Bantuan

Tidak Hanya Baik bagi Tulang, Ini Dia Ragam Manfaat Vitamin D untuk Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 May 2022

Bagikan

Tidak Hanya Baik bagi Tulang, Ini Dia Ragam Manfaat Vitamin D untuk Tubuh Manusia

Apakah Anda tahu apa saja manfaat vitamin D bagi tubuh manusia? Mungkin banyak dari Anda yang mengenal vitamin D dengan manfaatnya untuk kesehatan tulang. Namun sebenarnya, masih ada banyak manfaat lain yang diberikan vitamin D untuk kesehatan manusia. Lantas apa saja manfaat vitamin D tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

Manfaat Vitamin D

Mungkin Anda sering bertanya-tanya, ada manfaat berjemur beberapa menit di pagi hari? Hal ini karena, sinar matahari pagi mampu membantu tubuh manusia untuk memproduksi vitamin D. Adapun manfaat vitamin D bagi tubuh manusia adalah sebagai berikut. 

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa waktu lalu, banyak rumor yang beredar bahwa berjemur di pagi hari mampu menangkal Covid-19. Hal ini tidaklah sepenuhnya salah karena pada dasarnya dengan berjemur di pagi hari dapat merangsang produksi vitamin D. Vitamin D ini akan meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara menunjang sel darah putih dalam melawan patogen yang masuk ke dalam tubuh. 

  1. Menyehatkan tulang dan gigi

Manfaat vitamin D yang selanjutnya, yaitu mampu menyehatkan tulang dan gigi. Pasalnya, vitamin D ini akan membantu penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium itu sendiri merupakan salah satu mineral yang penting untuk tulang yang membuatnya tetap kuat. Jika seseorang kekurangan vitamin D, maka akan meningkatkan risiko osteoporosis dan rakitis. 

  1. Mencegah penyakit autoimun

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa vitamin D juga bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit autoimun. Penyakit autoimun yang mampu dicegah oleh vitamin D yaitu multiple sklerosis yang banyak diderita oleh wanita. Hal ini dikaitkan pada manfaat sebelumnya, yang mana vitamin D mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga melawan berbagai macam penyakit. 

  1. Mencegah penyakit kronis

Tidak hanya mampu mencegah penyakit autoimun, vitamin D juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan lainnya. Hal ini karena vitamin D memiliki hormon yang bernama calcitriol yang dapat mengurangi perkembangan sel kanker. Selain itu, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan produksi insulin dan toleransi glukosa akan terganggu. 

  1. Mencegah depresi

Tahukah Anda, ternyata vitamin D juga bermanfaat dalam mencegah depresi. Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian, salah satunya menyebutkan bahwa orang yang depresi mengalami perbaikan setelah mengkonsumsi suplemen vitamin D. Oleh karena itu, pastikan asupan vitamin D harian Anda tercukupi agar terhindar dari depresi. 

Baca juga: Tabir surya dan kekurangan vitamin D: apakah berhubungan

 

Sumber Vitamin D

Untuk mendapatkan berbagai manfaat yang disebutkan di atas, tentu asupan vitamin D perlu untuk selalu tercukupi. Salah satu caranya, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari saat pagi hari. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa sumber vitamin D  lainnya. Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber vitamin D.

  1. Telur

Makanan yang bisa Anda konsumsi untuk sumber vitamin D, yaitu telur. Makanan yang murah dan mudah ditemukan ini memiliki banyak manfaat dan menjadi salah satu sumber protein yang berkualitas tinggi. Lalu untuk vitamin D nya, terdapat pada bagian kuning telurnya. Kandungan vitamin D dalam telur akan meningkat jika ayamnya berkeliaran di kembangbiakan di bawah sinar matahari. 

  1. Jamur

Selain telur, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dengan mengonsumsi jamur. Hal ini karena jamur memiliki pro vitamin yang bernama ergosterol sehingga mampu mensistetiskan vitamin D. Akan tetapi, jamur yang dikembangbiakan di dalam ruangan tidak memiliki kandungan ini. 

Baca juga: Jamur Enoki, Jamur Kecil dengan Sejuta Manfaat

  1. Ikan 

Sumber vitamin D yang bisa Anda konsumsi selanjutnya, yaitu mengkonsumsi ikan seperti ikan salmon dan ikan sarden. Bahkan, mengkonsumsi ikan sarden sebanyak 100 gram mampu mencukupi kebutuhan vitamin D harian sebanyak 22%. 

Cukup sekian penjelasan mengenai manfaat vitamin D bagi tubuh manusia. Perlu diperhatikan, walaupun berjemur di bawah sinar matahari mampu meningkatkan produksi vitamin D, tetapi Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit hingga kanker kulit.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Ware, Megan. What are the health benefits of vitamin D?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/161618#benefits

Cleveland Clinic. 2019. How to Get More Vitamin D From Your Food. https://health.clevelandclinic.org/how-to-get-more-vitamin-d-from-your-food/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang