Bantuan
Bantuan

Apa Fungsi Membran Sel dalam Tubuh Manusia? Ketahui Hanya di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Dec 2021

Bagikan

Fungsi membran sel yang paling penting ialah mencegah masuknya zat-zat yang bisa merugikan sel dan memudahkan masuknya zat-zat yang berguna bagi sel, serta menjadi media komunikasi antara lingkungan bagian dalam sel dengan lingkungan bagian luar sel. Fungsi membran sel bagi tubuh manusia umumnya jarang diketahui oleh manusia, mungkin Anda pun akan bertanya apa saja fungsi membran sel? Beragam fungsi membran sel bisa Anda cari tahu di sini.

Apa Itu Membran Sel?

Membran sel merupakan lapisan terluar sel yang memiliki struktur selaput tipis yang memisahkan sel dengan lingkungan luar sel. Membran sel memiliki kemampuan dalam menyaring bahan-bahan yang melintas dengan mengetahui perbedaan kadar ion dari dalam sel dan luar sel. Sehingga bahan-bahan yang dibutuhkan oleh sel di dalam tubuh bisa melintas, sedangkan bahan-bahan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh tidak akan bisa melintas. Hal ini menjadi penting agar inti sel dan sistem kelangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma terlindungi.

Fungsi Membran Sel

Membran sel merupakan salah satu bagian dari sel yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh manusia. Salah satu fungsi membaran sel ialah berhubungan dengan beragam kinerja tubuh. Tahukah Anda apa saja fungsi membran sel? Berikut beberapa fungsi membran sel yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Menyelubungi Sel 

Salah satu fungsi membran sel ialah menyelubungi sel karena membran sel merupakan selaput yang berkelanjutan dan tidak akan putus. Membran sel akan menyelubungi suatu ruangan yang disebut kompartemen dan memberi batas pada nukleus serta ruang-ruang yang ada di sitoplasma. Dengan batasan yang diberi oleh membran sel, beberapa zat yang terlarut bisa melewati sel dan beberapa di antaranya akan terhalangi oleh membran sel.

  1. Melindungi Sel

Fungsi membran sel selanjutnya ialah melindungi sel. Fungsi melindungi sel merupakan fungsi paling utama dari seluruh membran sel. Membran sel nantinya akan melindungi keutuhan bagian dalam sel dengan cara membiarkan beberapa zat yang masuk ke dalam sel dan menghalangi beberapa zat yang tidak dibutuhkan oleh sel. Dalam fungsi ini, membran sel berperan sebagai penghalang serta memungkinkan keluarnya zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Interaksi Antar Sel

Membran sel bertanggung jawab atas interaksi yang terjadi antara sel yang satu dengan sel lainnya. Fungsi membran sel ini terjadi pada organisme yang memiliki banyak sel atau alat tubuh yang beragam. Interaksi antar sel diperlukan agar sel-sel bisa saling bekerja sama dalam menjalankan fungsinya secara keseluruhan. Dalam hal ini antara sel akan saling mengenal dan bertukar informasi terkait sel-sel yang sudah dipakai dan sel-sel yang belum dipakai dalam suatu jaringan.

  1. Tempat Berlangsungnya Reaksi Kimia

Fungsi membran sel bagi tubuh berikutnya ialah sebagai tempat berlangsungnya berbagai reaksi kimia di dalam sel. Karena di dalam tubuh manusia terdapat beragam reaksi kimia yang dibutuhkan oleh tubuh dan seperti yang telah diketahui sebelumnya, membran sel inilah yang memiliki fungsi dalam pertukaran zat kimia tersebut. Melalui reaksi kimia ini manusia memiliki energi di dalam tubuhnya karena reaksi kimia tersebut menghasilkan proses metabolisme atau perubahan makanan menjadi energi.

  1. Sebagai Perantara Zat

Beragam zat yang telah larut di dalam tubuh akan keluar melalui perantara membran sel. Perantara membran sel ini memungkinkan suatu zat tertentu masuk ke dalam suatu sel dan keluar dari sel. Di sisi lain, membran sel juga akan membatasi pergerakan substansi atau zat kimia tertentu yang dikenal dengan permeabilitas selektif. Artinya sebuah membran sel akan dikatakan permeable terhadap sebuah substansi tersebut.

Demikian beberapa fungsi membran sel yang perlu Anda ketahui. Fungsi membran sel di atas jarang diketahui oleh manusia karena fungsi membran sel berlangsung di dalam tubuh dan beberapa gejala gangguannya jarang dialami oleh sebagian besar orang. Namun melalui informasi di atas, Anda telah mengetahui beberapa fungsi penting membran sel bagi tubuh yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Trombosit Normal dan Cara Menjaganya

 

Sumber: 

Britannica. Cell Membrane (no date). 

Scitable: Cell Membranes (no date).

 

Tag :
Bagikan artikel ini