Menjalani Hidup Sehat bagi Penderita Diabetes

30 Jun 2020 • Diabetes

Kenali kiat-kiat mengontrol gula darah agar tubuh tetap prima

Penyakit diabetes terdengar cukup menakutkan. Selain tak bisa disembuhkan, penyakit ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang menurunkan kualitas hidup, bahkan menyebabkan kematian.

Kabar baiknya, penderita diabetes kini tak perlu khawatir berlebihan karena meski tak bisa disembuhkan, diabetes dapat dikontrol dengan baik untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi yang memungkinkan.

Kontrol atau manajemen diabetes dapat dilakukan dengan mengkombinasikan gaya hidup sehat dan terapi obat-obatan.

Tujuan utama dari manajemen diabetes adalah untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Sebelum melakukan berbagai perubahan gaya hidup dan obat-obatan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, terutama kadar gula darah.

Kadar gula darah dapat diukur secara mandiri menggunakan strip maupun melalui pemeriksaan laboratorium. Terdapat target kadar gula darah yang sebisa mungkin perlu dicapai penderita diabetes.

Target kadar gula darah berubah bergantung pada waktu pengecekan, yaitu 80-130 mg/dl sebelum makan atau kurang dari 180 mg/dl pada dua jam setelah makan.

Seberapa seringkah penderita diabetes mengukur kadar gula darah secara mandiri?

Jawabannya adalah tergantung pada tipe diabetes dan obat-obatan yang dikonsumsi sehingga akan lebih baik jika dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Pemeriksaan kadar gula darah yang dilakukan di laboratorium adalah pemeriksaan A1c. Pemeriksaan A1c bertujuan untuk mengukur kadar glukosa (hemoglobin yang terglikasi) pada darah dalam jangka waktu 3 bulan dengan target di bawah 7 persen.

Pemeriksaan kesehatan lain yang perlu dilakukan adalah tekanan darah dengan target di bawah 140/90 dan kolesterol. 

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengontrol diabetes adalah menjaga pola makan. Pola makan berkaitan langsung dengan kadar gula darah sehingga perlu diperhatikan.

Secara singkat, beberapa prinsip diet sehat bagi penderita diabetes adalah menjaga keseimbangan energi dengan menyesuaikan asupan kalori yang masuk dengan aktivitas  yang dilakukan dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi yang diperlukan tubuh.

Makanan yang perlu dikonsumsi penderita diabetes antara lain sayur, buah, kacang-kacangan, gandum utuh, ikan, dan susu atau keju dengan kadar lemak rendah. Sebaliknya, beberapa makanan yang perlu dihindari yaitu makanan yang tinggi kalori, lemak jenuh, gula, dan garam. 

Aktivitas fisik juga menjadi salah satu Langkah untuk mengontrol diabetes. Aktivitas fisik dapat mengurangi berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.

Akitivitas fisik tak melulu soal olahraga berat, namun dapat berupa aktivitas sehari-hari seperti berjalan dan melakukan pekerjaan rumah. Idealnya, dalam seminggu seseorang melakukan 150 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang atau 75 menit dengan intensitas kuat.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan penderita diabetes sebelum berolahraga yaitu memastikan terhidrasi dengan baik, memeriksa kadar gula darah, dan memerhatikan kondisi kaki. Langkah lain yang dapat dilakukan untuk mengontrol diabetes adalah berhenti merokok dan rutin mengonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter.

Mengontrol diabetes secara tak langsung mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Oleh karena itu, mengontrol diabetes tak hanya dapat mencegah komplikasi, namun juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Referensi:

Marin-Penalver JJ, Martin-Timon I,Sevillano-Collantes C, Canzio-Gomez J. Update on the treatment of type 2 diabetes mellitus. World J Diabetes. 2016 Sep 15; 7(17): 354–395. doi: 10.4239/wjd.v7.i17.354.

Khatib OMN [editor]. Guidelines for the prevention, management and care of diabetes mellitus [internet]. Cairo, Egypt: WHO Regional Office for the Eastern Mediterranean; 2006. Available from: http://applications.emro.who.int/dsaf/dsa664.pdf

Alwan AAS [editor]. Management of diabetes mellitus [internet]. Alexandria, Egypt: WHO Regional Office for the Eastern Mediterranean; 1994. Available from: http://applications.emro.who.int/dsaf/dsa509.pdf

Writer unknown. Managing diabetes [internet]. Place unknown: NIDDK; 2016 Dec [cited 2020 Apr 10]. Available from: https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/managing-diabetes

Writer unknown. Living with diabetes [internet]. Place unknown: Centers for Disease Control and Prevention; date unknown [cited 2020 Apr 10]. Available from: https://www.cdc.gov/diabetes/managing/index.html