Bantuan
Free Tele x

5 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 19 Jul 2022

Bagikan

5 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak orang dewasa saat ini yang berusaha menurunkan berat badan mereka. Selain diet, olahraga merupakan salah satu strategi paling umum yang digunakan untuk menurunkan berat badan. Olahraga dapat membakar kalori, sehingga menjadi peran penting dalam penurunan berat badan.

Selain membantu Anda menurunkan berat badan, olahraga juga telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk suasana hati yang lebih baik, tulang yang lebih kuat dan pengurangan risiko banyak penyakit kronis.

Pentingnya Penurunan Berat Badan dan Olahraga

Memiliki berat badan berlebih mungkin terasa tidak nyaman dan dapat merusak kesehatan Anda. Kegemukan atau obesitas dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung, diabetes, stroke, dan beberapa jenis kanker lainnya. Sangat penting untuk Anda menjaga berat badan ideal agar terhindar dari berbagai penyakit.  

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Diet sehat dapat digabungkan dengan olahraga sebagai cara yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada hanya bergantung pada pembatasan kalori saja. Olahraga menurunkan berat badan dapat mencegah atau bahkan membalikkan efek penyakit tertentu. Olahraga sangatlah bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan penurunan berat badan. 

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme atau berapa banyak kalori yang perlu dibakar dalam sehari. Hal inilah yang dapat membantu tubuh Anda dalam mempertahankan dan meningkatkan massa otot. Selain itu, olahraga juga menurunkan tekanan darah dan kolesterol, yang dapat mencegah serangan jantung. Berolahraga juga dikenal dapat berkontribusi pada rasa percaya diri dan kesejahteraan seseorang, sehingga mungkin dapat menurunkan tingkat kecemasan dan depresi. 

Berapa Banyak Olahraga yang Dibutuhkan Dalam Menurunkan Berat Badan?

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga, Anda disarankan untuk melakukan beberapa bentuk latihan aerobik sedikitnya tiga kali seminggu selama minimal 20 menit per sesi. Namun, olahraga lebih dari 20 menit sangat baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Anda juga dapat melakukan 15 menit olahraga sedang seperti berjalan satu mil (1,6 km) setiap hari yang akan membakar hingga 100 kalori ekstra.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Kulit Kendur Setelah Diet

 

5 Latihan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut adalah 5 latihan olahraga menurunkan berat badan, meliputi:

1. Joging atau Lari

Olahraga joging dan lari merupakan latihan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Penelitian telah menemukan bahwa joging dan berlari dapat membakar lemak visceral yang berbahaya. 

2. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga populer saat ini yang dapat meningkatkan kebugaran dan dapat membantu menurunkan berat badan. Tak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi bersepeda secara teratur memiliki kebugaran keseluruhan yang lebih baik seperti, peningkatan sensitivitas insulin, dan risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian yang lebih rendah.

3. Berjalan

Berjalan adalah salah satu olahraga menurunkan berat badan yang nyaman dan mudah bagi pemula untuk mulai berolahraga tanpa merasa kewalahan atau perlu membeli peralatan khusus. Selain itu, berjalan adalah olahraga low-impact, artinya memiliki dampak rendah pada sendi, sehingga tidak akan membuat sendi anda stres.

Berjalan juga merupakan olahraga yang mudah disesuaikan ke dalam rutinitas Anda sehari-hari. Anda dapat melakukan lebih banyak langkah saat istirahat makan siang, naik tangga di tempat kerja, atau ajak hewan peliharaan Anda untuk berjalan di pagi atau sore hari.

4. Latihan Beban

Olahraga latihan beban dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan membakar kalori selama dan setelah latihan. Selain menghilangkan lemak, Anda akan membangun otot. Olahraga ini memiliki peran membakar kalori, sehingga dapat meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh. Para ahli merekomendasikan untuk melatih semua kelompok otot utama tiga kali seminggu, meliputi:

  • Perut

  • Punggung

  • Bisep

  • Betis

  • Dada

  • Lengan bawah

  • Paha belakang

  • Bahu

  • Trisep

5. Berenang

Berenang adalah olahraga menurunkan berat badan yang menyenangkan. Sebuah studi mengatakan berenang 30 menit dapat mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar hingga 233 kalori. Berenang selama 60 menit 3 kali per minggu secara signifikan dapat mengurangi lemak tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk kolesterol total dan trigliserida darah yang tinggi.

 

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan memiliki efek yang baik untuk kesehatan Anda. Berkonsultasilah dengan dokter untuk jenis olahraga yang Anda pilih.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi
  1. Healthline. Exercise and Weight Loss. Diakses 2022
  2. Healthline. The 8 Best Exercises for Weight Loss. Diakses 2022
Bagikan artikel ini