Banyak Manfaatnya, Berikut Ini Makanan Mengandung Vitamin B Yang Bisa Anda Konsumsi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Nov 2021

Bagikan

Banyak Manfaatnya, Kenali Makanan yang Mengandung Vitamin B

Apakah Anda tahu makanan mengandung vitamin B itu apa saja? Vitamin B memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari fungsi otak, pembentukan energi, dan lainnya. Selain itu, vitamin B juga merupakan vitamin yang larut dalam air, sehingga dibutuhkan setiap harinya. Lantas, apa saja makanan yang mengandung vitamin B? 

Sebelum Anda mengetahui makanan yang mengandung vitamin B, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu manfaat vitamin B untuk tubuh. Vitamin B itu sendiri terdiri dari 8 vitamin B lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya. 

Manfaat Vitamin B

Vitamin B terdiri dari 8 jenis vitamin yang diantaranya yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Berikut ini penjelasan manfaat vitamin B berdasarkan jenisnya. 

  • Vitamin B1 bermanfaat untuk memecah gula menjadi energi, membantu pembuatan asam lemak dan mensintesis beberapa hormon.

  • Vitamin B2 bermanfaat untuk memproduksi energi dan menjaga kesehatan mata serta kulit.

  • Vitamin B3 bermanfaat untuk mengubah lemak, karbohidrat dan protein menjadi energi.

  • Vitamin B5 bermanfaat untuk memproduksi koenzim dan juga sel darah merah.

  • Vitamin B7 bermanfaat untuk mengatur DNA.  Selain itu, vitamin B7 juga sering digunakan pada produk kecantikan untuk menambahkan biotin pada kuku, kulit, dan juga rambut. 

  • Vitamin B9 bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah dan perkembangan janin bagi ibu hamil. 

  • Vitamin B12 bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan saraf.

Baca Juga: Manfaat Vitamin C Bagi Imunitas Tubuh

Makanan Mengandung Vitamin B

Manfaat yang diberikan oleh vitamin B untuk tubuh sangatlah penting. Oleh karena itu, Anda perlu untuk menjaga asupan vitamin B pada tubuh Anda. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung vitamin B yang dapat Anda konsumsi.

  1. Telur

Makanan mengandung vitamin B yang pertama ini sangat mudah untuk Anda temui yaitu telur. Telur mengandung biotin yang tinggi dan juga beberapa vitamin B. Dalam setiap 50 gram telur ayam, setidaknya terdapat 15% vitamin B2, 7% vitamin B5, 33% vitamin B7, 5%  vitamin B9, dan 9% vitamin B12.

  1. Daging Ayam

Makanan yang selanjutnya yaitu daging ayam. Sama halnya dengan telur ayam, daging ayam juga merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yang mudah untuk ditemukan.

Sebagai makanan yang sering dikonsumsi, daging ayam mengandung banyak vitamin B yang diperlukan tubuh. Setiap 100 gram dada ayam setidaknya terdapat kandungan vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B12.

  1. Sayuran Hijau

Selain dari daging ayam dan telur, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin B dari sayur-sayuran. Sayur-sayuran yang mengandung vitamin B yaitu sayuran hijau seperti lobak dan bayam. Vitamin B yang banyak terkandung di dalam sayuran hijau yaitu vitamin B9. Agar vitamin ini tidak hilang saat dimasak, sebaiknya Anda mengolahnya dengan cara dikukus hingga separuh empuk. 

  1. Buah-Buahan

Makanan yang mengandung vitamin B selanjutnya yaitu buah-buahan. Beberapa buah-buahan yang mengandung vitamin B yaitu, pisang, anggur, nanas, melon, kurma, apel, alpukat, mangga, jeruk, jambu biji, hingga stroberi. 

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga banyak mengandung vitamin B. Sama seperti sayuran hijau, kacang-kacangan banyak mengandung vitamin B9 atau folat. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi untuk asupan vitamin B yaitu, kacang merah, kacang kedelai, kacang hitam, dan kacang pinto

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang mengandung banyak vitamin B. Setidaknya ikan salmon memiliki kandungan vitamin B yang meliputi vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6 dan vitamin B12. Tidak hanya itu, ikan salmon juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi, mineral, serta protein.

  1. Daging Sapi

Makanan yang mengandung vitamin B terakhir yaitu daging sapi. Daging sapi merupakan salah satu makanan yang banyak memiliki kandungan vitamin B. Daging sapi setidaknya mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan juga vitamin B12. Selain vitamin B, daging sapi juga mengandung, zat besi, zinc, fosfor dan selenium. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat vitamin B dan juga makanan yang mengandung vitamin B. Untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin B harian, Anda dapat memvariasikan beberapa makanan di atas untuk dikonsumsi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sederet Manfaat Vitamin D yang Tidak Bisa dilewatkan

 

Sumber:

1. Cronkleton, Emily. Why Is Vitamin B Complex Important, and Where Do I Get It? (2019)

2. McCulloch, Marsha. 15 Healthy Foods High in B Vitamins (2018)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi