Reverse Diabetes

14 Nov 2019 • Diabetes

Ditulis oleh               : dr. Yonathan Heru Suhalim

Telah direview oleh  : dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES


Meskipun hingga saat ini belum ditemukan pengobatan untuk menyembuhkan penyakit diabetes, beberapa penelitian menyebutkan bahwa untuk membalikan keadaan diabetes (reverse diabetes) dapat dilakukan. Melalui perubahan dari gaya hidup, konsumsi makanan, dan menurunkan berat badan lebih ideal maka dapat dicapai kadar gula darah yang mendekati normal dan dipertahankan dalam kadar normal tanpa intervensi obat-obatan.

Apakah itu reverse diabetes?

Reverse diabetes merupakan suatu ungkapan yang biasa digunakan pada penderita diabetes tipe 2 yang mengalami perbaikan yang signifikan dari sensitivitas terhadap insulin. Penderita diabetes tipe 2 yang mampu mempertahankan kadar HbA1c di bawah 6% tanpa mengkonsumsi obat penurun gula darah disebut bahwa diabetesnya telah dimundurkan atau diselesaikan. Keadaan ini menempatkan diabetes pada posisi remisi (hilangnya gejala penyakit untuk sementara waktu).

Namun tidak berarti bahwa penyakit diabetes yang dideritanya sembuh. Meskipun sedang dalam masa remisi dimana tidak menggunakan obat-obatan dan kadar gula darah berada dalam rentang yang normal, walaupun selalu ada kemungkinan gejala akan kembali.

Jadi bagaimana caranya untuk membalikan keadaan pada diabetes? Kuncinya adalah penurunan berat badan. Dengan menurunkan berat badan kadang-kadang dapat membantu penderita hidup bebas dari diabetes apalagi jika penderita baru terkena penyakit ini selama beberapa bulan dan tidak menggunakan insulin.

Bagaimana perkembangan penyakit diabetes?

  • Penyebab yang paling sering dari diabetes tipe 2 adalah berhubungan dengan obesitas:
  • Diet tinggi kalori terutama jika tinggi karbohidrat olahan (kue, biskuit, roti, mie)
  • Obesitas sentral (perut buncit)
  • Tingginya kadar gula darah membuat penderita merasakan lemas dan terjadi pengeluaran insulin dalam jumlah tinggi membuat penderita cepat lapar
  • Konsumsi makanan yang berlebihan, kurang aktivitas, kadar insulin yang tinggi menyebabkan peningkatan berat badan dan resistensi insulin lebih parah. Karena sel di kelenjar ludah perut terus menerus menghasilkan insulin sehingga menyebabkan sel tersebut menjadi lelah dan rusak.

Untuk membalikan diabetes, harus bisa memecah siklus yang sudah dijelaskan diatas. Penelitian-penelitian yang mengemukakan beberapa cara yang efektif untuk melakukan reverse diabetes:

  1. Diet rendah karbohidrat
  2. Diet sangat rendah kalori
  3. Aktivitas fisik


1. Diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbohidrat diketahui memiliki efek untuk menurunkan jumlah insulin yang diproduksi oleh tubuh sehingga menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin.

Sesuai dengan namanya, diet ini membatasi jumlah karbohidrat yang dimakan. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa dengan melakukan diet ini, 15% penderita diabetes pada penelitian tersebut mencapai remisi dari diabetes tipe 2.


2. Diet sangat rendah kalori

Pada penderita diabetes yang menjalankan diet ini memperlihatkan penurunan berat badan yang signifikan, penurunan resistensi insulin, dan penderita diabetes mencapai remisi.

Pada tahun 2011 dilakukan penelitian dimana dengan mengkonsumsi 800KKal perhari selama 8 minggu, 7 dari 11 penderita diabetes dapat mencapai remisi. Diet ini dianggap sebagai bentuk ekstrim dari diet dan jika penderita diabetes berminat untuk melakukannya, diharapkan untuk mengonsultasikan hal tersebut ke dokternya.

Banyak penderita diabetes tipe 2 yang sukses membalikan diabetesnya dengan menurunkan berat badan hampir 15 kg bahkan lebih. Yang terpenting adalah turunkan berat badan begitu anda terdiagnosa penyakit ini.


3. Aktivitas fisik

Komitmen untuk melakukan aktivitas fisik ini membuat banyak penderita diabetes tipe 2 sukses mencapai remisi. Aktivitas fisik ini membantu tubuh menjadi lebih sensitive terhadap insulin dan dengan kombinasi dengan makanan yang sehat dapat menurunkan resistensi insulin sehingga dapat membalikan diabetes.

Beberapa hal yang sudah dipaparkan di atas merupakan langkah-langkah supaya penderita diabetes tidak perlu mengonsumsi obat-obatannya lagi setiap hari. Namun perlu diingat kembali bahwa semua hal tersebut harus di bawah pengawasan dokter dan perlu dikonsultasikan ke dokter anda sebelum melakukannya.


Referensi:

https://www.webmd.com/diabetes/can-you-reverse-type-2-diabetes#1 Akses terakhir tanggal 18 Oktober 2019

https://www.diabetes.co.uk/reversing-diabetes.html Akses terakhir tanggal 18 Oktober 2019

Download https://bit.ly/2BENnni dan nikmati cara baru mendapatkan layanan kesehatan profesional di rumahmu.