sehingga sulit minum susu. Bisa juga karena sedang asyik bermain bersama temannya. Maka sebelum waktu minum susu tiba, kita bisa mengalihkan suasananya agar tertarik saat minum susu. 

 

Cara Mengatasi Bayi Sulit Minum Susu 

Mengatasi bayi sulit minum susu dengan cara memaksanya bukanlah tindakan yang tepat. Berikut cara mengatasi bayi sulit minum susu, di antaranya:

1. Kurangi Takaran Susu dan Perbanyak Intensitasnya

Kurangi takaran susu dan perbanyak intensitasnya bisa jadi salah satu cara agar si kecil mau minum susu. Karena susu yang terlalu banyak terkadang membuat si kecil enggan menghabiskannya, apalagi jika sudah kenyang, Jadi daripada membuangnya, lebih baik mengurangi takaran susu dan meningkatkan intensitasnya. 

2. Memberikan Susu Formula Bersama Makanan Padat

Memberikan susu formula bersama makanan padat bisa Anda coba agar si kecil mau minum susu. Sehingga tidak hanya melengkapi kalori saja tapi bisa menambah varian rasa. Namun pastikan usia si kecil sudah cukup untuk mengonsumsi makanan padat dan tekstur makanan sudah lembut agar mudah ditelan. 

3. Memberi Suasana Baru Ketika Minum Susu

Si kecil terkadang merasa bosan dengan suasana minum susu. Maka Anda bisa mengatasinya dengan memberikan susu formula dengan suasana baru misalnya di halaman belakang rumah atau suasana yang beda dari biasanya. Hal ini dipercaya dapat mendorong si kecil tertarik untuk minum susu.

Penyebab bayi bosan minum susu formula bisa terjadi karena sejumlah kondisi seperti kondisi susu, tidak tertarik minum susu, media pemberian susu dan suasana minum susu. Untuk cara mengatasinya sendiri bisa Anda lakukan berdasarkan penyebabnya misalnya mengurangi takaran susu, memberikan suasana baru, mengganti media pemberian susu atau memberi susu formula bersama makanan padat.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil? Mari Ketahui Bersama-sama

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Baby Care: Why Is Baby Not Drinking Enough Milk? 2021. Available at: https://www.babycareadvice.com/blogs/bottle-feeding/why-is-baby-not-drinking-enough  (Accessed: 15 April 2022).

Sleeping Should Be Easy: 4 Effective Tricks to Handle Your Baby Not Drinking Milk. 2020. Available at: https://sleepingshouldbeeasy.com/baby-not-drinking-milk/   (Accessed: 15 April 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang