Bantuan
Free Tele x

Apa itu Manajemen Stress dan Mengapa Diperlukan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Oct 2021

Bagikan

Apa itu Manajemen Stress dan Mengapa Diperlukan?

Manajemen stress adalah sebuah cara atau metode yang dilakukan untuk mengelola keadaan hati dan pikiran yang dapat menyebabkan seseorang stres. Manajemen stress  sangat penting dan akan sangat dibutuhkan selama hidup. Stress adalah bagian dari kehidupan manusia, sehingga seseorang tidak dapat menghindarinya selama masih hidup didunia. Namun, bisa di atasi dengan melakukan manajemen stress.

Stress itu sendiri adalah kondisi atau reaksi tubuh terhadap suatu keadaan yang tidak mengenakan, berbahaya atau sulit. Stress terbagi atas dua macam yaitu stress ringan dan stress berat. Stress ringan adalah stress yang tidak begitu mengganggu kondisi jiwa dan fisiologi seseorang. Stress ringan dapat diatasi dengan mudah seperti dengan mencari situasi baru, melakukan hal – hal yang menyenangkan hati, fikiran dsb. 

Adapun stress berat sesuai dengan namanya perlu diwaspadai karena dapat mengganggu kondisi kejiwaan dan fisiologis seseorang. Stress berat perlu dikonsulasikan dengan dokter. Keadaan stress berat jangan dibiarkan lama, karena dapat membahayakan kesehatan. Berikut adalah gejala – gejala stress yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pusing 

  2. Sakit kepala

  3. Mudah lelah

  4. Mudah tersinggung dan marah

  5. Menjadi lebih agresif

  6. Sulit berkonsentrasi dan menjadi mudah lupa

  7. Porsi makan menjadi lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya

  8. Susah tidur

  9. Kepercayaan diri menurun

  10. Suasana hati berubah drastis

 

Apa Itu Manajemen Stress

Tentu saja untuk bisa melakukan manajemen stress seseorang harus tahu terlebih dahulu mengenai apa itu manajemen stress dan bagaimana cara manajemen stress yang baik dan benar. Manajemen stress adalah bentuk upaya atau usaha seseorang dalam mengendalikan stress tersebut. Selain itu, manajemen stress adalah tindakan yang mencakup proses berpikir, mengidentifikasi serta menyelesaikan sebuah masalah. 

Adapun bagaimana cara manajemen stress adalah sebagai berikut :

  1. Mencari tahu penyebab stress yang dialami

  2. Menghindari stress yang tidak perlu

  3. Beradaptasi dengan penyebab stress

  4. Lakukan hal yang disukai 

  5. Menerapkan pola hidup sehat

Mengapa manajemen Stress Diperlukan?

Selanjutnya mengapa perlu adanya manajemen stress, tentu saja karena manajemen stress adalah salah satu cara menyelesaikan stress tersebut. Manajemen stress bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup seseorang. Coba bayangkan jika seseorang mengalami stress lalu tidak ada manajemen stress yang dilakukan atau upaya menghadapi stress tersebut, yang awalnya kondisi fisik dan mental orang tersebut sehat karena dibiarkan stress maka akan merusak kondisi fisik dan mentalnya. Bahkan hal terparah jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga: Mengapa Stres Menyebabkan Gangguan Sistem Pencernaan?

Apa Saja Penyebab Munculnya Stress? 

Penyebab munculnya stress pada setiap orang tentu saja berbeda – beda. Hal ini tergantung situasi dan kondisi dari masing – masing orang. Berikut adalah beberapa penyebab munculnya stress, diantaranya adalah :

  1. Berada dibawah tekanan

  2. Berada pada situasi yang membuatnya tidak nyaman

  3. Mengambil terlalu banyak tanggung jawab

  4. Rasa takut/khawatir yang berlebihan

  5. Tidak mampu mengontrol emosi

  6. Mengalami perubahan kondisi secara tiba – tiba

  7. Dihadapkan dengan ketidakpastian, dsb

Kapan Harus Periksa Ke Dokter?

Jika saat ini Anda mengalami stress, baik itu stress ringan maupun stress berat dan sudah melakukan manajemen stress secara mandiri namun tidak membuahkan hasil apapun. Janganlah takut untuk segera memeriksakannya ke dokter jiwa atau psikolog. Karena stress yang dibiarkan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa kondisi yang mengharuskan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter :

  1. Panik berlebihan sehingga membuat napas tidak teratur dan jantung berdebar kencang

  2. Mengalami ketakutan yang tidak terkontrol

  3. Rasa cemas yang berlebihan sehingga melumpuhkan aktivitas sehari – hari baik dirumah maupun disekolah, kantor atau lingkungan sekitarnya.

  4. Pernah mengalami traumatis 

Manajemen stress menjadi sangat penting untuk Anda ketahui, nantinya hal ini akan sangat berguna dan membantu diri sendiri maupun lingkungan sekitar bila mana Anda atau saudara, kerabat Anda mengalami stress. Bila Anda merasakan gejala stress lakukan lah manajemen stress secara mandiri. Namun, jika tidak ada perubahan segera konsultasikan ke dokter jiwa maupun psikolog. Menjaga kesehatan fisik memang sangat penting namun menjaga kesehatan mental juga jangan sampai dilupakan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Efek dari Stress Pada Tubuh Kita

 

Sumber :

Varvogli. L., Darviri. C. Stress Management Techniques: evidence-based procedures that reduce stress and promote health. 2011. 

Baqutayan. S. M. S.Stress and Coping Mechanisms: A Historical Overview .2015.

Bagikan artikel ini