Berbagai Manfaat Kacang Kedelai yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Berbagai Manfaat Kacang Kedelai yang Perlu Anda Ketahui

Siapa yang masih meragukan manfaat kacang kedelai? Jika Anda termasuk salah satunya, tahan dulu pendapat Anda, karena ternyata kacang yang memiliki rasa lezat ini, memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat dari kacang kedelai ini datang dari kandungan nutrisinya yang beragam, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, serat, dan masih banyak lagi.

Lantas apa saja manfaat kacang kedelai itu sendiri? Berikut ini adalah beberapa di antara manfaat kacang kedelai yang perlu Anda ketahui. 

  1. Menyehatkan Jantung

Manfaat kacang kedelai yang bisa Anda dapatkan pertama yaitu menyehatkan jantung. Hal ini karena kacang kedelai merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik untuk jantung. Tidak hanya itu, kacang kedelai juga memiliki kandungan protein dan isoflavon yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Kadar kolesterol dalam tubuh yang terkontrol akan menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Kacang kedelai juga bermanfaat dalam membantu Anda menurunkan berat badan. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang dalam program diet, disarankan untuk memiliki kacang kedelai sebagai cemilan sehat. Di dalam kacang kedelai terdapat kandungan protein dan serat yang tinggi, sehingga dapat membuat rasa kenyang bertahan lama. 

  1. Mengontrol Gula Darah

Manfaat kacang kedelai yang bisa Anda dapat lainnya yaitu dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini karena kacang kedelai memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan nilai yang menunjukkan seberapa cepat tubuh memproses karbohidrat menjadi gula darah. Apabila suatu makanan memiliki indeks glikemik yang rendah, berarti makanan tersebut memiliki potensi mengalami kenaikan gula darah secara tiba-tiba relatif kecil. 

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kacang kedelai juga bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena kacang kedelai memiliki kandungan serat yang dapat menjaga saluran pencernaan tetap sehat. Manfaat ini juga datang dari kandungan isoflavon yang akan melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Selain itu, isoflavon juga dapat  membantu kerja usus menjadi lebih lancar. 

  1. Mencegah Kanker Payudara

Manfaat kacang kedelai yang selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker payudara. Banyak yang menganggap bahwa kacang kedelai dapat menyebabkan kanker payudara. Pada faktanya, kacang kedelai justru mencegah kanker payudara karena kandungan serat yang tinggi. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat menurunkan risiko kanker payudara. 

  1. Mencegah Kanker Prostat

Selain mencegah kanker payudara, kacang kedelai juga dapat mencegah terjadinya kanker prostat. Sama halnya kanker payudara, kacang kedelai juga banyak dipercaya dapat menyebabkan kanker prostat. Padahal hingga saat ini masih diteliti hubungan kacang kedelai dengan kesuburan pria. Selain itu, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa makanan yang mengandung serat memiliki manfaat untuk menurunkan kanker prostat. 

  1. Meredakan Gejala Menopause pada Wanita

Memasuki usia 45 sampai 55 tahun, para wanita dihadapkan dengan masa menopause yang biasanya dapat menimbulkan beberapa gejala tertentu, seperti sensasi kepanasan atau kegerahan di malam hari. Kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh perubahan tingkat produksi hormon estrogen yang dalam hal ini tengah mengalami penurunan drastis. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba konsumsi kacang kedelai yang dipercaya dapat meringankan gejala-gejala dari menopause tersebut.

  1. Menjadi Alternatif Pengganti Susu Sapi

Apabila Anda memiliki intoleransi laktosa atau memiliki alergi terhadap susu sapi, susu kacang kedelai dapat menjadi alternatif berikutnya yang sehat. Begitupun apabila Anda adalah seorang vegan yang menghindari konsumsi makanan dari hewan, susu kedelai ini tidak kalah lezat dan memiliki manfaat yang setara dengan susu sapi. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat kacang kedelai yang perlu Anda ketahui. Setelah membaca berbagai macam manfaat yang didatangkan dari kacang kedelai tersebut, apakah Anda sudah tergugah untuk memasukkan kacang kedelai ke dalam menu makanan sehari-hari? Jika iya, jangan lupa untuk tetap bijak dalam konsumsi kacang kedelai, hindari mengkonsumsi dengan berlebihan, dan segera kunjungi dokter apabila Anda memiliki alergi kacang tertentu dan ingin tetap mendapatkan manfaat kacang kedelai itu sendiri.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Arnarson, Atli. 2019. Soybeans 101: Nutrition Facts and Health Effects. 

Shukla, Swati. 2020. Top 10 Health Benefits of Soybean.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi