Bantuan

Waspadai, Berikut Ini Ciri-Ciri GERD yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Jan 2022

Bagikan

Waspadai, Berikut Ini Ciri-Ciri GERD yang Perlu Anda Ketahui

Sudahkah Anda tahu apa saja ciri-ciri GERD? GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan suatu kondisi saat asam yang seharusnya ada di lambung, justru naik hingga ke kerongkongan. Kondisi ini tentunya akan menimbulkan gejala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ciri-Ciri GERD

Mengetahui ciri-ciri GERD merupakan salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi kondisi semakin memburuk. Lantas apa saja ciri-ciri GERD tersebut? Berikut ini penjelasan mengenai ciri-ciri GERD yang perlu Anda waspadai. 

  1. Sensasi terbakar di dada

Ciri-ciri GERD yang perlu Anda waspadai pertama yaitu munculnya sensasi terbakar pada dada. Pada umumnya, kondisi ini disebut dengan heartburn yang dapat membuat dada menjadi terasa sakit. Tingkat keparahan yang dialami setiap orang akan berbeda-beda mulai dari ringan hingga berat. Bahkan beberapa orang mungkin menganggap kondisi ini sebagai serangan jantung. 

  1. Mulut menjadi terasa pahit atau asam

Ciri-ciri GERD yang selanjutnya yaitu mulut menjadi terasa asam atau pahit. Kondisi ini terjadi karena, asam lambung yang seharusnya berada di dasar lambung malah naik hingga ke kerongkongan. Setelah naik ke kerongkongan, asam lambung ini akan masuk ke bagian belakang tenggorokan. Kondisi inilah yang membuat Anda merasa pahit atau asam saat GERD kambuh. 

  1. Muncul masalah pada gigi

Asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan dapat mencapai mulut, sehingga mampu merusak permukaan gigi dan juga enamel gigi. Apabila GERD semakin sering terjadi, maka kerusakan gigi pun akan semakin cepat. Oleh karena itu, salah satu ciri-ciri GERD yang perlu Anda waspadai yaitu munculnya masalah pada gigi. 

  1. Sulit menelan

Naiknya asam lambung hingga kerongkongan ternyata dapat menyebabkan dinding sepanjang kerongkongan mengalami iritasi. Kondisi ini membuat Anda sulit menelan baik makanan atau minuman. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan disfagia atau kondisi ketika pasien memerlukan waktu lebih lama dalam menelan sesuatu masuk ke dalam lambung. 

  1. Mulut menjadi bau

Ciri-ciri GERD yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu mulut menjadi bau. Kondisi ini masih berkaitan dengan penyebab mulut menjadi asam atau pahit. Pasalnya, asam lambung yang berhasil masuk ke bagian belakang kerongkongan juga dapat menyebabkan mulut menjadi bau. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat mulut menjadi bau meskipun Anda sering menyikat gigi. 

Baca Juga: Mengenal GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease

Mengatasi GERD

Lalu apa yang harus dilakukan jika mengalami ciri-ciri GERD tersebut? Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu tidak panik, sebaiknya Anda melakukan pertolongan pertama saat asam lambung naik. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi GERD.

  • Longgarkan pakaian

Cara mengatasi GERD yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan melonggarkan pakaian. Pasalnya, salah satu penyebab asam lambung dapat naik hingga ke kerongkongan yaitu karena adanya tekanan pada bagian perut. Oleh karena itu, jika Anda mengalami ciri-ciri GERD seperti dijelaskan di atas, maka segeralah untuk membuka sabuk celana, melonggarkan celana hingga mengganti pakaian dengan yang lebih longgar. 

  • Berdiri

Selain melonggarkan pakaian, Anda juga bisa mengatasi GERD dengan cara berdiri tegak. Pasalnya, beberapa posisi merupakan salah satu penyebab naiknya asam lambung seperti berbaring ataupun rukuk. Oleh karena itu, dengan berdiri tegak, maka asam lambung akan sulit naik hingga ke kerongkongan. Jadi, sebaiknya Anda berdiri tegak jika mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan sebelumnya.  

  • Konsumsi obat asam lambung. 

Cara yang bisa Anda lakukan terakhir dalam mengatasi GERD yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan. Ada banyak obat-obatan yang bisa Anda beli tanpa resep dokter.  Namun, jika GERD yang Anda alami sudah berulang kali terjadi, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan obat yang tepat. 

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri GERD dan cara mengatasinya. Untuk mencegah terjadinya naiknya asam lambung, Anda bisa mulai dengan mengonsumsi makanan sehat dan gaya hidup sehat seperti menghindari rokok dan juga alkohol. Selain itu, olahraga yang teratur juga mampu membuat Anda menjadi sehat secara keseluruhan sekaligus  mencegah naiknya asam lambung.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Mayo Clinic. Gastroesophageal reflux disease (GERD). 
  2. Cleveland Clinic . GERD (Chronic Acid Reflux).
Bagikan artikel ini