Bantuan

Apa Peranan Hormon Insulin? Ini Dia Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Jun 2022

Bagikan

Apa Peranan Hormon Insulin? Ini Dia Jawabannya

Hormon insulin merupakan bagian terpenting dalam proses metabolisme, salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Dalam kata lain insulin dikenal sebagai hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat selepas kita makan. Selain itu, insulin berperan penting dalam proses metabolisme lemak dan protein atau meningkatkan penggunaan protein di dalam tubuh. Memiliki sejumlah peran penting bagi tubuh, kekurangan insulin dapat mengakibatkan sejumlah dampak bagi kesehatan.

Apa Itu Hormon Insulin?

Hormon insulin merupakan salah satu jenis hormon yang diproduksi oleh prankeas dan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Proses ini dimulai ketika kita mengonsumsi makanan maka prankeas akan melepaskan insulin yang berfungsi untuk mengubah gukosa pada makanan menjadi energi yang didistribusikan ke seluruh tubuh. 

Baca juga: Bahaya! Ini Ciri Diabetes yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Peran Penting Hormon Insulin 

Hormon insulin memiliki sejumlah peran penting bagi tubuh manusia seperti mengatur jumlah glukosa yang dibutuhkan oleh tubuh serta sebagai tempat penyimpanan glukosa dan lemak. Berikut beragam peran penting hormon insulin yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1.  Mengubah Glukosa Menjadi Glikogen

Peran penting hormon insulin yang utama ialah mengubah glukosa menjadi glikogen dengan memerintahkan sel-sel yang terdapat dalam organ hati. Dapat dikatakan glikogen merupakan cadangan glukosa yang akan menjadi cadangan energi. Umumnya glikogen terdapat di dalam hati dan otot manusia.

  1.  Mengambil Glukosa dari Darah

Peran penting hormon insulin selanjutnya ialah memerintahkan sel-sel yang terdapat di otot, hati, dan lemak untuk menyerap glukosa dari dalam darah. Glukosa dari dalam darah ini terbentuk ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lalu dipecah oleh insulin menjadi glukosa atau gula darah.

  1.  Mengubah Glikogen Menjadi Glukosa

Jika sebelumnya mengubah glukosa menjadi glikogen maka ini kebalikannya. Misalnya ketika kita berolahraga membutuhkan sejumlah glukosa untuk menunjang aktivitas, maka hormon insulin akan menjalankan perannya, yaitu dengan memerintahkan hati untuk mengubah glikogen menjadi glukosa.

  1.  Menyimpan Kelebihan Glukosa dan Mengubahnya Jadi Lemak

Peran vital insulin yang terakhir ialah menyimpan kelebihan glukosa dan mengubahnya jadi lemak.  Kelebihan glukosa terjadi ketika tubuh tidak membutuhkan banyak glukosa dan hati telah menyimpan banyak glukosa. Dalam hal ini insulin akan memerintahkan sel-sel otot untuk mengubah glukosa menjadi lemak di bawah lapisan kulit.

Baca juga: Diabetes Kering Lebih Aman dari pada Diabetes Basah

Bahan Alami untuk Meningkatkan Kadar Insulin Dalam Tubuh

Memiliki sejumlah peran vital dalam proses metabobolisme di dalam tubuh, membuat kadar insulin harus tetap seimbang agar terhindar dari sejumlah masalah kesehatan. Berikut beragam bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan hormon insulin di dalam tubuh, di antaranya:

  1.  Madu dan Kayu Manis 

Bagi penderita diabetes, mencukupi kadar insulin di dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi madu dan kayu manis. Selain memenuhi kadar, glukosa di dalam tubuh juga memiliki sejumlah manfaat untuk menurunkan berat badan dan lipid darah. Dalam sebuah penelitian dikatakan kayu manis dan glukosa dapat mengurangi kadar gula darah dan kolesterol jahat.

  1.  Okra

Bahan alami yang bisa Anda gunakan selanjutnya ialah sayuran okra. Sayuran okra dipercaya dapat menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh, meningkatkan produksi insulin, dan proses sekresinya. Selain itu biji pada sayuran okra memiliki manfaat untuk mencegah pati berubah menjadi glukosa. Sayuran okra sangat cocok bagi Anda yang mengalami resistensi insulin.

  1.  Madu dan Daun Mint

Madu dan daun mint cocok bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, tetapi harus tetap memenuhi kebutuhan glukosa di dalam tubuh. Madu dan mint merupakan bahan alami terbaik untuk meningkatkan kadar insulin di dalam darah. Siapkan satu mangkuk daun mint dan 1 sendok madu, aduk rata lalu masukan ke air hangat dan minumlah sebelum makan.

Hormon insulin merupakan salah satu jenis hormon yang memiliki sejumlah peran penting dalam sistem metabolisme tubuh manusia. Dari hasil metabolisme inilah sejumlah sel di dalam tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Lain hal jika tubuh kekurangan kadar insulin maka sejumlah masalah kesehatan akan menimpa Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sejumlah bahan alami agar tubuh tidak kekurangan kadar insulin.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Injeksi Insulin dan Fungsinya Bagi Penderita Diabetes

Tag :
Referensi

Felman, Adam. An overview of insulin. 2018. Available at: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323760 (Accessed: 14 Januari 2022).

Cirino, Erica. Drugs to Increase Insulin Production. 2019. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/drugs-increase-insulin-production (Accessed: 14 Januari 2022).

Bagikan artikel ini