Bantuan

Mengapa Pilek Tak Kunjung Sembuh? Mari Cari Tahu di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Mar 2022

Bagikan

pilek

Pilek tak kunjung sembuh tentu dapat mengganggu keseharian Anda. Obat flu sudah dikonsumsi, namun Anda masih saja meriang, demam, dan bersin-bersin. Pilek Anda belum sembuh juga meskipun sudah lebih dari satu minggu berlalu. Padahal, sakit flu umumnya hanya berlangsung sekitar tiga hingga tujuh hari saja.

Sepanjang tahun, gejala pilek telah membuat banyak penderitanya berobat ke dokter. Banyak anak absen dari sekolah dan orang dewasa absen dari pekerjaan mereka. Rata-rata, orang dewasa bisa mengalami sakit flu sekitar dua hingga tiga kali tiap tahunnya. 

Sebab-Sebab Pilek Tak Kunjung Sembuh

Penasaran mengapa gejala pilek yang menyerang Anda atau keluarga Anda tak kunjung mereda? Simak penjelasan berikut yang bisa menjadi alasan mengapa pilek betah berada di dalam tubuh.

  1. Kurangnya jam tidur

Tidur dan beristirahat membantu sistem imun Anda tetap bekerja sebagaimana mestinya. Ketika Anda pilek, Anda butuh tidur yang cukup untuk membantu tubuh melawan virus yang menyerang, terutama pada tiga hari pertama Anda sakit.

Jadi, pilek tak kunjung sembuh sangat mungkin disebabkan oleh kurangnya jam tidur Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari tujuh jam tiap harinya berisiko sakit tiga kali lipat daripada mereka yang tidur dengan cukup.

  1. Kurang mengonsumsi cairan

Tidak mengonsumsi cukup cairan tak hanya akan memperburuk gejala Anda, namun juga bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan lain. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk dilakukan sehari-hari, apalagi ketika Anda sakit. Mungkin Anda sering merasa tidak perlu minum, namun dehidrasi bisa terjadi bahkan di saat Anda tidak merasa haus. 

Pilek bisa membuat tenggorokan Anda kering dan membuat Anda dehidrasi. Perbanyaklah minum air putih dan lakukanlah secara perlahan, jangan minum secara tergesa-gesa. Ketika sakit, gantilah konsumsi kafein Anda dengan air putih. Selain air putih, Anda juga bisa menambahkan cairan yang mengandung elektrolit karena elektrolit juga menjaga tubuh tetap terhidrasi.

  1. Berolahraga terlalu berat

Para dokter mengatakan bahwa Anda boleh tetap aktif berolahraga jika flu Anda hanya sebatas pilek dan hidung tersumbat. Namun pertimbangkan untuk berolahraga yang ringan-ringan saja, seperti berjalan kaki.

Tapi jika gejala pilek Anda disertai dengan sesak nafas, batuk parah, sakit kepala, dan demam, Anda harus beristirahat total. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, banyak beristirahat adalah cara untuk memulihkan sistem imun Anda.

  1. Pengobatan yang kurang tepat

Pilek tak kunjung sembuh juga bisa disebabkan oleh kurang tepatnya pengobatan yang Anda terapkan. Penting untuk diingat bahwa antibiotik adalah obat untuk melawan infeksi bakteri, bukan virus yang menyebabkan gejala pilek. Jadi, antibiotik tak akan membantu meredakan gejala yang Anda rasakan.

Sebagai solusinya, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung bahan aktif seperti paracetamol yang bisa meredakan sakit kepala dan demam Anda. Paracetamol juga dapat membantu meredakan nyeri pada tenggorokan.

  1. Terlalu banyak beban pikiran

Ketika Anda terlalu banyak memikirkan persoalan dalam kehidupan Anda, seperti masalah pekerjaan atau personal, hal tersebut akan berakibat buruk pada sistem imun. Jika sistem imun memburuk, tubuh Anda akan kesulitan melawan virus yang menyerang dan pilek Anda pun menjadi semakin parah.

Banyak beban pikiran atau stres membuat tubuh Anda kurang bisa mengelola kortisol, sebuah hormon yang mengontrol respon tubuh kita terhadap ancaman-ancaman virus, seperti virus flu.

  1. Bisa jadi bukan virus flu yang menyerang Anda

Pilek tidak hanya disebabkan oleh virus flu saja. Bisa jadi pilek berkepanjangan yang Anda derita adalah alergi atau infeksi sinus. Gejala flu biasanya muncul secara berangsur, sebaliknya, gejala alergi muncul dengan cepat dan akan selalu ada selama kita melakukan kontak dengan alergen. Tidak seperti flu, umumnya alergi tidak menyebabkan demam.

Infeksi sinus juga bisa jadi penyebab pilek yang Anda derita. Sinus dan flu sama-sama menyebabkan rasa nyeri di sekitar hidung dan mata, serta menyebabkan adanya lendir dalam hidung. Gejala ini biasanya terjadi pada hari-hari awal Anda sakit flu, namun gejala infeksi sinus terjadi lebih lama dari itu.

Nah, pilek tak kunjung sembuh ternyata juga bisa dicari penyebabnya. Setelah membaca penjelasan di atas, sudahkah Anda menemukannya? Jika masih berlanjut, jangan ragu untuk menghubungi dokter agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Membuat Penderitanya Terganggu, Ini Cara Menghilangkan Pilek yang Perlu Anda Ketahui

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

DerSarkissian, Carol. 2020. 6 Reasons Why Your Cold Won’t Go Away. https://www.webmd.com/cold-and-flu/your-cold-wont-go-away

Story, Colleen M. 2019. Will This Cold Go Away on Its Own? https://www.healthline.com/health/cold-flu/go-away

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang