Bantuan
Bantuan

Seluk Beluk Anxiety Disorder yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Jan 2022

Bagikan

Seluk Beluk Anxiety Disorder yang Perlu Diketahui

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan anxiety disorder? Memiliki rasa cemas (anxiety) sejatinya merupakan hal yang wajar. Dalam hal ini, rasa cemas, takut khawatir merupakan salah satu jenis emosi dasar yang ada dalam setiap diri manusia. 

Meskipun begitu, pada banyak kasus, rasa cemas ini berkembang menjadi lebih parah dan cenderung berlebihan, sulit dikendalikan, dan pada akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal inilah yang kemudian dapat disebut pula sebagai anxiety disorder atau gangguan kecemasan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai anxiety disorder serta cara mencegah dan mengobatinya, simak terus pembahasan berikut ini. 

Baca Juga: Termasuk Salah Satu Gangguan Mental, Kecemasan Adalah?

Pengertian Anxiety Disorder

Anxiety disorder adalah suatu jenis gangguan kesehatan mental yang dalam hal ini ditandai dengan timbulnya rasa takut dan khawatir secara berlebihan, merasa terus-menerus diawasi, dihakimi, dan dipermalukan oleh setiap orang. Seseorang dengan anxiety disorder ini akan mengalami rasa takut berlebihan dalam bentuk yang tidak wajar, cenderung menetap, dan mengganggu kehidupan sehati-hari.

Gangguan kecemasan atau anxiety disorder ini sejatinya dapat menimpa siapa saja. Meskipun begitu, gangguan ini pada umumnya diderita oleh orang dewasa. Penderitanya dalam hal ini akan kesulitan dalam menjelaskan hal yang menjadi penyebab ia tiba-tiba merasa cemas, takut, dan khawatir secara berlebihan.

Baca Juga: Merasa Alami Mental Breakdown? Pahami Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Cara Mencegah Anxiety Disorder

Agar tidak terserang gangguan mental yang satu ini, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda terapkan dalam keseharian. Adapun beberapa cara mencegah anxiety disorder di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Berpikir positif

Terus menjaga pikiran tetap positif adalah tindakan pencegah terbaik dari timbulnya gejala anxiety disorder yang pada umumnya disebabkan oleh pikiran negatif, baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar. 

  • Bercerita ke orang lain

Dengan membicarakan kecemasan-kecemasan yang dimiliki pada orang lain (orang tua, teman, atau psikolog), Anda bisa mendapatkan dukungan-dukungan dan bahkan solusi dari permasalahan yang tengah dihadapi. Hal ini juga mencegah terjadinya overthinking yang biasanya menyebabkan timbulnya gejala anxiety disorder.

  • Mengonsumsi makanan bergizi

Disadari atau tidak, makanan bergizi sejatinya sangat mempengaruhi suasana hati seseorang. Dalam hal ini, Anda perlu menghindari konsumsi makanan dan minuman berkafein karena dapat membuat suasana hati tak menentu. Sebaliknya, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang tinggi serat.

  • Berolahraga dengan teratur

Salah satu penyebab anxiety disorder, yaitu kondisi yang tidak prima. Jadi, untuk mencegahnya Anda berolahraga dengan teratur agar tubuh tetap prima. Selain itu, olahraga juga dapat menghasilkan hormon endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih tenang. 

Baca Juga: Salah Satu Tindakan Melimpahkan Kesalahan pada Orang Lain, Ciri Playing Victim adalah?

Cara Mengobati Anxiety Disorder

Apabila Anda memiliki anxiety disorder, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Lalu apa saja cara mengobati anxiety disorder tersebut? Simak caranya di bawah ini. 

  1. Terapi perilaku kognitif

Cara untuk mengobati anxiety disorder yang pertama, yaitu melalui terapi perilaku kognitif. Terapi ini bertujuan untuk membuat penderita anxiety disorder dapat mengubah serta mengenali perilaku yang membuatnya menjadi cemas. Tidak hanya itu, terapi perilaku kognitif juga akan membantu penderita untuk tidak mengubah pemikiran biasa menjadi pemikiran negatif. Terapi ini akan dibentuk oleh psikiater atau psikolog dengan cara mengajarkan teknik relaksasi. 

  1. Obat-obatan

Selain melalui terapi perilaku kognitif, anxiety disorder juga dapat diobati dengan mengonsumsi obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan yang sering digunakan, yaitu obat antidepresan, pregabalin, dan benzodiazepine. Akan tetapi, obat ini hanya dapat dikonsumsi sesuai dengan resep dokter. Selain itu, penderita anxiety disorder juga harus rutin berkonsultasi dengan dokter selama pengobatan berlangsung. Hal ini bertujuan agar dokter mengetahui perkembangan pasien. 

  1. Latihan pernapasan

Cara mengobati anxiety disorder berikutnya ini lebih bersifat mandiri dan bisa Anda coba terapkan di rumah. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba untuk rutin melakukan latihan pernapasan. Pada saat Anda merasa cemas secara berlebihan, cobalah untuk mengambil napas yang panjang. Dengan melakukan  latihan pernapasan ini secara rutin, sistem saraf parasimpatik yang membuat perasaan tenang akan dapat diaktifkan sehingga gejala anxiety disorder dapat diatasi.  

Demikianlah penjelasan singkat mengenai anxiety disorder dan beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegahnya. Apabila Anda merasa memiliki gejala anxiety disorder, segeralah minta bantuan tenaga profesional untuk mendapatkan diagnosa dan cara pengobatan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Mayo Clinic, 2018. Anxiety disorders. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anxiety/diagnosis-treatment/drc-20350967
  2. Holland, Kimberly. 2020. Everything You Need to Know About Anxiety. https://www.healthline.com/health/anxiety
  3. Better Health. Managing and treating anxiety. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/anxiety-treatment-options
Bagikan artikel ini