Wajib 6-7 Jam Sehari, Ini Manfaat Tidur bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 12 Jan 2022

Bagikan

Wajib 6-7 Jam Sehari, Ini Manfaat Tidur bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa manfaat tidur sejatinya sangat beragam dan dapat mendatangkan berbagai dampak positif terbaik bagi kesehatan tubuh? Tidur mungkin dianggap sebagai salah satu rutinitas biasa yang tidak begitu penting. Banyak juga yang menyepelekan tidur dan oleh karenanya tidak begitu memperhatikan kualitas tidur.

Hal ini tentu tidak benar, mengingat tidur ternyata bukanlah aktivitas yang bisa disepelekan. Justru sebaliknya, tidur ini termasuk salah satu aktivitas terpenting dari sebagian besar aktivitas lainnya yang Anda lakukan dalam sehari. Ketika seseorang tidak tidur dengan teratur, maka kondisi kesehatan fisik dan mentalnya akan terganggu. 

Lebih jauh lagi, mengabaikan kualitas tidur tentu akan membuat Anda melewatkan begitu banyak manfaat tidur yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh beserta organ-organ penting di dalamnya. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari tidur bagi kesehatan tubuh tersebut?

Baca Juga: Sulit Tidur? Lakukan Cara Tidur Cepat Berikut Ini

Manfaat tidur

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat tidur yang bisa Anda dapatkan pertama, yaitu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, waktu tidur yang cukup dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit jantung seperti serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Apabila Anda tidak mencukupi waktu tidur, maka akan terjadi peningkatan hormon kortisol atau hormon stres yang membuat jantung bekerja lebih keras. 

Baca Juga: Sering Bergadang? Ini Bahaya Tidak Tidur Yang Mengintai

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat tidur yang selanjutnya, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, pada saat Anda tidur maka tubuh akan mengeluarkan senyawa sitokin yang dapat memberikan efek perlindungan sistem kekebalan tubuh, sedangkan jika waktu istirahat yang kurang akan meningkatkan senyawa penyebab peradangan, yang pada akhirnya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda terserang. 

Baca Juga: Jangan Dilakukan, Ini Bahaya Habis Makan Langsung Tidur

  1. Menciptakan perasaan bahagia

Tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, namun tidur yang cukup juga dapat menciptakan perasaan bahagia. Hal ini karena tidur akan meningkatkan energi sehingga pada saat Anda bangun tubuh menjadi lebih berenergi dan segar. Hal ini tentunya tidak akan membuat Anda mudah terganggu oleh hal lain. Pada akhirnya, Anda akan merasa lebih bahagia pada saat beraktivitas keesokan harinya, serta terhindar dari stres yang dapat menyebabkan terjadinya depresi. 

Baca Juga: Kondisi Buruk yang Mungkin Terjadi Akibat Kurang Tidur

  1. Meningkatkan daya ingat

Tahukah Anda bahwa tidur ternyata juga dapat membuat daya ingat seseorang meningkat? Hal ini adalah benar adanya, mengingat pada saat tidur, otak akan bekerja dengan aktif dalam memperkuat daya ingat serta melatih kemampuan yang sebelumnya telah Anda pelajari pada hari itu. Dengan begitu, apabila Anda merasa sulit mengingat pelajaran di kelas atau tugas di kantor, mungkin tidur dengan cukup bisa menjadi jawaban yang tepat. 

Baca Juga: Mudah dan Tergolong Ampuh, Ini Dia Cara Tidur Cepat 30 Detik yang Bisa Dicoba

  1. Membakar kalori tubuh

Waktu tidur yang cukup juga dapat memberikan manfaat, yaitu membakar kalori tubuh. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa, tidur dengan cukup setiap harinya dapat membakar sekitar 300 kalori dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, dengan tidur lebih awal Anda akan terhindar dari serangan lapar di tengah malam, yang pada akhirnya akan mengarahkan Anda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang tidak sehat, seperti kue ataupun jenis snack lainnya. Dengan tidur pula, tubuh Anda akan menghasilkan hormon lapar lebih sedikit daripada biasanya.

Selain beberapa poin di atas, masih banyak manfaat tidur lainnya yang bisa Anda peroleh, seperti percepatan penyembuhan penyakit, kualitas hubungan seksual yang semakin membaik, hingga memperkecil risiko terserang depresi. 

Tips meraih manfaat tidur 

Dari penjelasan sebelumnya tentu Anda sudah bisa menyadari betapa pentingnya tidur dan menjaga kualitas tidur yang baik untuk kesehatan. Nah, dalam hal ini, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk dapat meraih manfaat tidur tersebut. Adapun tips meraih manfaat tidur yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut.

  • Rutin berolahraga setiap hari

  • Menenangkan pikiran dan mental

  • Memperhatikan jatah dan aktivitas tidur Anda

  • Menghindari alkohol dan rokok

  • Menciptakan suasana tidur yang nyaman

Nah itulah dia informasi mengenai manfaat tidur dan tips-tips yang dapat Anda terapkan untuk meraih manfaat tersebut. Setelah mengetahui informasi-informasi ini, semoga Anda tergugah untuk tidak lagi mengabaikan waktu dan kualitas tidur Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Sparacino, Alyssa. 2019. 11 Surprising Health Benefits of Sleep. https://www.health.com/condition/sleep/11-surprising-health-benefits-of-sleep#125268
  2. Stibich, Mark. 2021. 10 Benefits of a Good Night's Sleep. https://www.verywellhealth.com/top-health-benefits-of-a-good-nights-sleep-2223766
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi