Dipercaya dapat Mengobati Banyak Penyakit, Ini Manfaat Minyak Kutus-Kutus

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Dipercaya dapat Mengobati Banyak Penyakit, Ini Manfaat Minyak Kutus-Kutus

Sebenarnya apa saja manfaat minyak kutus-kutus? Minyak yang dihasilkan dari berbagai bahan ini dipercaya dapat mengobati banyak penyakit. Setidaknya disebutkan terdapat 69 jenis tanaman obat yang digunakan di dalam minyak balur kutus-kutus. Namun apa sebenarnya minyak kutus-kutus tersebut dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Mari simak seluk beluk dan manfaat minyak kutus-kutus di bawah ini. 

Apa itu minyak kutus-kutus

Minyak kutus-kutus merupakan minyak balur yang diciptakan oleh Servasius Bambang Pranoto. Ia menciptakan minyak kutus-kutus pada awalnya untuk mengobati kakinya yang lumpuh karena kecelakaan pada tahun 2011. Berkat minyak yang ia ciptakan, ternyata kelumpuhan kaki yang ia alami berhasil sembuh. 

Berkat keberhasilan itulah, membuat minyak balur kutus-kutus diproduksi dalam jumlah masal dan dijual ke masyarakat. Asal usul nama kutus-kutus yaitu berasal dari bahasa Bali yang berarti delapan-delapan yang dianggap mewakili penyembuhan tanpa batas atau penyembuhan yang paling ampuh.  

Bahan-bahan minyak kutus-kutus

Seperti yang disebutkan sebelumnya, minyak kutus-kutus terbuat dari berbagai bahan. Berikut ini beberapa bahan yang digunakan dalam membuat minyak kutus-kutus. 

  1. Daun ashitaba

Bahan yang digunakan dalam membuat minyak kutus-kutus pertama yaitu daun ashitaba yang telah lama digunakan di Jepang dan Korea sebagai obat herbal. Daun ashitaba ini dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, asam urat, GERD dan demam. Selain itu, dalam penelitian ditemukan bahwa daun ashitaba memiliki sifat antitumor, antioksidan, antiradang dan antidiabetes. Tidak hanya itu, suplemen yang terbuat dari daun ashitaba juga dapat menjaga fungsi hati. 

  1. Minyak kelapa

Bahan yang terkandung di dalam minyak kutus-kutus yang selanjutnya yaitu minyak kelapa. Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam kaprat, asam linoleat, asam oleat dan asam laurat. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga memiliki efek antijamur, antivirus, dan antibakteri. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa, kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak kelapa dapat mengurangi peradangan. 

  1. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat minyak kutus-kutus. Di dalam temulawak terdapat efek antihipertensi, antidiuretik, antijamur, antioksidan, antibakteri, dan anti radang. Berkat efek ini, temulawak ampuh dalam menyembuhkan luka dan juga peradangan. Tidak hanya itu, temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, mengobati kanker, dan mengatasi osteoarthritis. 

  1. Purwaceng 

Bahan yang digunakan dalam minyak kutus-kutus yang selanjutnya yaitu purwaceng yang tumbuh di dataran tinggi Dieng. Purwaceng sangat dikenal sebagai obat yang dapat meningkatkan gairah seksual pria. Hal ini disebabkan karena purwaceng dapat meningkatkan luteinizing hormone dan  testosteron. Tidak hanya itu, bahan yang satu ini juga dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah, mengatasi batu ginjal, infeksi saluran kencing dan berbagai masalah kesehatan lainnya. 

  1. Jintan hitam

Jintan hitam atau dikenal juga dengan habbatussauda merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat minyak kutus-kutus. Jintan hitam ini dipercaya dapat mengobati diabetes, asma, hipertensi, kolesterol tinggi hingga kanker. Tidak hanya itu, jintan hitam atau habbatussauda ini juga memiliki beberapa efek yang dapat memperkuat kekebalan tubuh dan baik untuk saluran pencernaan. 

Manfaat minyak kutus-kutus

Lantas, apa sebenarnya manfaat minyak kutus-kutus? Berkat berbagai bahan tanaman obat, minyak kutus-kutus diklaim memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat minyak kutus-kutus. 

  • Dapat menjaga kekebalan tubuh, hal ini berkat kandungan antioksidan yang banyak di dalamnya. 

  • Dapat mengaktifkan energi tubuh atau chi yang berfungsi menjaga keseimbangan tubuh dan juga kesehatan. 

  • Dapat melindungi pencernaan seperti mengatasi nyeri lambung, maag, sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. 

  • Dapat memperbaiki metabolisme tubuh karena dapat meningkatkan kinerja organ tubuh.

  • Dapat meredakan nyeri asam urat atau nyeri pada saat haid  berkat kandungan zat analgesik di dalam minyak kutus-kutus. 

  • Dapat meningkatkan gairah seksual berkat kandungan purwaceng. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat minyak kutus-kutus yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Apabila dilihat dari komposisi bahan yang digunakan untuk membuat minyak kutus-kutus, maka minyak ini memiliki banyak manfaat. Akan belum ada penelitian yang dilakukan untuk membuktikan manfaat minyak kutus-kutus dalam mengobati berbagai penyakit. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Efek Makan Daging Kambing Berlebihan, Meningkat Risiko Penyakit Jantung dan Masih Banyak Lagi!

 

Sumber:

Gunnars, Kris. 2020. Top 10 Evidence-Based Health Benefits of Coconut Oil

RxList. 2021. Ashitaba.

 

Gal, Kat. 2018. Benefits of black seed oil.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi