Selain Dapat Membantu Program Diet, Ini Manfaat Chia Seed Lainnya!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Selain Dapat Membantu Program Diet, Ini Manfaat Chia Seed Lainnya!

Menjadi salah satu makanan tersehat di dunia, apa saja manfaat chia seed yang bisa didapatkan dari makanan berukuran mini ini? Chia seed mengandung banyak nutrisi yang memiliki manfaat penting bagi tubuh dan otak manusia. Chia seed merupakan biji hitam kecil dari tanaman Salvia hispanica, yang memiliki kaitan dengan mint. Pada masa tersebut, chia seed menjadi makanan penting bagi suku Aztec dan Maya. Terlepas dari sejarah kuno suku tersebut sebagai makanan pokok, chia seed sekarang ini dikenal sebagai makanan super. 

Berikut ini beberapa manfaat chia seed untuk kesehatan Anda :

  1. Sedikit kalori, banyak nutrisi. Meski berukuran sangat kecil, namun chia seed memiliki kandungan nutrisi yang kuat. Dalam chia seed terkandung serat, proten, lemak, mangan, kalsium, magnesium, fosfor, seng, vitamin B3, dan vitamin B2. Hal ini mengesankan bukan? Tak sampai disitu, chia seed juga makanan gandum utuh yang biasanya ditanam secara organik.

  2. Kaya akan antioksidan, dikatakan bahwa area dimana chia seed bersinar merupakan area dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini dapat melindungi lemak sensitif dalam biji agar tidak tengik. Meskipun manfaat chia seed satu ini masih diperdebatkan, namun peneliti menyetujui bahwa mendapatkan antioksidan dari makanan bisa memberikan efek kesehatan yang baik. Fungsi penting dari antioksidan adalah melawan produksi radikal bebas yang mana dapat merusak molekul sel dan berkontribusi terhadap penuaan, dan kanker.

  3. Mengandung banyak serat, dalam satu ons atau 28 gram chia seed terkandung 12 gram karbohidrat. Namun, 11 gram diataranya adalah serat yang tidak dicerna oleh tubuh Anda. Serat tidak akan meningkatkan gula darah, atau membutuhkan insulin untuk dibuang. Meskipun, termasuk dalam karbohidrat, namun efek kesehatan berbeda dengan dari karbohidrat yang dapat dicerna seperti pati dan gula. Kandungan karbohidrat dalam chia seed yang dapat dicerna hanya satu gram per ons, dimana sangat rendah. Hal ini membuat chia seed menjadi makanan ramah rendah karbohidrat. 

  4. Manfaat chia seed selanjutnya adalah nutrisi diet yang paling ramah untuk menurunkan berat badan, karena mengandung protein yang miliki beragam manfaat kesehatan. Berdasarkan beratnya, kandungan protein dalam chia seed lebih tinggi 14 persen dibandingkan dengan tanaman lainnya. Asupan protein yang tinggi bisa menurunkan nafsu makan, dikatakan bahwa chia seed menjadi sumber protein yang sangat baik, terutama untuk orang yang makan sedikit atau tidak mengonsumsi produk hewani. 

  5. Menurunkan risiko penyakit jantung, manfaat chia seed ini karena adanya kandungan serat, protein, dan omega 3 yang tinggi. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa chia seed dapat mengurangi tekanan darah pada orang yang mengalami hipertensi. Dimana hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. 

  6. Mengurangi kadar gula darah, dimana kadar gula darah tinggi biasanya dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung. Tak hanya itu, kadar gula darah tinggi juga sering dikaitkan dengan penyakit diabetes. Penelitian yang dilakukan pada hewan menghasilkan bahwa chia seed dapat meningkatkan sensitivitas insulin, serta mengontrol gula darah, dan menstabilkan kadar gula darah setelah makan. 

  7. Mengurangi peradangan kronis, dimana manfaat chia seed ini dapat mengurangi penanda inflamasi. Meski, demikian manfaat kesehatannya belum pasti dan masih membutuhkan banyak penelitian untuk membuktikannya. Peradangan merupakan respons normal tubuh terhadap infeksi dan cedera, misalnya kulit merah dan bengkak. Peradangan kronis sering kali tidak memiliki tanda yang terlihat, namun bisa dinilai dengan mengukur penanda inflamasi dalam darah anda.

Manfaat chia seed lainnya adalah dapat meningkatkan rasa kenyang, memperlambat penyerapan makanan, dan membantu Anda secara otomatis makan lebih sedikit  kalori. Serat juga memberi makan bakteri baik pada usus, yang mana bakteri ini juga penting untuk kesehatan tubuh Anda. Selain memiliki beragam kandungan nutrisi, chia seed juga mudah untuk dikonsumsi dan disiapkan. Anda dapat mengkonsumsinya dengan yogurt atau mencampurkannya dengan bubur. Bisa juga Anda campurkan dengan smoothies atau dengan teh lemon hangat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Beragam Manfaat Chia Seed


Referensi :

https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-health-benefits-of-chia-seeds#TOC_TITLE_HDR_13

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi