Bantuan
Free Tele x

Waspadai Efek Kesehatan Bila Anda Sering Tidur setelah Makan

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 27 Jun 2022

Bagikan

Waspadai Efek Kesehatan Bila Anda Sering Tidur setelah Makan

Apakah Anda tahu apa saja efek kesehatan bila Anda tidur setelah makan? Terkadang setelah makan timbul perasaan mengantuk, terutama setelah makan siang. Namun ternyata tidur setelah makan memiliki efek yang buruk bagi kesehatan. 

 

Efek Tidur setelah Makan bagi Kesehatan

Tidur setelah makan memiliki efek buruk karena sistem pencernaan membutuhkan waktu untuk mengolah makanan yang baru saja Anda makan. Pada saat tidur, sistem pencernaan pun beristirahat, gerakan organ pencernaan seperti lambung dan usus juga melambat, sehingga proses pencernaan pun memerlukan waktu lebih lama. Apa saja efeknya pada tubuh?

Baca juga: Wajib 6-7 Jam Sehari, Ini Manfaat Tidur bagi Kesehatan

1. Meningkatkan risiko obesitas

Efek tidur setelah makan bagi kesehatan yang pertama yaitu membuat berat badan berlebih atau kegemukan. Hal ini terjadi karena tidur setelah makan membuat metabolisme tubuh menjadi lambat, serta tidak adanya aktivitas membuat kalori dari makanan tidak dapat dibakar. Kondisi ini membuat makanan yang Anda makan akan menumpuk menjadi lemak sehingga membuat berat badan bertambah. Jika diteruskan maka akan dapat menyebabkan kegemukan dan kemudian obesitas.

2. Meningkatkan risiko GERD

Selain dapat menyebabkan obesitas, efek tidur setelah makan juga bisa menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Pasalnya, tidur dalam kondisi perut yang kenyang membuat lambung mendapatkan tekanan yang cukup kuat. Kondisi ini akan membuat cairan asam lambung serta makanan yang baru saja Anda makan bisa naik kembali lagi ke kerongkongan. Jika kondisi ini terjadi berulang kali, maka memicu GERD. 

3. Insomnia

Tahukah Anda, ternyata tidur setelah makan di siang atau sore hari juga dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia pada malam harinya. Hal ini terjadi jika Anda terlalu sering makan kemudian tidur di siang atau sore hari. Kondisi ini akan membuat Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari. Selain itu, makan-makanan yang berlemak akan membuat perut menjadi kembung, sehingga tidur menjadi tidak nyaman karena harus berganti posisi berulang kali.

Baca juga: Sulit Tidur di Malam Hari karena Insomnia? Berikut ini Cara Mengatasinya 

4. Stroke

Efek tidur setelah makan bagi kesehatan yang terakhir yaitu stroke. Hal ini disebutkan dalam sebuah penelitian, bahwa orang yang memiliki jeda lama antara makan dan tidurnya memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang yang memiliki jeda makan dan tidurnya yang lebih singkat. Tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi.

Baca juga: Kenali Tanda dan Gejala Stroke

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Tidur setelah Makan?

Berikan jeda setidaknya tiga jam setelah Anda makan. Pasalnya, makanan membutuhkan waktu tiga jam untuk dicerna oleh lambung dan diteruskan menuju usus halus. 

 

Tips Mencegah Tidur setelah Makan

Mengubah kebiasaan tidur setelah makan mungkin sulit dilakukan oleh beberapa orang. Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, maka coba terapkan beberapa tips mencegah tidur setelah makan di bawah ini. 

  • Mulai kurangi porsi makan Anda agar tidak mudah mengantuk. Alangkah lebih baik, makan dalam porsi kecil namun sering. 

  • Cukupi waktu tidur Anda setidaknya 7-9 jam setiap harinya untuk mencegah rasa kantuk setelah makan. 

  • Lakukan beberapa aktivitas fisik ringan setelah makan untuk menghindari rasa kantuk. 

  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang dan kurangi konsumsi gula, karbohidrat serta lemak. 

  • Jangan berbaring setelah makan karena membuat Anda mengantuk dan tertidur. 

Itulah berbagai efek tidur setelah makan yang perlu Anda waspadai. Apabila Anda telah terlanjur mengalami gejala akibat tidur setelah makan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Sering Bergadang? Ini Bahaya Tidak Tidur Yang Mengintai

Referensi

UPMC Health Beat. 2015. Is it Bad to Sleep After a Meal?. https://share.upmc.com/2015/11/is-it-bad-to-sleep-after-a-meal/

Laino, Charlene. 2011. Sleeping Soon After Dinner May Raise Stroke Risk. https://www.webmd.com/stroke/news/20110830/sleeping-soon-after-dinner-may-raise-stroke-risk

Peters, Brandon. 2021. How Long to Wait Between Eating and Bed. https://www.verywellhealth.com/eating-before-bed-3014981

Bagikan artikel ini