Bantuan

Mengetahui Jenis Layanan Kesehatan yang Menyediakan Konsultasi Online

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 26 Apr 2022

Bagikan

Konsultasi Online

Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis layanan kesehatan yang menyediakan konsultasi online? Saat ini fasilitas media telah semakin mudah untuk diakses, dimana saja dan oleh siapa saja tanpa ada batasan. Adanya layanan konsultasi secara online ini tentu akan membantu Anda dalam memperoleh akses tenaga kesehatan dengan lebih mudah. Terlebih lagi, di masa pandemi yang mana layanan konsultasi secara online banyak digunakan. Layanan konsultasi kesehatan online ini dipercaya memberi kemudahan serta kenyamanan untuk setiap masyarakat. 

Jenis Konsultasi Kesehatan Online

Konsultasi online yang dilakukan dokter tentu tidak akan mudah, bila dilakukan dalam jangkauan jarak jauh. Juga tidak semua pasien memiliki kondisi yang dapat dikonsultasikan secara daring. Dimana terdapat beberapa kondisi yang memerlukan pemeriksaan langsung. Di bawah ini merupakan beberapa jenis layanan kesehatan yang memungkinkan melakukan konsultasi online.

  1. Dokter Umum

Layanan kesehatan pertama yang memungkinkan untuk melakukan konsultasi online yakni dokter umum. Hal ini karena dokter umum mempunyai cakupan yang luas serta biasa menerima konsultasi dari beragam kondisi pasien yang sangat berbeda. Jika seseorang mengalami gangguan kesehatan yang ringan, dimana sifatnya masih tergolong umum maka dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online. Anda dapat menanyakan banyak hal melalui sesi konsultasi online dokter umum. Misalnya dengan mendiskusikan gejala yang dialami dan juga obat apa yang dapat dikonsumsi. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan gaya hidup seperti apa yang sebaiknya dijalankan. Nantinya, dokter umum dapat memberi analisis dan arahan yang sesuai dengan informasi gejala yang telah diberitahukan oleh pasien. 

  1. Dokter Spesialis Anak

Jika Anda memiliki anak untuk dirawat, maka konsultasi dokter spesialis anak sekarang ini bisa Anda lakukan melalui konsultasi online. Anda dapat melakukan konsultasi dengan DSA kapan saja dan dimana saja saat membutuhkannya. Adanya layanan ini tentu saja membuat orang tua lebih mudah dalam merawat sang buah hati. Anda dapat melakukan konsultasi dengan DSA mulai dari baru lahir sampai anak tumbuh besar. Bila anak mengalami gangguan kesehatan, ibu dapat menggunakan layanan konsultasi online sebagai sebuah langkah mula. Saat konsultasi secara online, Anda dapat memberitahukan apa saja gejala yang anak alami. Oleh karenanya, DSA dapat memberi diagnosis dan juga arahan yang tepat. Bila memang diperlukan tindakan lanjut untuk menangani gangguan kesehatan anak, maka Anda wajib untuk memeriksakan kondisi anak dengan langsung bertemu dokter.

  1. Dokter Kandungan

Jika ingin melakukan konsultasi dengan dokter kandungan, Anda juga dapat menggunakan layanan konsultasi online. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa jadwal kontrol tatap muka atau langsung, tetap harus dipenuhi. Layanan konsultasi kesehatan kandungan hanya dapat Anda pilih ketika kondisi mendesak. Juga atau ketika ibu memiliki pertanyaan mengenai kehamilannya, yang mana membutuhkan tanya jawab dengan dokter. Layanan konsultasi kesehatan kandungan ini juga dapat digunakan oleh mereka yang mempunyai masalah reproduksi. Bukan hanya kondisi kehamilan, namun Anda juga dapat berkonsultasi mengenai siklus menstruasi. Konsultasi secara online masih dianggap cukup, selama tidak memerlukan pemeriksaan lebih lanjut secara langsung yang mendukung. 

  1. Psikiater

Gangguan mental dan jiwa menjadi salah satu masalah kesehatan yang tidak kalah penting untuk memperoleh pertolongan secara cepat. Bila Anda merasa malu dengan masalah kesehatan ini, maka konsultasi online adalah pilihan yang sangat tepat. Banyak orang yang mengalami gangguan mental dan depresi mungkin merasa malu, saat ingin melakukan konsultasi secara langsung atau tatap muka. Konsultasi dengan psikiater akan membantu mereka yang menderita depresi atau masalah kesehatan lainnya. Arahan yang diberikan oleh psikiater dapat memberi solusi untuk mereka dapat hidup bahagia dan normal. Apabila diperlukan obat untuk mengatasi masalah mental, maka psikiater dapat memberi resep obat yang tepat. Oleh karenanya, tidak ada cerita bahwa pasien dengan gangguan mental sembarangan mengonsumsi obat. 

Selain itu, konsultasi online juga diberikan oleh dokter spesialis lainnya, ini disarankan dilakukan oleh mereka yang telah berkunjung langsung dan juga selesai didiagnosis. Jika ingin konsultasi daring berjalan lancar, maka pastikan bahwa Anda telah mengetahui kondisi diri serta tanda vital. Anda dapat memperoleh resep obat bila konsultasi daring yang dilakukan, tidak memerlukan pemeriksaan langsung secara tatap muka. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi

What is Telemedicine?

How does Telemedicine Work?

Bagikan artikel ini