Bantuan
Free Tele x

Sering Bergadang? Ini Bahaya Tidak Tidur Yang Mengintai

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Sering Bergadang? Ini Bahaya Yang Mengintai Saat Tidak Tidur

Apakah Anda tahu, apa bahaya tidak tidur selama berhari-hari? Normalnya, Anda membutuhkan waktu tidur setidaknya 7-8 jam per harinya. Apabila tidak mencukupi waktu tidur tersebut, maka dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Lantas apa yang terjadi apabila Anda tidak tidur selama berhari-hari? Simak penjelasan dan juga bahaya tidak tidur selama berhari hari di bawah ini. 

Bahaya Tidak Tidur

  1. Setelah 24 Jam

Tidak tidur selama 24 jam, mungkin banyak yang melakukannya termasuk Anda. Akan tetapi, pada kondisi ini, kemampuan dalam mengingat, berkoordinasi dan juga mengambil keputusan akan menurun. Tidak hanya itu, Anda juga akan mengalami efek lain seperti ngantuk yang sangat berat, sulit berkonsentrasi, tubuh gemetar, penglihatan kabur, otot tubuh tegang dan lainnya. 

Hal-hal tersebut dapat terjadi karena otak akan berusaha menghemat energi selama Anda tidak tidur. Pada kondisi tersebut, otak akan memasuki fase tidur lokal. Selama fase tersebut, maka tubuh akan menghentikan fungsi saraf pada beberapa bagian otak dan bagian lainnya tetap berfungsi. Hal inilah yang membuat Anda sadar tetapi mengalami penurunan kemampuan.  

  1. Setelah 36 Jam

Setelah Anda tidak tidur selama 36 jam, maka produksi insulin, hormon kortisol dan berbagai hormon pertumbuhan lainnya akan menjadi kacau. Perubahan produksi berbagai hormon ini dapat mengacaukan nafsu makan, suhu tubuh, metabolisme, mood, tingkat stres dan juga siklus tidur secara teratur.  

Tidak hanya itu, tidak tidur selama 36 jam akan menimbulkan dampak lainnya seperti kelelahan yang parah, gangguan bicara seperti pemilihan kata ataupun nada bicara, kesulitan memikirkan solusi pada masalah yang dihadapi, motivasi, perhatian dan kemampuan dalam mengambil keputusan akan berkurang. 

  1. Setelah 48 Jam

Mungkin banyak orang yang tidak bisa bertahan setelah tidak tidur selama 48 jam atau dua hari berturut-turut. Oleh karena itu, banyak yang akan tertidur sebelum dua hari. Akan tetapi, apabila Anda berhasil tidak tidur selama 48 jam atau dua hari berturut-turut, maka tubuh akan menghentikan fungsinya sehingga Anda akan mengalami microsleep atau tidur yang singkat selama 30 detik bahkan kurang. 

Setelah Anda terbarung dari microsleep, maka Anda akan mengalami pusing dan juga disorientasi tanpa mengingat yang sedang Anda alami. Selain itu, microsleep ini dapat terjadi pada siapa saja yang tidak tidur dalam waktu yang lama, dan terjadi kapan saja tanpa bisa dikendalikan. 

  1. Setelah 72 Jam

Setelah Anda tidak tidur selama 72 jam atau 3 hari berturut-turut, maka efek bahaya tidak tidur yang Anda rasakan akan semakin parah. Apabila Anda tidak tidur setelah 72 jam, maka akan mengalami gangguan yang parah pada fungsi berpikir, emosi dan juga mood. Bahkan, percakapan sehari-hari akan menjadi suatu hal yang sulit untuk Anda lakukan.  

Tidak hanya itu, apabila Anda tidak tidur setelah 72 jam, maka akan merasakan  beberapa efek seperti, kelelahan parah, mudah kesal, gangguan konsentrasi, kesulitan berkomunikasi, mengalami halusinasi, dan juga kesulitan berkomunikasi. Selain itu, Anda juga bisa mengalami kesulitan melakukan multitasking dan memiliki kecemasan.

Baca Juga: Lelah Karena Susah Tidur? Inilah Cara Menghilangkan Insomnia

Manfaat Tidur

Bagaimana, berbahaya bukan? Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk selalu mencukupi waktu tidur setidaknya 7-8 jam per harinya sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan Indonesia. Apabila Anda mencukupi waktu tidur, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat seperti

  1. Mempertajam Daya Ingat

Salah satu manfaat mencukupi waktu tidur adalah mempertajam daya ingat. Ketika Anda tidur, maka otak bagian hippocampus akan memperkuat, memproses dan menggabungkan ingatan Anda sepanjang hari. Apabila Anda kurang tidur, maka ingat tersebut tidak dapat disimpan dengan benar di dalam otak dan hilang. 

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Kurangnya waktu tidur akan membuat Anda menjadi cepat marah, sulit berkonsentrasi, murung, stres, tidak sabar dan lainnya. Oleh karena itu, dengan mencukupi waktu tidur, maka suasana hati Anda akan lebih baik dan terhindar dari hal-hal tersebut.

Masih banyak lagi manfaat mencukupi waktu tidur, namun Anda bisa mencari lebih dalam di artikel lain kami. Jadi, semoga informasi mengenai bahaya tidak tidur ini dapat bermanfaat bagi Anda dan juga orang terdekat Anda. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pentingnya Kuantitas dan Kualitas Tidur Bagi Jantung

 

Sumber:

1. Vandergriendt, Carly. How Long Can You Go Without Sleep? Function, Hallucination, and More. (2018).

2. Theobald, Mikel. What Happens to You When You Don’t Sleep for Days. (2018).

3. Sparacino, Alyssa. 11 Surprising Health Benefits of Sleep. (2018).

Bagikan artikel ini