Bantuan
Bantuan

Termasuk Salah Satu Gangguan Mental, Kecemasan Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Nov 2021

Bagikan

Termasuk Salah Satu Gangguan Mental, Kecemasan Adalah?

Kecemasan adalah gangguan psikologis yang memiliki karakteristik berupa rasa takut, rasa gugup, dan perasaan kekhawatiran lainnya. Pada dasarnya, rasa cemas adalah sesuatu hal yang wajar dan akan dihadapi oleh setiap orang. Namun akan menjadi masalah apabila perasaan tersebut menghambat kehidupan sehari-hari. 

Kecemasan adalah salah satu gangguan mental yang menyebabkan penderitanya mengalami ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan. Gangguan ini akan mempengaruhi emosi, perilaku bahkan perubahan fisik, seperti tekanan darah yang meningkat. 

Penyebab Kecemasan

Lalu apakah yang menyebabkan kecemasan bisa terjadi? Sebenarnya penyebab kecemasan hingga saat ini tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecemasan. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan kecemasan berlebihan. 

  1. Faktor genetik

Faktor pertama yang  dapat menyebabkan kecemasan adalah faktor genetik. Dalam sebuah penelitian disebutkan  bahwa kecemasan dapat diwariskan kepada keturunan. Tidak hanya itu, dalam penelitian lain disebutkan bahwa 30% hingga 40% kecemasan disebabkan oleh faktor genetik. 

  1. Faktor lingkungan

Penyebab kecemasan yang berikutnya, yaitu faktor lingkungan. Hal ini karena lingkungan dapat memberikan tekanan yang besar kepada seseorang. Sebagai contoh, anak yang memiliki tekanan saat  bersekolah yang harus ditanggung dalam jangka waktu lama. 

  1. Kondisi fisik

Kondisi fisik merupakan faktor penyebab stress yang selanjutnya, bahkan dalam penelitian disebutkan sebanyak 40% penderita diabetes mengalami gangguan kecemasan. 

Gejala-Gejala Kecemasan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kecemasan adalah suatu hal yang wajar. Namun akan perlu diwaspadai apabila sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui berbagai gejala-gejala kecemasan berikut ini. 

  • Sulit untuk berkonsentrasi pada suatu hal. 

  • Sulit untuk mengambil suatu keputusan.

  • Mudah tersinggung dan gelisah. 

  • Merasa cemas terhadap sesuatu secara berlebihan. 

  • Berlebihan saat memikirkan rencana dan solusi untuk keadaan terburuk yang belum tentu terjadi. 

Perlu Anda ketahui juga, ternyata kecemasan juga menimbulkan gejala pada fisik juga. Beberapa gejala pada fisik meliputi.

  • Sakit perut

  • Merasa lelah

  • Sakit kepala

  • Gangguan tidur

  • Keringat berlebihan

Tipe Gangguan Kecemasan

Ternyata gangguan kecemasan terdiri dari berbagai tipe yang disebabkan oleh banyak faktor yang berbeda. Berikut ini beberapa tipe gangguan kecemasan yang perlu Anda ketahui. 

  1. Generalized Anxiety Disorder (GAD)

Tipe gangguan kecemasan yang pertama, yaitu generalized anxiety disorder atau GAD. Gangguan ini ditandai dengan terjadinya kecemasan kronis yang disertai rasa khawatir yang berlebihan. Orang yang mengalami gangguan kecemasan ini biasanya akan merasa cemas secara tiba-tiba walaupuan tidak terjadi apa-apa. 

  1. Fobia Sosial

Fobia sosial merupakan gangguan kecemasan yang terjadi ketika merasa khawatir terhadap perilaku yang akan mempermalukan diri sendiri atau khawatir akan melukai perasaan orang lain.  Orang yang memiliki gangguan kecemasan ini akan sulit untuk bergaul dan berhubungan dengan orang lain. 

  1. Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Tipe gangguan kecemasan yang terakhir, yaitu post traumatic stress disorder atau PTSD. Gangguan kecemasan ini umumnya terjadi karena suatu kejadian yang membuat seseorang mengalami trauma seperti kejadian yang dapat mengancam nyama. Umumnya gangguan ini dialami oleh para veteran peran atau korban kecelakaan. 

Perawatan Gangguan Kecemasan

Lalu bagaimanakah cara melakukan  perawatan pada gangguan kecemasan? Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk merawat gangguan kecemasan. Berikut ini beberapa perawatan pada gangguan kecemasan. 

  1. Terapi kognitif

Perawatan gangguan kecemasan yang pertama, yaitu terapi kognitif. Terapi ini dilakukan untuk mengubah perilaku serta pola pikir yang menyebabkan munculnya rasa cemas. Selain itu, terapi kognitif juga membantu pasien untuk tidak mengubah pikiran normal menjadi sesuatu yang negatif. 

  1. Obat-obatan 

Perawatan gangguan kecemasan yang selanjutnya, yaitu melalui obat-obatan. Pemberian obat-obatan bertujuan untuk meredakan keluhan pada penderita gangguan kecemasan. Obat-obatan yang biasanya diberikan, yaitu antidepresan, pregabalin, dan benzodiazepine.

Nah, itulah beberapa seluk beluk mengenai kecemasan yang perlu Anda ketahui. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kecemasan adalah suatu kondisi yang wajar, tetapi bisa menjadi suatu gangguan apabila terlalu berlebihan. Untuk menghindari berbagai gangguan kecemasan ini, Anda bisa melakukan teknik relaksasi, seperti yoga dan meditasi. Anda juga bisa rutin berolahraga untuk membantu meningkatkan kesehatan  tubuh sekaligus kesehatan mental. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Art Therapy: Cara Unik dan Beda Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental

 

Sumber: 

Felman, Adam. 2020. What to know about anxiety. 

Felton, Kathleen. 2017. The 5 Types of Anxiety Disorders You Need to Know About. 

 

WebMD. 2020. Anxiety Disorders.

Bagikan artikel ini